kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 10 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,download buku kurikulum 2013 kelas 9,buku kurikulum 2013 kelas 8
kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 100 sampai 105
tugas 2 membandingkan text berita Setelah memahami isi teks “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam”, tugas kalian selanjutnya membandingkan teks “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam” tersebut dengan teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”. Bacalah teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi” dengan teliti. Setelah itu, kerjakanlah dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!
tugas 2 membandingkan text berita Setelah memahami isi teks “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam”, tugas kalian selanjutnya membandingkan teks “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam” tersebut dengan teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”. Bacalah teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi” dengan teliti. Setelah itu, kerjakanlah dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!
1) Dalam teks berita “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi “, terdapat banyak kosa kata baru. Dengan bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia, baik dalam bentuk cetak maupun dalam jaringan, temukan arti kata atau kelompok kata berikut. Tuliskan jawaban kalian di kolom bagian kanan (Arti Kosakata). Baca kembali teks berita itu dengan cermat. Temukan kosakata yang menurut kalian penting untuk diketahui. Buatlah kolom daftar kosakata baru di buku tugas kalian.
No.
|
Paragraf ke-
|
Kosakata
|
Arti Kosakata
|
1.
|
1
|
Referendum
|
penyerahan suatu masalah kepada orang banyak supaya mereka yang menentukannya (jadi, tidak diputuskan oleh rapat atau oleh parlemen); penyerahan suatu persoalan supaya diputuskan dengan pemungutan suara umum (semua anggota suatu perkumpulan atau segenap rakyat)
|
2.
|
2
|
Takhta
|
Tempat duduk raja ; kedudukan
|
3.
|
3
|
Demonstrasi
|
pernyataan protes yg dikemukakan secara massal ; peragaan atau pertunjukan tata cara melakukan atau mengerjakan sesuatu
|
4.
|
4
|
Abdikasi
|
pelepasan hak atau wewenang,turun tahta dengan sukarela
|
5.
|
4
|
Parlemen
|
badan yang terdiri atas wakil-wakil rakyat yang dipilih dan bertanggung jawab atas perundang-undangan dan pengendalian anggaran keuangan negara; dewan perwakilan rakyat.
|
6.
|
8
|
Transisi
|
peralihan dari keadaan (tempat, tindakan, dsb) pada yang lain
|
7.
|
8
|
Kudeta
|
perebutan kekuasaan (pemerintahan) dengan paksa.
|
8.
|
9
|
Krisis
|
keadaan yang berbahaya ; parah sekali; keadaan yang genting; kemelut; keadaan suram (tata ekonomi, moral, dsb).
|
9.
|
12
|
Survei
|
teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data; penyelidikan; peninjauan.
|
10.
|
13
|
Skandal
|
perbuatan yang memalukan; perbuatan yang menurunkan martabat seseorang.
|
2) Selain kosakata, coba kalian telusuri beberapa verba berikut. Verba yang menjadi kunci di dalam pelajaran ini adalah menyikapi. Kata menyikapi berasal dari kata dasar sikapyang bermakna ‘perbuatan dan sebagainya yang berdasarkan pada pendirian, keyakinan’. Verba tersebut bersinonim dengan beberapa verba lain, seperti yang terdapat pada beberapa kata berikut. Isilah kolom yang rumpang dengan perubahan bentuk kata dasar menjadi verba dan nomina ini.
Kata Dasar
|
Verba
|
Nomina
|
Sikap
|
Menyikapi
|
Sikap
|
Perilaku
|
Berperilaku
|
Perilaku
|
Aksi
|
Beraksi
|
Aksi
|
Pandang
|
Memandang
|
Pandangan
|
Dapat
|
Mendapatkan
|
Pendapat
|
Diri
|
Mendirikan
|
Pendirian
|
Gagas
|
Menggagas
|
Gagasan
|
Prinsip
|
Berprinsip
|
Prinsip
|
Gaya
|
Bergaya
|
Gaya
|
Gerak
|
Menggerakkan
|
Penggerak
|
Tindak
|
Menindak
|
Tindakan
|
3) Selain mencari sinonim dari verba menyikapi tadi, di dalam teks juga terdapat beberapa antonim atau lawan kata berikut. Carilah antonim untuk beberapa kata berikut. Tulis jawaban kalian pada kolom !
Kata
|
Antonim
|
Jauh
|
Dekat
|
Sementara
|
Kekal
|
Turun
|
Naik
|
Buka
|
Tutup
|
Ganti
|
Tetap
|
Salah
|
Benar
|
Akhir
|
Awal
|
Krisis
|
Stabil
|
Marah
|
Senang
|
Gelisah
|
Tenang
|
4) Berita merupakan sebuah narasi. Narasi menampilkan peristiwa dalambentuk alur (plot). Alur adalah peristiwa yang secara eksplisit ditampilkandalam suatu teks. Alur berbeda dengan cerita (story). Perbedaannya terletakpada urutan peristiwa. Cerita menampilkan peristiwa secara berurutan,kronologis dari awal hingga akhir. Sementara pada alur, urutan peristiwabisa dibolak-balik. Perhatikan alur peristiwa dalam teks “PemerintahSiapkan Proses Abdikasi” ini.
a) Pemerintah Spanyol memulai penggantian raja.
b) Ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan.
c) Raja Juan Carlos mengumumkan akan turun takhta.
d) Demonstran tidak menghendaki penyerahan takhta.
e) Ribuan orang memenuhi Lapangan Puerta del Sol, Madrid.
f) Serangkaian demonstrasi diadakan di kota-kota besar.
g) Perdana Menteri Mariano Rajoy memimpin sidang luar biasa kabinet untuk membuat sebuah undang-undang turun takhta.
h) UU itu bisa sampai empat pekan untuk disetujui.
i) UU itu akan menyiapkan jalan ke takhta bagi Putra Mahkota Felipe dan istrinya, Letizia.
j) Juan Carlos dihormati secara meluas karena melicinkan transisi Spanyol ke demokrasi.
k) Juan Carlos paling terkenal ketika menghadapi sebuah upaya kudeta militer.
l) Banyak orang Spanyol marah ketika mereka mengetahui raja mengambil liburan mewah.
m) Saat itu Spanyol sedang menderita krisis keuangan dan tingkat pengangguran meroket 25 persen.
n) Kemarahan bertambah saat putri tertua raja disebut sebagai tersangka.
o) Dukungan kepada raja menurun.
p) Kala naik tahkta kelak, Raja Felipe VI akan menghadapi kegelisahan publik mengenai keadaan ekonomi dan skandal-skandal keluarga kerajaan.
|
Cerita (Story)
Alur (Plot)
|
Buatlah alur peristiwa yang terdapat dalam teks “‘Kencan’ Diplomatik
505 Kilometer per Jam”!
a) Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang ShinzoAbe, Sabtu (12/4).
b) Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandanganbunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalan-jalan dengan kecepatan tinggi.
c) “Saya berharap Duta Besar Kennedy akanmenikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji,dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan.
d) Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada AS.
e) KA canggihinimenggunakanteknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkandayaangkatmagnetissebagaisumbertenagapenggerakutama.
f) Dengan menerapkan teori dasar magnetisme bahwa kutub magnetyang sama akan saling menolak, kereta tanpa roda ini akan terangkat 10sentimeter dari relnya saat diaktifkan.
g) Tanpagesekanantararodadanrel, KA ini pun dapatmelajulebihcepat, lebihmulus, danlebihtakbersuaradibandingkan KA konvensional.
h) Abe dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari StasiunYamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji.
i) Sambil tersenyum,Abe pun menunjukkan keunggulan teknologi Jepang kepada duta besarnegara sekutu utamanya itu.
j) Di tengah perjalanan, KA yang mereka tumpangi sempat menyentuhkecepatan 505 kilometer per jam atau setara dengan kecepatan jelajah pesawat penumpang bermesin turboprop ATR 72.
k) Menurut operator KA spesial ini, Central Japan Railway, pada saatuji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA tersebut mencapai581 km per jam.
l) KA maglev inilah yang akan ditawarkan Jepang kepada AS, satusatunyanegara adidaya yang belum memiliki jaringan KA supercepat.
m) Pemerintahan Presiden Barack Obama saat ini berinisiatif memulaipembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS, yang akan dimulaidengan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland, sepanjang 60km.
n) Menurut harian bisnis Nikkei, pihak Central Japan Railwaytelahmemberi penawaran insentif khusus dengan membebaskan biaya lisensijika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang untuk ruas pertama ini.
o) Nikkei menambahkan, Pemerintah Jepang berencana membayarseparuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp112,7 triliun) melaluiJapan Bank for International Cooperation.
p) Meski demikian, Jepang masih harus bersaing dengan negaranegarapemilik teknologi KA supercepat lain, seperti Kanada, Prancis,dan Jerman.
q) Usai “kencan” diplomatik tersebut, Abe mengatakan, “Setelahsaya bisa berbagi pengalaman ini dengan Duta Besar Kennedy hari ini,saya harap dia pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.”
|
Alur
Alur
|
5) Struktur teks berita terbagi ke dalam tiga tahap, orientasi, peristiwa, dansumber berita. Coba kalian baca kembali teks “Pemerintah Siapkan ProsesAbdikasi”. Apakah kalian menemukan sumber peristiwa yang terdapatdalam teks itu?
Jawab : Iya
6) Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal berita ditandai olehorientasi, diikuti oleh peristiwa dan sumber berita. Apa yang kaliantemukan dari struktur teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”? Apakahkalian menemukan perbedaan antara struktur teks “‘Kencan’ Diplomatik505 Kilometer per Jam” dengan struktur teks “Pemerintah Siapkan ProsesAbdikasi”? Di mana letak perbedaannya?
Jawaban :
a) Yang kami temukan dari struktur teks tersebut adalah Orientasi, Peristiwa, dan Sumber Informasi
b) Tidak ada perbedaan struktur teks antara “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam” dengan struktur teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”
“Kencan” Diplomatik 505 Kilometer per Jam
| |
No.
|
Struktur Teks
|
1.
|
[Orientasi]
Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (12/4).
|
2.
|
[Peristiwa]
Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandangan bunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalan-jalan dengan kecepatan tinggi.“Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai
perjalanan.
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada AS. KA canggih ini menggunakan teknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama.
Dengan menerapkan teori dasar magnetisme bahwa kutub magnet yang sama akan saling menolak, kereta tanpa roda ini akan terangkat 10 sentimeter dari relnya saat diaktifkan. Tanpa gesekan antara roda dan rel, KA ini pun dapat melaju lebih cepat, lebih mulus, dan lebih tak bersuara dibandingkan KA konvensional.
Abe dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji. Sambil tersenyum, Abe pun menunjukkan keunggulan teknologi Jepang kepada duta besar negara sekutu utamanya itu.
Di tengah perjalanan, KA yang mereka tumpangi sempat menyentuh kecepatan 505 kilometer per jam atau setara dengan kecepatan jelajah pesawat penumpang bermesin turboprop ATR 72.
Menurut operator KA spesial ini, Central Japan Railway, pada saat uji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA tersebut mencapai 581 km per jam. KA maglev inilah yang akan ditawarkan Jepang kepada AS, satu-satunya negara adidaya yang belum memiliki jaringan KA supercepat.
Pemerintahan Presiden Barack Obama saat ini berinisiatif memulai pembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS, yang akan dimulai dengan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland, sepanjang 60 km.
Insentif khusus
Menurut harian bisnis Nikkei, pihak Central Japan Railway telah memberi penawaran insentif khusus dengan membebaskan biaya lisensi jika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang untuk ruas pertama ini.
Nikkei menambahkan, Pemerintah Jepang berencana membayar separuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp112,7 triliun) melalui Japan Bank for International Cooperation.
Meski demikian, Jepang masih harus bersaing dengan negara-negara pemilik teknologi KA supercepat lain, seperti Kanada, Prancis, dan Jerman.
Usai “kencan” diplomatik tersebut, Abe mengatakan, “Setelah saya bisa berbagi pengalaman ini dengan Duta Besar Kennedy hari ini, saya harap dia pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.”
Kennedy, satu-satunya anak mantan Presiden John F. Kennedy yang masih hidup, menimpali, teknologi maglev tersebut adalah sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat besar bagi Jepang. “Dan semoga bagi AS juga,” ujar dia.
Jepang sendiri sedang berencana membangun jalur komersial KA maglev yang menghubungkan Tokyo dengan Nagoya di Jepang tengah pada 2027.
Pada 2045, jalur KA maglev tersebut akan menghubungkan Tokyo dengan Osaka di Jepang Barat dan mempersingkat waktu perjalanan dari sekitar tiga jam saat ini dengan KA peluru Shinkansen menjadi hanya sekitar 67menit.
Sumber: Kompas, Senin, 14 April 2014, halaman 10
|
3.
|
[Sumber Berita]
1) Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
2) Operator KA Central Japan Railway
3) Pemerintahan Presiden Barack Obama
4) Harian bisnis Nikkei
|
Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi
| |
No.
|
Struktur Teks
|
1.
|
[Orientasi]
Madrid, Selasa – Pemerintah Spanyol, Selasa (3/6), memulai penggantian raja untuk pertama kalinya dalam sejarah pasca Franco. Sementara ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan di seluruh negeri mengimbau diadakannya referendum mengenai kerajaan.
|
2.
|
[Peristiwa]
Raja Juan Carlos, Senin, mengumumkan akan turun takhta, membuka jalan bagi putranya, Pangeran Felipe, untuk menggantikannya. Namun, para demonstran tidak menghendaki penyerahan takhta kepada Felipe yang akan bergelar Raja Felipe VI itu. Pengunjuk rasa menuntut sebuah referendum mengenai lembaga raja.
Sampai jauh malam setelah pengumuman turun takhta raja itu pada Senin, ribuan orang memenuhi Lapangan Puerta del Sol, Madrid. Serangkaian demonstrasi juga diadakan di kota-kota besar di seluruh negeri.
Sehari setelah pengumuman abdikasi itu, Perdana Menteri Mariano Rajoy memimpin sidang luar biasa kabinet pada tengah hari untuk membuat sebuah undang-undang turun takhta, yang kemudian harus disetujui oleh parlemen. UU itu, yang bisa sampai empat pekan untuk disetujui menurut media spanyol, akan menutup tirai pemerintahan raja berusia 76 tahun itu, yang terkena skandal pada akhir masa berkuasanya.
UU itu juga akan menyiapkan jalan ke takhta bagi putranya, Putra Mahkota Felipe, dan istrinya, Letizia.
Dalam sebuah pidato pada rakyat Spanyol yang disiarkan televisi, Juan Carlos mengatakan, krisis ekonomi telah membangunkan sebuah “keinginan untuk pembaruan, untuk mengatasi masalah dan membetulkan kesalahan-kesalahan dan membuka jalan untuk sebuah masa depan yang lebih baik”.
“Kini generasi muda patut maju ke garis depan dengan energi baru,” kata Raja Juan Carlos. “Karena alasan-alasan itu semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya”.
Transisi ke demokrasi
Juan Carlos dihormati secara meluas karena melicinkan transisi Spanyol ke demokrasi setelah meninggalnya Jenderal Francisco Franco tahun 1975. Juan Carlos paling terkenal ketika menghadapi sebuah upaya kudeta militer pada Februari 1981.
Namun, banyak orang Spanyol marah ketika mereka mengetahui raja mengambil liburan mewah safari berburu gajah di Afrika tahun 2002. Saat itu Spanyol sedang menderita krisis keuangan dan tingkat pengangguran meroket 25 persen.
Kemarahan bertambah saat putri tertua raja, Putri Cristina, disebutsebagai tersangka dalam hubungan dengan praktik bisnis korup suaminya, Inaki Urdangarin, mantan atlet Olimpiade.
Dalam sebuah kajian oleh lembaga jajak pendapat Sigma Dos yangditerbitkan Januari 2014, dukungan kepada raja menurun menjadi 41 persen. Sementara mereka yang menginginkannya turun takhta dan digantikan oleh Felipe naik menjadi 62 persen.
Yang paling mengkhawatirkan bagi kaum pendukung kerajaan,survei yang sama memperlihatkan hanya 49 persen menyetujui kerajaan. Kala naik takhta kelak, Raja Felipe VI kemungkinan besar akan menghadapi kegelisahan publik mengenai keadaan ekonomi dan skandal-skandal keluarga kerajaan.
(Sumber: Kompas, Rabu, 4 Juni 2014, halaman 10)
|
3.
|
[Sumber Berita]
1) Raja Juan Carlos
2) Sigma Dos yangditerbitkan Januari 2014
|
kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 halaman 8
Soal!
- Menurut kalian, berapa lama sebenarnya jam kerja yang pantas bagi seseorang dalam sehari?
- Apakah ada undang-undang yang mengatur jam kerja di Indonesia?
- Dalam Kepmen No. 102 Tahun 2004 disebutkan waktu kerja lembur adalah waktu kerja yang melebihi 7 jam sehari dan 40 jam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu atau 8 jam sehari dan 40 jam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu atau waktu kerja pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah. Apakah kalian setuju dengan adanya waktu kerja lembur tersebut?
- Pantaskah orang yang bekerja lembur mendapatkan upah lebih?
- Banyak pendapat yang mengatakan bahwa orang yang kerja berlebihan rentan terkena serangan jantung. Hal ini bisa dikatakan sebagai risiko dari kerja yang berlebihan. Lalu, apa lagi bentuk risiko lain yang kalian ketahui?
Jawaban!
- Menurut kami, lama jam kerja yang sesuai untuk seorang pekerja dalam sehari adalah 7-8 jam. Karena menurut penelitian, seorang manusia yang bekerja lebih dari 8 jam dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.
- Ya, ada. Untuk para pekerja di sektor swasta diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan khususnya pasal 77 sampai pasal 85. Sedangkan, untuk pekerjaan yang dijalankan secara terus menerus dalam Kepmenakertrans No. Kep-233/Men/2003 tahun 2003.
- Ya, kami setuju. Karena menurut kami, hal itu sesuai dengan ketentuan Kepmenakertrans No. 102/Men/VI/2004 yang isinya, waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan paling banyak 3 jam perhari dan 14 jam dalam 1 minggu diluar istirahat mingguan atau hari libur.
- Ya, karena upah lebih merupakan imbalan bagi pekerja yang telah melakukan kerja lembur. Kerja lembur sendiri patut diberi imbalan karena pekerja telah merelakan waktu istirahat maupun waktu berkumpul bersama keluarga untuk bekerja.
- Selain dapat menyebabkan serangan jantung, bekerja lembur juaga dapat mengakibatkan berbagai penurunan kesehatan seperti penyakit asam lambung atau maag, penurunan konsentrasi, hingga kematian yang disebabkan oleh tubuh kekurangan nutrisi dan istirahat yang cukup.
kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013
bonus: Buku Umum SMA//MA/SMK Kelas 10/X
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik | |
Sejarah Indonesia | |
Matematika | |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti | |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti | |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti |
Buku Siswa
|
Pendidikan Agama Konghuchu dan Budi Pekerti |
Buku Siswa
|
Prakarya dan Kewirausahaan | |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti | |
Penjaskes |
Buku Siswa
|
Bahasa Inggris | |
Seni Budaya |
Buku Siswa
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Bonus: Buku Pegangan Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Edisi 2015
Berikut ini Link Lampirannya, Silakan di-klik saja.
# Buku SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Edisi 2015
- Buku Pegangan Guru Pendidikan Agama SD Kelas 3 Kurikulum 2013: [PA Islam], [PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
- Buku Pegangan Siswa Pendidikan Agama SD Kelas 3 Kurikulum 2013: [PA Islam], [PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 3 Tema 1: Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 3 Tema 1: Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 3 Tema 2: Perkembangan Teknologi
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 3 Tema 2: Perkembangan Teknologi
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 3 Tema 3: Perubahan di Alam
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 3 Tema 3: Perubahan di Alam
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 3 Tema 4: Peduli Lingkungan Sosial
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 3 Tema 4: Peduli Lingkungan Sosial
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 3 Tema 5: Permaianan Tradisional
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 3 Tema 5: Permaianan Tradisional
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 3 Tema 6: Indahnya Persahabatan
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 3 Tema 6: Indahnya Persahabatan
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 3 Tema 7: Energi dan Perubahannya
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 3 Tema 7: Energi dan Perubahannya
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 3 Tema 8: Bumi dan Alam Semesta
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 3 Tema 8: Bumi dan Alam Semesta
# Buku SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi 2015
- Buku Pegangan Guru Pendidikan Agama SD Kelas 6 Kurikulum 2013: [PA Islam], [PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
- Buku Pegangan Siswa Pendidikan Agama SD Kelas 6 Kurikulum 2013: [PA Islam], [PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 2: Persatuan Dalam Perbedaan
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 2: Persatuan Dalam Perbedaan
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 3: Tokoh dan Penemuan
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 3: Tokoh dan Penemuan
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 4: Globalisasi
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 4: Globalisasi
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 5: Wirausaha
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 5: Wirausaha
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 6: Menuju Masyarakat Sehat
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 6: Menuju Masyarakat Sehat
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 7: Kepemimpinan
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 7: Kepemimpinan
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 8: Bumiku
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 8: Bumiku
- Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 9: Menjelajah Angkasa Luar
- Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 9: Menjelajah Angkasa Luar
# Buku SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi 2015
- Buku Pegangan Guru Pendidikan Agama SMP Kelas 9 Kurikulum 2013: [PA Islam],[PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
- Buku Pegangan Siswa Pendidikan Agama SMP Kelas 9 Kurikulum 2013: [PA Islam],[PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
- Buku Pegangan Guru Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 1
- Buku Pegangan Siswa Matematika SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 2
- Buku Pegangan Guru IPA SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa IPA SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 1
- Buku Pegangan Siswa IPA SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 2
- Buku Pegangan Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru Bahasa Inggris SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Bahasa Inggris SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru PPKn SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa PPKn SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru IPS SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa IPS SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru PJOK SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa PJOK SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru Prakarya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Prakarya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 1
- Buku Pegangan Siswa Prakarya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 2
- Buku Pegangan Guru Seni Budaya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Seni Budaya SMP Kelas 9 Kurikulum 2013
# Buku SMA/SMK/MAN Kelas 12 Kurikulum 2013 Edisi 2015
- Buku Pegangan Guru Pendidikan Agama SMA Kelas 12 Kurikulum 2013: [PA Islam], [PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
- Buku Pegangan Siswa Pendidikan Agama SMA Kelas 12 Kurikulum 2013: [PA Islam], [PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
- Buku Pegangan Guru Matematika SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Matematika SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru Sejarah Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Sejarah Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 Semester 1
- Buku Pegangan Siswa Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 Semester 2
- Buku Pegangan Guru Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru PPKn SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa PPKn SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru PJOK SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa PJOK SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Guru Seni Budaya SMA Kelas 12 Kurikulum 2013
- Buku Pegangan Siswa Seni Budaya SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 Semester 1
- Buku Pegangan Siswa Seni Budaya SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 Semester 2
Sekian postingan yang dapat gogloogle bagikan tentang kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di go gloogle
sekian dari gogloogle permalink untuk post kali ini adalah https://gogloogle.blogspot.com/2016/07/kunci-jawaban-buku-bahasa-indonesia-kelas-12-kurikulum-2013.html semoga postingan yang berjudul kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 bisa bermanfaat, oh iya jangan lupa follow blog ini agar mendapatkan informasi postingan terbaru dari blog ini, ada kotak dibawah.nah, masukin saja, ketik emailnya dikotak tersebut kemudian klik SUBMIT, nanti ada perberitahuan via email.
like juga ya, share juga dong postingan yang berjudul kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013. terimakasih banyak atas kunjugannya...
0 komentar:
Post a Comment