art, education, fashion, info, music, news, etc.

kunci jawaban pkn kelas 12




Nah kali ini gogloogle mau share kunci jawaban pkn kelas 12. Dan berjumpa lagi dengan gogloogle di blog go gloogle dan bagi teman teman yang ingin blog ini update terus silahkan berkomentar ya . .. ^_^




kunci jawaban pkn kelas 12

kunci jawaban pkn kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 42,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 112,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 75,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 70,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 20,kunci jawaban pkn halaman 10 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 bab 2

Dibawah ini ada link dan pembahasan lansung tentang kunci jawaban pkn kelas 12, silahkan dinikmati:

Kunci Jawaban PKN Halaman 204 Kelas 12

kunci jawaban pkn kelas 12

kunci jawaban pkn kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 42,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 112,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 75,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 70,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 20,kunci jawaban pkn halaman 10 kelas 12,kunci jawaban pkn kelas 12 bab 2

Kunci Jawaban PKN Kelas XII Kurikulum 13 Hal 88

1.Apa saja yang menyebabkan masih tingginya angka kemiskinan di Indonesia?
            1.                  Korupsi, hal ini “menyumbangkan” banyak sekali warga miskin di Indonesia,         iiiiiiiiii karena  bantuan yang harusnya untuk membantu masyarakat miskin malah di ambil orang iiiiiiiiiiiyang tidak bertanggung jawab.
2.                  SDA, ini yang menyebabkan kemiskinan susah sekali berkurang. Bisa diketahui banyak SDA di Indonesia memiliki kualitas yang kurang, sehingga para SDA tidak mempunyai keahlian yang bias di gunakan untuk mendapatkan penghasilan.
3.                  Masih ada orang yang berpikir bahwa anak merupakan tabungan masa depan, dan orang yang berpikiran seperti itu memiliki banyak anak. Namun hal tersebut malahan menjadi beban ekonomi yang berat karena harus menghidupi banyak anggota keluarga.
4.                  Tingginya angka kriminalitas, banyak para kriminal yang telah di tangkap dan di penjara. Dan banyak pula dari para kriminal tersebut yang merupakan kepala rumah tangga.
Atau dapat dikatakan karena factor berikut:
1. Tingkat pendidikan yang rendah
2. Produktivitas tenaga kerja rendah
3. tingkat upah yang rencah
4. distribusi pendapatan yang timpang
5. kesempatan kerja yang kurang
6. kualitas sumberdaya alam masih rendah
7. penggunaan teknologi masih kurang
8. etos kerja dan motivasi pekerja yang rendah
9. kultur/budaya (tradisi)
10. politik yang belum stabil
2.Mengapa Indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan di daearah pedesaan lebih tinggi daripada perkotaan?
Karena sebagian besar mayarakat desa dikatakan miskin karena memiliki ketidakberdayaan dalam beberapa aspek atau dalam proses belajar mengajar yang dilakukan secara terencana untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri manusia sehingga mampu melakukan transformasi sosial
3.Coba Identifikasi upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk menenkan angka kemiskinan diIndonesia dan analsisis tingkat keberhasilannya.
  1. menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran. Karena pengangguran adalah salah satu sumber penyebab kemiskinan terbesar di indonesia.
  2. Menghapuskan korupsi. Sebab korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal inilah yang kemudian menjadikan masyarakat tidak bisa menikmati hak mereka sebagai warga negara sebagaimana mestinya.
  3. Menggalakkan program zakat. Di indonesia, islam adalah agama mayoritas. Dan dalam islam ajaran zakat diperkenalkan sebagai media untuk menumbuhkan pemerataan kesejahteraan di antara masyarakat dan mengurangi kesenjangan kaya-miskin. Potensi zakat di indonesia, ditengarai mencapai angka 1 triliun setiap tahunnya. Dan jika bisa dikelola dengan baik akan menjadi potensi besar bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok. Fokus program ini bertujuan menjamin daya beli masyarakat miskin/keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok terutama beras dan kebutuhan pokok utama selain beras. Program yang berkaitan dengan fokus ini seperti :    • Penyediaan cadangan beras pemerintah 1 juta ton 

    • Stabilisasi/kepastian harga komoditas primer
  5. Meningkatkan akses masyarakat miskin kepada pelayanan dasar. Fokus program ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk miskin memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan prasarana dasar. Beberapa program yang berkaitan dengan fokus ini antara lain :
• Penyediaan beasiswa bagi siswa miskin pada jenjang pendidikan dasar di Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs); •  Beasiswa siswa miskin jenjang Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA);
•   Beasiswa untuk mahasiswa miskin dan beasiswa berprestasi;
• Pelayanan kesehatan rujukan bagi keluarga miskin secara cuma-cuma di kelas III rumah sakit.
6.  Menyempurnakan dan memperluas cakupan program pembangunan berbasis masyarakat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat di kawasan perdesaan dan perkotaan serta memperkuat penyediaan dukungan pengembangan kesempatan berusaha bagi penduduk miskin. Program yang berkaitan dengan fokus ketiga ini antara lain :
• Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah
• Program Pembangunan Daerah Tertinggal dan Khusus
• Penyempurnaan dan pemantapan program pembangunan berbasis masyarakat.
Untuk mengatasi masalah kemiskinan, pemerintah memiliki peran yang besar. Namun dalam kenyataannya, program yang dijalankan oleh pemerintah belum mampu menyentuh pokok yang menimbulkan masalah kemiskinan ini. Ada beberapa program pemerintah yang sudah dijalankan dan dimaksudkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kemiskinan ini. Seperti di antaranya adalah program Bantuan Langsung Tunai yang merupakan kompensasi yang diberikan usai penghapusan subsidi minyak tanah dan program konversi bahan bakar gas. Selain itu ada juga pelaksanaan bantuan di bidang kesehatan yaitu jaminan kesehatan masyarakat atau Jamkesnas. Namun kedua hal tersebut tidak memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan angka kemiskinan. Bahkan beberapa pakar kebijakan negara menganggap, bahwa hal tersebut sudah seharusnya dilakukan pemerintah. Baik ada atau tidak ada masalah kemiskinan di indonesia. Negara wajib menyediakan jaminan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang dasar 1945. 
4.Coba bandingkan angka kemiskinan di Indonesia dengan Negara lain di wilayah Asia Tenggara.
Indonesia kalah dari Thailand, dan Malaysia, bahkan juga kalah dengan Laos dan Kamboja.

Jumlah penduduk miskin di Indonesia dalam tiga tahun terakhir melonjak 2,7 juta jiwa. Lonjakan ini lebih besar dibanding negara lain di kawasan Asia Tenggara. 
Berdasarkan studi Bank Pembangunan Asia (ADB), Direktur Eksekutif Prakarsa, Setyo Budiantoro, mengungkapkan, pada 2009 jumlah masyarakat miskin mencapai 40,4 juta, dan pada 2011 tercatat naik 43,1 juta penduduk miskin.
Untuk diketahui, standar kemiskinan yang digunakan ADB adalah penghasilan di bawah US$ 1,25 per hari (sekitar Rp 10.625).
Berdasarkan data ADB, dalam kurun tiga tahun Kamboja bisa menurunkan angka kemiskinan yang pada 2009 mencapai 4,1 juta jiwa turun menjadi 4,09 juta jiwa pada tahun ini. Hal yang sama terjadi pada Laos yang pada 2009 mencapai 2,18 juta, lalu turun menjadi 2,04 juta jiwa pada 2011.


Kunci Jawaban PKN Kelas XII Kurikulum 13 Hal 126



No.
Pelaksanaan Kewajiban Warga Negara
Contoh Perwujudannya
1.
Pasal  27 ayat 1, “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.”
Seluruh warga negara sama drajatnya di mata hukum dan warga negara harus mematuhi hukum yang brsifat terikat dgn tidak memandang drajat warga negara tsb
2.
Pasal 27 ayat 3, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”
Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh.
3.
Pasal 29 ayat 2, “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”
Saling menghargai antar umat beragama, Toleransi yang tinggi terhadap agama lain, tidak saling mencemooh.
4.
Pasal 30 ayat 1, “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”
ikut menjaga ketertiban di masyarakat, membangkitkan kecintaan terhadap indonesia, mencintai produk dalam negeri, tidak melakukan perusakan atas fasilitas umum
5.
Pasal 31 ayat 2, “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.”
Pemerintah Melakukan Program Wajib Belajar 9 Tahun tanpa dipungut biaya atau gratis
6.
Pasal 33 ayat 2, “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.”
Pengelolaan lingkungan alam, baik bumi, air dan kekayaan alam adalah milik Negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk memakmurkan rakyat, tidak pandang bulu perbedaan suku, bahasa dan agamanya. Uang hasil bumi dipergunakan untuk kemakmuran rakyat, tidak disalah gunakan

KUNCI JAWABAN PKN Kelas 12 Halaman 125


Kunci Jawaban PKN Halaman 149 Kelas 12

No.
Bidang
Manfaat Hubungan Internasional
1.
Ideologi
Membentukk satu Negara RI yang berbentuk Negara kesatuan dan Negara kebangsaan yang demokratis.
2.
Politik
Meningkatkan persahabatan dan kerja sama bilateral, regional dan multilateral.
3.
Ekonomi
Memperbesar kemakmuran rakyat Indonesia.
4.
Sosial Budaya
Terbentuknya suatu masyarakat yang adil dan makmur secara material dan spriritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
5.
Pertahanan dan Keamanan
Membentuk suatu persahabatan yang baik antara Republik Indonesia dan semua Negara di dunia.


Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 7)

Langsung saja tancap gas ke kunci jawaban uji kompetensi bab 7 di bawah ini..
  1. Jelaskan karakteristik negara kesatuan?
  • Unitarisme sudah merupakan cita-cita gerakan kemerdekaan Indonesia.
  • Negara tidak memberikan tempat hidup bagi provinsialisme.
  • Tenaga-tenaga terpelajar kebanyakan berada di Pulau Jawa sehingga tidak ada tenaga di daerah untuk membentuk negara federal.
  • Wilayah-wilayah di Indonesia tidak sama potensi dan kekayaannya.
  • Dari sudut geopolitik, dunia internasional akan melihat Indonesia kuat apabila sebagai negara kesatuan.
  1. Jelaskan keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
  • Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar, yaitu menempati urutan keempat di dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat.
  • Memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian, dan sebagainya.
  • Dalam pengembangan wilayah, kita mempunyai konsep Wawasan Nusantara sehingga sekalipun terdapat berbagai
  • keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap satu pandangan, yaitu memandang bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.
  • Semangat sumpah pemuda yang selalu merasuki jiwa dan kalbu bangsa Indonesia.
  • Memiliki tata krama atau keramahtamahan. Sejak dahulu bangsa Indonesia sangat terkenal akan keramahan dan kesopanannya sehingga sangat menarik bangsa-bangsa lain di dunia untuk datang ke Indonesia
  • Letak wilayahnya yang amat strategis, yaitu di posisi silang dunia sehingga membuat Indonesia menjadi wilayah yang
  • amat ramai dan mudah untuk dikunjungi dan disinggahi oleh bangsa-bangsa lain.
  • Keindahan alam Indonesia tidak disangsikan lagi.
  • Salah satu keajaiban di dunia juga ada di Indonesia, yaitu Candi Borobudur yang tidak sedikit menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia.
  • Wilayahnya sangat luas, yaitu 5.193.250 km2 yang meliputi daratan seluas 2.027.087 Km2 dan lautan seluas 3.166.163 km2.
  • Tanahnya amat subur dan kaya akan sumber alam.

  1. Jelaskan perbedaan antara negara kesatuan dengan negara federal?
Negara Kesatuan
  1. Negara kesatuan bersusunan tunggal, yakni kekuasaan untuk mengatur seluruh daerahnya ada di tangan pemerintah pusat.
  2. Hanya ada satu konstitusi, satu kepala negara, satu dewan menteri (kabinet), dan satu parlemen. Demikian pula dengan pemerintahan, yaitu pemerintah pusatlah yang memegang wewenang tertinggi dalam segala aspek pemerintahan.
  3. Pemerintah pusat memegang kedaulatan sepenuhnya, baik ke dalam maupun ke luar.
  4. Hubungan antara pemerintah pusat dengan rakyat dan daerahnya dapat dijalankan secara langsung.
Negara serikat atau negara federasi
  1. Negara bersusunan jamak, terdiri atas beberapa negara bagian yang masing-masing tidak berdaulat.
  2. Negara-negara bagian boleh memiliki konstitusi sendiri, kepala negara sendiri, parlemen sendiri, dan kabinet sendiri,
  3. Kedaulatan kedalam dipegang oleh pemerintah negara bagian sedangkan kedaulatan ke luar dipegang oleh pemerintah federal.
  4. Pemerintah federal jika berhubungan dengan rakyat di negara bagian harus melalui pemerintah negara bagian.

  1. Federalisme di Indonesia tidak bertahan lama. Menurut pendapat kalian apa yang menyebabkannya?
a. Federalisme tidak sesuai dengan jiwa dan semangat bangsa Indonesia.
b. Indonesia adalah negara yang heterogen sedang dalam Negara federal mensyaratkan adanya kesamaan antarwilayah.
c. Rakyat Indonesia menyadari bahwa bentuk negara serikat yang diterapkan pada saat itu adalah taktik dan upaya Belanda untuk memecah belah Negara Indonesia
  1. Bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai warga Negara Indonesia?
Ini pertanyaan yang mudah saya pikir anda bisa menjawab sendiri sesuai dengan apa yang anda pikirkan.

Kunci Jawaban PKN Halaman 141 no 1-2



Pembahasan Soal PKN Halaman 194 Kelas 12



Jenis Ancaman
Bentuk Strategi
Indikator Keberhasilan
Ancaman bermuatan Ideologi
Upaya menghadapi atau menangkal ancaman ini adalah dengan kebijakan dan langkah-langkah politik yang tepat dan intensif untuk mencegah meluasnya pengaruh ideologi lain terhadap ideologi Pancasila.

Bentuk strategi :
1. Lapisan terdepan dalam konsep penanganannya terdiri atas unsur-unsur pertahanan nirmiliter,
2. Penguatan unsur kementrian baik dalam maupun luar negeri untuk menangkal usaha-usaha pihak-pihak yang mengancam Pancasila.
3. Adanya informasi dari pemerintah untuk rakyat agar tidak tepengaruh oleh berbagai pengaruh asing.
4. Pembelajaran mengenai Pancasila dan kesadaran ideologi kepada para siswa hingga mahasiswa.
5. Membeerdayakan para pemimpin agama untuk menjadi mitra pemerintah dalam menyinergikan strategi untuk membentengi masyarakat dari penetrasi ideology asing.
6. Program pelaksanaan bakti TNI.
- banyaknya iklan yang memuat mengenai pentingnya ideology
- telah di tanamkan sejak dini mengenai pelajaran Pancasila kepada para siswa dan hingga mahasiswa.
Ancaman bermuatan Politik
1) Pendekatan ke dalam, yaitu pembangunan dan penataan sistem politik dalam negeri yang sehat dan dinamis dalam kerangka negara demokrasi yang menghargai kebhinnekaan atau kemajemukan bangsa Indonesia.

a. Penguatan penyelenggaraan pemerintahan negara yang sah, efektif, bersih, berwibawa, bebas KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) dan bertanggung jawab

b.Penguatan lembaga legislatif sehingga menjadi lembaga yang berkualitas dan profesional pada bidangnya.

c. Penguatan kekuatan politik nasional baik partai politik maupun organisasi masyarakat sebagai alat untuk memberdayakan masyarakat sebagai subjek politik dan pembangunan nasional.

2. Pendekatan ke luar yang diarahkan untuk mendinamisasikan strategi dan upaya diplomatik melalui peningkatan peran instrumen politik luar negeri dalam membangun kerja sama dan saling percaya dengan negara-negara lain

a. Pada lingkup internal, yaitu melalui penciptaan, pembangunan, dan peningkatan kondisi dalam negeri yang semakin mantap dan stabil,

b. Pada lingkup regional, politik dan diplomasi Indonesia diarahkan untuk selalu aktif dan berperan dalam membangun dan meningkatkan kerja sama dengan negara lain dalam kerangka prinsip saling percaya,

c. Pada lingkup supraregional, politik luar negeri dikembangkan untuk berperan dalam penguatan ASEAN plus Enam yang terdiri atas 10 negara anggota bersama-sama dengan Cina, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru,

d. Pada lingkup global, politik luar negeri harus memainkan perannya secara maksimal dalam memperjuangkan kepentingan nasional
- di bentuknya KPK untuk menjaring koruptor dan memberantas korupsi
- ditegakkannya hokum dan  keadilan serta pemberantasan calo-calo dan lain sebagainya di berbagai tempat.
Ancaman bermuatan Ekonomi
1. Untuk menghadapi ancaman berdimensi ekonomi dari internal, prioritas kebijakan dapat berupa penciptaan lapangan kerja padat karya

2.Untuk menghadapi ancaman berdimensi ekonomi dari eksternal, Indonesia harus membangun dan menjaga hubungan baik dengan negara-negara utama dalam tatanan ekonomi-politik dunia.

3. Adanya keterlibatan lapis pertahanan militer.
- di sediakannya dana dan juga lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang kurang mampu.
- adanya berbagai fasilitas di daerah untuk mengembangkan kreatifitas, keterampilan dan juga pendidikan bagi masyarakat.
Ancaman bermuatan Sosial Budaya
Bangsa Indonesia berusaha memelihara keseimbangan dan keselarasan fundamental, yaitu keseimbangan antara manusia dengan alam semesta, manusia dengan masyarakat, manusia dengan Tuhan, keseimbangan kemajuan lahir dan kesejahteraan batin. Kesadaran akan perlunya keseimbangan dan keserasian melahirkan toleransi yang tinggi, sehingga menjadi bangsa yang berbhinneka dan bertekad untuk selalu hidup bersatu dengan memperhatikan perkembangan tradisi, pendidikan, kepemimpinan, integrasi nasional, kepribadian bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa, dan pelestarian alam.
- Seringnya suatu acara di taman budaya untuk mengapresiasi dan juga menjadi wahana bagi mereka yang ingin mengembangkan bakatnya disamping juga bertujuan untuk tidak menghilangkan kebudayaan bangsa dan memperkenalkannya pada generasi muda.
Ancaman di bidang Teknologi Informasi
Penyuluhan pada setiap lapisan masyarakat bagaimana cara dan penggunaan serta dalam menyikapi teknologi dengan baik.
- Penggunaan internet yang lebih diarahkan seperti adanya rapor online atau ujian online
-pemberantasan situs-situs yang tidak baik untuk ditayangkan
- pengetatan pada setiap jaringan perangkat yang ingin mengakses ke situs-situs atau web yang tidak berkenan.
Ancaman di bidang keselamatan umum
1.Peringatan dini bagi masyarkaat yang tinggal atau bertempat tinggal di lingkungan yang rawan akan  bahaya.
2.Memberikan cara untuk masyarakat dalam mengantisipasi bahaya.
3.Adanya banner atau iklan di sepanjang jalan maupun media masa, cetak, dan maya untuk mengingatkan masyarakat akan suatu pentingnya keselamatan dan juga kesehatan.
- Adanya tim sukarelawan yang ditugaskan pada daerah atau titik rawan bencana
- pembangunan daerah yang rawan banjir oleh pemerintah.

kunci jawaban pkn kelas 12



Sekian postingan yang dapat gogloogle bagikan tentang kunci jawaban pkn kelas 12. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di go gloogle

sekian dari gogloogle permalink untuk post kali ini adalah https://gogloogle.blogspot.com/2016/07/kunci-jawaban-pkn-kelas-12.html semoga postingan yang berjudul kunci jawaban pkn kelas 12 bisa bermanfaat, oh iya jangan lupa follow blog ini agar mendapatkan informasi postingan terbaru dari blog ini, ada kotak dibawah.
nah, masukin saja, ketik emailnya dikotak tersebut kemudian klik SUBMIT, nanti ada perberitahuan via email.
like juga ya, share juga dong postingan yang berjudul kunci jawaban pkn kelas 12. terimakasih banyak atas kunjugannya...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : kunci jawaban pkn kelas 12

0 komentar:

Post a Comment