art, education, fashion, info, music, news, etc.

soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013




Nah kali ini gogloogle mau share soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013. Dan berjumpa lagi dengan gogloogle di blog go gloogle dan bagi teman teman yang ingin blog ini update terus silahkan berkomentar ya . .. ^_^




soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013

soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013,soal bahasa inggris kelas 7 semester 2 kurikulum 2013,buku bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 semester 2,soal bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,soal tentang cerpen pilihan ganda,soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban,soal bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 semester 1,soal bahasa indonesia kelas xi semester 1 kurikulum 2013,contoh soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1


soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013,soal bahasa inggris kelas 7 semester 2 kurikulum 2013,buku bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 semester 2,soal bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013,soal tentang cerpen pilihan ganda,soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban,soal bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 semester 1,soal bahasa indonesia kelas xi semester 1 kurikulum 2013,contoh soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1

soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013

  1. 20 Soal UTS Bahasa Indonesia Part 1
  2. 20 Soal UTS Bahasa Indonesia Part 2
  3. KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA KELAS 12 HALAMAN 164
  4. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 102 II
  5. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 103 Kelas 12 Semester 2
  6. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 11 Kelas 12 Semester 2
  7. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 13 Kelas 12 Semester 2
  8. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 14 Kelas 12 Semester 2
  9. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 17 Kelas 12 Semester 2
  10. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 18 Kelas 12 Semester 2
  11. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 23 Kelas 12 Semester 2
  12. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 24 Kelas 12 Semester 2
  13. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 28 Kelas 12 Semester 2
  14. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 31 - 32

Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2

Penggalan cerpen berikut untuk soal nomor 1-2.
2008 di Pinggir Selokan
Pagi menjelang siang tadi, anak laki-laki saya, Keenan, tiba-tiba menarik tangan saya dan menggiring saya menuju sandal capit yang terparkir di teras depan. Saya sudah hafal aktivitas yang dia maksud, sekaligus rute perjalanan yang menanti kamu. Inilah acara jalan kaki yang kerap ia tagih, yakni satu kali putaran ke jalan belakang di mana tidak ada rumah di sana, hanya tanah kosong berilalang tinggi. Jalan itu menurun dan curam, berbatu-batu besar, dan banyak dahan berduri di pinggir kiri-kanan.
Terakhir kami berjalan ke sana, kaki Keenan sempat luka karena tersobek duri, tetapi entah mengapa ia selalu memilih jalur yang sama. Sejak sebelum kami berjalan kaki, saya sudah mengamati pagi pertama tahun 2008 ini. Langit yang berawan, angin yang bertiup kencang, dan meski matahari bersinar cukup terang dan terlihat angkasa biru di balik timbunan awan, saya tidak bisa mengatakan bahwa ini pagi yang cerah. Masih terasa jejak mendung peninggalan hujan semalam. Kendati demikian, pagi ini pun tidak bisa disebut pagi yang mendung. Sambil berjalan, saya merenungi kesan-kesan saya mengenai pergantian tahun kali ini. Ada keinginan kuat untuk menuliskan sesuatu, semacam refleksi dan sejenisnya. Tapi saya tidak tahu harus memulai dan mana, harus menulis apa.


1. Latar waktu penggalan cerpen tersebut adalah …
a.siang hari
b.sore hari
c.senja hari
d.malam hari
e.pagi hari


2. Kalimat yang menggambarkan latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah …
a.Saya sudah hafal aktivitas yang dia maksud, sekaligus rute perjalanan yang menanti kami.
b.Terakhir kami berjalan ke sana, kaki Keenan sempat luka karena tersobek duri, tetapi entah mengapa ia selalu memilih jalur yang sama.
c.Jalan itu menurun dan curam, berbatu-batu besar, dan banyak dahan berduri di pinggir kiri-kanan.
d.Sejak sebelum kami berjalan kaki, saya sudah mengamati pagi pertama tahun 2008 ini.
e.Sambil berjalan, saya merenungi kesan-kesan saya mengenai pergantian tahun kali ini.


3. Orang yang bertugas untuk menceritakan kepada penonton mengenai isi cerita dalam sebuah drama disebut …
a.antagonis
b.protagonis
c.narator
d.tritagonis
e.sutradara


4. Berikut ini adalah tujuan utama kita meringkas, kecuali …
a.memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif (menyeluruh) tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah produk (buku, kaset, film, sinetron, dan sejenisnya yang sudah saya sebutkan di atas).
b.mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yang muncul dalam sebuah produk.
c.memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah produk pantas mendapat sambutan masyarakat atau malah sambitan?
d.menjawab pertanyaan yang (mungkin) muncul jika seseorang melihat produk yang baru diluncurkan (diterbitkan), seperti: (selain buku, sesuaikan dengan kategorinya)
e.agar karya kita menjadi terkenal.


5. Bacalah kutipan cerita berikut.
Dengan maksud yang licik, Datuk Maringgih meminjamkan uangnya pada Baginda Sulaiman. Berkat pinjaman uang dari Datuk Maringgih tersebut, usaha dagang Baginda maju pesat. Namun sayang, rupanya Datuk Maringgih menjadi iri hati melihat kemajuan dagang yang dicapai oleh Baginda Sulaiman ini maka dengan seluruh orang suruhannya, yaitu pendekar lima, pendekar empat, pendekar tiga, serta yang lainnya, Datuk Maringgih memerintahkan untuk membakar toko Baginda Sulaiman. Dan toko Baginda pun habis terbakar. Akibatnya baginda Sulaiman jatuh bangkrut dan sekaligus dengan hutang yang menumpuk pada Datuk Maringgih.
Watak tokoh Datuk Maringgih dalam kutipan cerita tersebut adalah …
a.Licik
b.Suka uang
c.Pasrah
d.Tamak
e.Pembohong


6. Editorial adalah artikel dalam surat kabar atau majalah yang mengungkapkan masalah-masalah aktual dan sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Editorial disusun oleh …
a.wartawan lepas
b.sastrawan
c.staf redaksi
d.pengamat politik
e.kolumnis


7. Biografi yang menekankan penggambaran riwayat hidup seseorang secara jelas adalah …
a.biografi ilmiah
b.biografi populer
c.biografi berat sebelah
d.novel biografi
e.bibliografi


Paragraf berikut untuk soal nomor 8 dan 9.
Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yang digunakan manusia untuk berinteraksi antar sesamanya. Penggunaan bahasa berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi. Sebagai salah satu produk teknologi, televisi memengaruhi penggunaan bahasa dalam masyarakat melalui berbagai tayangan sehari-hari. Pengaruh tersebut dapat berupa aspek-aspek positif ataupun negatif. Suatu penyelidikan perlu dilakukan untuk mengetahui macam-macam pengaruh penggunaan bahasa dalam tayangan-tayangan tersebut, khususnya bagi generasi muda. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini dilakukan sebagai antisipasi dini terhadap aspek-aspek negatif dari penggunaan bahasa dalam tayangan televisi yang dapat merusak kepribadian generasi muda Indonesia.


8. Isi pokok paragraf tersebut adalah …
a.Penelitian ini penting untuk segera dilakukan agar diketahui dampak negatif tayangan televisi.
b.Penggunaan bahasa di televisi memengaruhi penggunaan bahasa masyarakat melalui berbagai tayangan.
c.Televisi menggunakan sarana berupa bahasa dalam menyampaikan tayangan-tayangannya.
d.Tayangan televisi memengaruhi pemirsanya untuk membeli berbagai produk iklan yang ditawarkan.
e.Penggunaan bahasa dalam televisi perlu dicermati agar tidak memberikan pengaruh buruk kepada pemirsa.


9. Paragraf tersebut merupakan bagian …
a.latar belakang
b.rumusan masalah
c.tujuan penelitian
d.pembahasan
e.kesimpulan


10. Perhatikan dialog diskusi berikut dengan saksama!
Penyaji:
“Kenyataannya, pembangunan tidak dapat terlepas dari penggunaan sumber daya alam. Sumber daya alam tersebut dapat berupa sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Kita sering tidak pernah memperhatikan kelestariannya setelah kita memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Manusia cenderung memanfaatkan sumber daya alam secara besar-besaran tanpa memperhatikan kelestarian dan dampak yang akan terjadi. Di sisi lain, pembangunan juga dapat menimbulkan dampak negatif pada manusia itu sendiri.”
Penanya:
“Memang benar pembangunan dapat menimbulkan dampak bagi sumber daya alam, tetapi apakah pembangunan selalu bersifat negatif? Bukankah pembangunan juga dapat berdampak baik, salah satunya sebagai bentuk kemajuan suatu bangsa?”
Kutipan diskusi tersebut membahas …
a.Dampak positif dan negatif yang ditimbulkan akibat pembangunan.
b.Pembangunan dapat meningkatkan dampak negatif bagi kelestarian sumber daya alam.
c.Pembangunan dapat berdampak positif bagi kelangsungan sumber daya alam dan manusia.
d.Pembangunan sebenarnya berdampak positif terhadap suatu bangsa.
e.Pembangunan sebenarnya tidak diperlukan.


Kutipan makalah berikut untuk soal nomor 11-13.
Jagung Manis (Zea Mays L. Saccharata) merupakan jenis jagung yang belum lama dikenal di Indonesia. Jagung manis semakin populer dan sering dikonsumsi karena memiliki rasa lebih manis dibandingkan jagung biasa dan umur produksinya lebih singkat sehingga sangat baik untuk dibudidayakan. Kebanyakan warga masyarakat menyukai jagung manis untuk dikonsumsi (direbus, dibakar, dan dibuat sup). Jagung manis mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin tinggi, serta kandungan lemak rendah. Dibandingkan dengan jagung biasa, jagung manis lebih banyak kandungan vitaminnya. Maka dari itu, perlu ditingkatkan produksi dan kualitas jagung dengan cara pemberian bahan organik karena selain dapat memberikan hasil berkualitas, bahan organik juga dapat memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan bobot pipilan kering jagung. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan bahan organik dalam budi daya jagung manis.


11. Kutipan makalah tersebut merupakan bagian …
a.latar belakang
b.rumusan masalah
c.tujuan penelitian
d.pembahasan
e.simpulan


12. Isi pokok kutipan makalah tersebut adalah …
a.Jagung manis belum lama dikenal di Indonesia.
b.Jagung manis semakin populer dan banyak dikonsumsi.
c.Penggunaan bahan organik dalam budi daya jagung manis.
d.Syarat budi daya jagung manis dengan pertanian organik.
e.Pengenalan tanaman organik


13. Pernyataan yang sesuai dengan kutipan makalah tersebut terdapat dalam kalimat …
a.Jagung manis semakin populer dan sering dikonsumsi karena umur produksinya lebih lama.
b.Jagung manis mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin tinggi, serta kandungan lemak rendah.
c.Dibandingkan dengan jagung manis, jagung biasa lebih banyak kandungan vitaminnya.
d.Perlu ditingkatkan produksi dan kualitas jagung dengan cara pemberian bahan anorganik karena dapat memberikan hasil yang berkualitas.
e.Bahan anorganik dapat memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan bobot pipilan kering jagung.


14. Bacalah paragraf berikut.
Memang, ada banyak cara menurunkan berat badan. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging, diet buah-buahan, membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi lain seperti makanan dari terigu, jagung, singkong, atau ubi, serta mengurangi konsumsi gula. Banyak juga iklan di media massa yang menjanjikan penurunan bobot badan sampai beberapa kilogram hanya dalam beberapa minggu. Atau, dengan tusuk jarum, sedot lemak, minum jejamuan, minum teh hijau, dsb.
Pokok isi teks tersebut adalah …
a.banyak cara menurunkan bobot badan
b.hindari mengonsumsi gula saat melakukan diet
c.kita harus mencontoh macan saat akan menurunkan berat badan
d.berat badan bisa turun dalam beberapa minggu
e.iklan secara tidak langsung ikut berperan dalam diet seseorang


15. Bacalah paragraf berikut dengan baik.
Salah satu program pemerintah dalam masa pembangunan adalah usaha penyebaran penduduk Jawa, bali, dan Lombok. Untuk memperjelas penyebaran disebutlah dengan nama khusus, yaitu transmigrasi. Bahkan, dalam kaitan itu, Bung Hatta berkata dalam kongres ahli-ahli ekonomi, “Satu masalah yang maha penting dalam rangkaian politik kemakmuran adalah transmigrasi. Kalau ini tidak terpecahkan, Indonesia tidak bakal makmur”.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat …
a.pertama
b.kedua
c.terakhir
d.pertama dan terakhir
e.semua kalimat


16. Perhatikan pendapat berikut.
Penyaji: Penerapan RUU P0rnografi tidak perlu diterapkan di Indonesia.
Tanggapan yang sesuai dengan pendapat tersebut adalah …
a.saya kurang sependapat dengan penyaji karena pendapatnya terlalu mengada-ada.
b.saya tidak setuju dengan penyaji karena pendapatnya sulit dipecahkan.
c.saya menolak pendapat penyaji karena masalah yang dibahas terlalu bertele-tele.
d.saya kurang sependapat dengan penyaji karena realita yang diungkapkan tidak sepenuhnya demikian.
e.saya rasa pendapat penyaji terlalu teoritis, maka saya tidak setuju.


17. Hal yang tidak dimuat dalam notulen rapat OSIS tentang rencana pelaksanaan seminar adalah …
a.judul rapat
b.pelaksanaan
c.pemimpin rapat
d.biaya pelaksanaan
e.keputusan-keputusan rapat


Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 18-20.
Akhir-akhir ini, sebelum pukul enam pagi, sering kulihat ayah duduk di kursi rotan di beranda sembari mendengarkan berita dari radio baterai yang ia taruh di meja. Ketika loper koran tiba, ayah akan mematikan radio, lalu mulai memamah koran sambil sesekali geleng-geleng kepala. Setelah kenyang memakan berita, ia akan menenteng radionya ke dalam kamar. Dan selepas Zhuhur, ayah kembali keluar kamar, duduk di kursi beranda yang dingin dan lengang memandang nyalang ke seberang jalan dengan napas yang sesekali mendesah. Kemudian, menjelang senja ayah akan menuju ruang tengah, khusyuk menatap TV 14 inci.
“Mungkin ayah ingin beristri lagi, Mas,” ujar Lastri, adik perempuanku suatu kali.
Hus, ngawur! Ayah sudah tua, enam puluh umurnya. Lagian ayah begitu mencintai ibu. Tak mungkin ingin beristri lagi,” sanggahku.
“Ibu kan sudah meninggal, tak bakal tahu kalau ayah beristri lagi.”
“Tetapi, aku tidak senang punya ibu tiri.”
“Jika ibu tiri itu orangnya baik, kenapa tidak, Mas? Toh, ini demi kebaikan ayah.”
Mungkin Lastri benar, ayah ingin beristri lagi atau bisa jadi ia keliru. Ah, entahlah. Yang jelas, setelah pensiun ayah turun, ayah masih sering bepergian; berkunjung ke rumah-rumah tetangga dan seminggu sekali pergi ke toko buku. Sering kali ayah pulang bersama teman-temannya yang seumuran lalu ngobrol berjam-jam di ruang tamu. Tetapi, tidak untuk minggu-minggu ini. Entah sebab apa, ayah lebih senang diam di rumah, membaca koran, tiduran, dan menyaksikan berita di TV. Di ruang tengah tulah kami sering menemani ayah.


18. Latar tempat yang dalam kutipan cerpen tersebut, kecuali di …
a.beranda rumah
b.kamar
c.ruang tengah
d.ruang tamu
e.jalan depan rumah


19. Kutipan dalam cerpen tersebut merupakan alur pada tahap …
a.pengenalan masalah
b.pemunculan masalah
c.pemuncakan masalah
d.penurunan masalah
e.penyelesaian masalah


20. Kutipan cerpen tersebut beralur …
a.progresif
b.regresif
c.sorot balik
d.mundur
e.campuran


Paragraf berikut untuk soal nomor 21 dan 22.
Salah satu dampak buruk televisi terhadap anak adalah obesitas. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, rata-rata anak menonton televisi selama minimal empat jam setiap hari. Saat menonton televisi, anak akan mengkonsumsi makanan ringan sebagai camilan. Camilan yang disukai oleh kebanyakan anak adalah camilan tidak sehat, misalnya minuman kaleng dan makanan berbahan pengawet. Camilan tidak sehat tersebut dapat memengaruhi kesehatan anak sehingga anak berisiko lebih besar terserang penyakit. Penyakit yang sering ditimbulkan oleh camilan-camilan tersebut adalah obesitas. Keadaan tersebut akan diperparah jika anak tidak pernah melakukan olahraga.


21. Informasi penting dalam paragraf tersebut adalah …
a.Televisi merupakan sarana hiburan yang penting bagi anak.
b.Anak yang terlalu sering menonton televisi berisiko menderita obesitas.
c.Obesitas pada anak dapat ditanggulangi dengan berbagai kegiatan olahraga.
d.Sebagian besar anak menonton televisi lebih dari empat jam setiap hari.
e.Camilan yang sering dikonsumsi anak adalah minuman kalengan dan makanan berbahan pengawet.


22. Dalam makalah tersebut, paragraf soal terdapat di bagian …
a.simpulan
b.pembahasan
c.tujuan penelitian
d.rumusan masalah
e.metode penelitian


Ilustrasi berikut untuk soal nomor 23 dan 24.
“Saudara moderator, kenyataan dalam kehidupan sehari-hari sudah menunjukkan dengan tegas dan jelas bahwa membuang sampah di sungai sudah menjadi kebiasaan warga yang bertempat tinggal di pinggiran sungai. Padahal sudah cukup jelas bahwa salah satu penyebab banjir adalah tersumbatnya aliran air sungai karena sampah menumpuk. Kesadaran masyarakat kita memang dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan masih kurang.”


23. Peserta diskusi tersebut menyatakan …
a.persetujuan
b.ketidaksetujuan
c.saran
d.tanggapan
e.simpulan


24. Inti informasi yang diungkapkan oleh peserta diskusi adalah …
a.Sampah menyebabkan banjir.
b.Masyarakat pinggir sungai suka membuang sampah di sungai.
c.Membuang sampah di sungai dapat mengakibatkan banjir karena aliran air tersumbat.
d.Tumpukan sampah mengganggu kesehatan masyarakat.
e.Sampah di sungai menyebabkan peningkatan sumber penyakit.


Kutipan diskusi berikut untuk soal nomor 25–28.
Pemakalah:
“Belum banyak petani di Indonesia yang mengolah tanahnya dengan sistem pertanian organik. Kebanyakan petani masih melakukan sistem pertanian konvensional. Situasi ini terjadi karena keterbatasan pengetahuan tentang sistem pertanian organik. Meskipun Pemerintah sudah mulai melaksanakan sistem pertanian berkelanjutan yang tujuannya adalah pertanian organik memperhatikan aspek kelestarian alam, program ini belum sepenuhnya terserap oleh petani Indonesia.”
Moderator:
“Saya persilakan peserta diskusi untuk menanggapi pejelasan dari pemakalah. Silakan Saudara Devi.”
Devi:
“Saya setuju dengan pendapat pemakalah bahwa petani Indonesia masih sedikit yang menerapkan pertanian organik. Kurangnya pemahaman petani tentang pertanian organik harus segera diatasi. Petani Indonesia seharusnya dapat menerapkan sistem pertanian organik karena selain hasil panennya bebas dari residu, pertanian organik juga ramah lingkungan.”
Moderator:“Silakan, Saudara Ardian!”
Ardian:
“Ya, pendapat Devi benar. Pertanian organik sangat ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan. Pemerintah harus lebih memperhatikan pengetahuan dan pemahaman petani tentang pertanian organik. Petani dapat diberi penyuluhan tentang pertanian organik. Dengan begitu, petani akan lebih paham dan dapat menerapkan pertanian organik untuk ke depannya.”


25. Kutipan diskusi tersebut membahas …
a.kerugian menerapkan pertanian organik
b.kelebihan dan hambatan menerapkan pertanian organik
c.dampak negatif pertanian sistem organik
d.dampak pertanian organik terhadap petani
e.pertanian organik aman bagi masyarakat


26. Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan diskusi terdapat dalam kalimat …
a.Kita dapat menerapkan sistem pertanian organik untuk meningkatkan pendapatan petani.
b.Penerapan pertanian organik memerlukan biaya yang cukup besar.
c.Pertanian organik sangat ramah lingkungan dan hasil panennya bebas dari residu.
d.Pertanian organik dapat didukung dengan penggunaan pupuk anorganik.
e.Pemerintah sama sekali belum pernah mengadakan penyuluhan terhadap petani.


27. Kalimat simpulan berdasarkan diskusi tersebut adalah …
a.Petani harus diberi pemahaman terhadap pertanian organik karena pertanian organik bebas residu dan ramah lingkungan.
b.Pemerintah harus selektif dalam memberikan pemahaman pertanian organik kepada petani.
c.Petani tidak boleh melakukan pertanian konvensional karena tidak ramah lingkungan.
d.Pemerintah harus tegas dalam memberikan aturan agar petani Indonesia menerapkan sistem pertanian organik.
e.Hasil pertanian organik memberikan banyak manfaat bagi petani.


28. Tanggapan yang sesuai dengan isi diskusi tersebut adalah …
a.Pertanian organik tidak selamanya ramah lingkungan.
b.Melalui diskusi ini saya masih meragukan manfaat pertanian organik.
c.Melalui penyuluhan atau tidak, pertanian organik tidak akan dilirik petani.
d.Menurut saya, pertanian organik sangat bagus karena dapat melestarikan alam dan aman bagi kesehatan karena bebas residu.
e.Menurut saya, penerapan pertanian organik akan memerlukan banyak biaya.


Dialog diskusi berikut untuk soal nomor 29–31.
A:
Saya adalah seorang guru yang mengajar di sebuah sekolah dasar di pedalaman Kalimantan. Kondisi di sana sangat memprihatinkan. Kami menggunakan bangunan mirip kandang untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran.
B.:
Usaha apa yang sudah dilakukan pihak sekolah agar mendapatkan fasilitas lebih baik?
A:
Berkali-kali kami sudah melaporkan keadaan tersebut kepada dinas terkait di daerah kai, tetapi hingga kini belum ada respons. Akhirnya, kami terpaksa bertahan dengan segala keterbatasan yang ada. Meskipun demikian, para guru tetap bertekad untuk mendidik para bunga bangsa di daerah itu. Kami bersyukur karena anak-anak pedalaman memiliki semangat belajar tinggi meskipun orang tua mereka bukan orang berpendidikan.
B:
Bukankah Pemerintah telah menyediakan dana bagi pembangunan sekolah-sekolah di daerah pedalaman melalui program khusus?
A:
Benar sekali. Namun, kamu tidak tahu ke mana dana itu mengalir. Buktinya, sejak beberapa tahun lalu hingga hari ini kondisi kami masih sama. Namun, kenyataan ini tidak mengurangi semangat kami untuk terus mendidik anak-anak pedalaman.


29. Dialog dalam diskusi tersebut membahas …
a.Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan di daerah pedalaman.
b.Anak-anak di pedalaman juga bersemangat dalam belajar.
c.Anak-anak pedalaman akan memiliki masa depan cerah dengan pendidikan.
d.Pemerintah mengalokasikan dana khusus bagi pendidikan di daerah pedalaman.
e.Pemerintah telah memberikan perhatian terbaik bagi pendidikan di daerah pedalaman.


30. Pernyataan yang sesuai dengan diskusi tersebut adalah …
a.Para guru menuntut Pemerintah lebih serius dalam menjalankan tugasnya.
b.Siswa pedalaman berharap agar mereka mendapatkan pendidikan layak.
c.Aliran dana Pemerintah bagi pendidikan di daerah pedalaman tidak jelas.
d.Pemerintah setempat akan memproses permintaan para guru tersebut.
e.Orang tua siswa di daerah pedalaman ingin agar anaknya tetap sekolah.


31. Tema: Masalah kebersihan di kota
Rumusan masalah yang tepat untuk presentasikan sesuai dengan tema tersebut adalah …
a.Untuk apa masalah kebersihan di kota dibahas?
b.Berapa banyak kota yang memiliki masalah kebersihan?
c.Bagaimana penanganan masalah kebersihan di kota?
d.Berapa orang yang terlibat dalam masalah kebersihan di kota?
e.Apa jadinya jika kota dipenuhi sampah?


32. Bacalah paragraf berikut.
Hutan mempunyai fungsi yang menguasai hidup orang banyak. Hutan berfungsi mengatur tata air, mencegah dan membatasi bahaya banjir serta erosi, serta sekaligus memelihara kesuburan tanah. Hutan memenuhi produksi hasil hutan untuk keperluan masyarakat pada umumnya dan pembangunan industri pada khususnya.
Isi paragraf tersebut adalah …
a.kebutuhan penduduk akan kayu meningkat
b.pentingnya hutan bagi kehidupan manusia
c.fungsi hutan bagi kehidupan masyarakat
d.ruang lingkup kegiatan kehutanan
e.bencana alam yang disebabkan keberadaan hutan


33. “Saudara yang terhormat, pada saat ini saya akan menyampaikan makalah tentang kegiatan di sekolah, yakni Meningkatkan Kepedulian Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar.”
Pernyataan yang tepat untuk menyetujui pendapat tersebut adalah …
a.Saudara, setujukah dengan pendapat tersebut?
b.Saudara, silakan tanyakan kepada peserta lain.
c.Saudara moderator, pada dasarnya kami setuju. Akan tetapi, tolong uraikan persoalannya secara tuntas.
d.Saudara penyaji, saya sangat mendukung tema diskusi yang akan Saudara sampaikan.
e.Saudara-saudara, baiklah kita lanjutkan diskusi kali ini.


34. Hal-hal berikut termasuk unsur-unsur intrinsik dari sebuah karya sastra, kecuali …
a.tokoh
b.biografi penulis
c.tema
d.amanat
e.alur


Kutipan hasil penelitian berikut untuk soal nomor 35–38.
Karya sastra dapat diartikan sebagai suatu tulisan atau karangan yang unsur estetiknya dominan dan dapat dijadikan alat pengajaran. Meskipun tidak memiliki definisi jelas, cerpen dapat diartikan sebagai bagian dari sastra tulis yang selesai dibaca dalam sekali duduk dan tidak menghabiskan waktu. Hubungan antara sastra dan cerpen tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa cerpen juga dapat digunakan sebagai media pendidikan akhlak. Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen. Semua cerpen tersebut sebelumnya telah diterbitkan oleh berbagai media massa, baik daerah maupun nasional. Namun untuk kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya bertema keagamaan. Beberapa nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri adalah tentang akhlak kepada Tuhan (takwa, rida atas ketentuan Tuhan, berdoa hanya kepada Tuhan), akhlak terhadap sesama manusia (cara memberi nasihat dan menerimanya, lapang dada, ikhlas, dan saling menolong). Akhlak kepada diri sendiri di antaranya introspeksi diri, berbaik sangka, ikhtiar, dan selalu berbuat yang terbaik. Nilai-nilai pendidikan tersebut sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

35. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam kutipan hasil penelitian tersebut adalah …
a.Mengapa cerpen K.H.A. Mustofa Bisri hanya memiliki satu konflik?
b.Apa perbedaan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri dengan cerpen karya pengarang lain?
c.Apa yang terjadi jika cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri tidak mengangkat tema agama?
d.Siapa penulis cerpen yang mampu menulis cerpen dengan tema yang menarik?
e.Apa perbedaan karya sastra dan cerpen?


36. Pernyataan yang sesuai dengan bacaan tersebut adalah …
a.Di dalam kumpulan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri, semua cerpen berlatar belakang kaum masyarakat berpendidikan.
b.Cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri dilihat dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema kesetiaan.
c.Beberapa nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri adalah tentang pribadi seseorang.
d.Akhlak kepada diri sendiri di antaranya takwa, rida atas ketentuan Tuhan, dan berdoa hanya kepada Tuhan.
e.Nilai-nilai pendidikan dalam cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama.


37. Gagasan utama paragraf tersebut adalah …
a.Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen.
b.Semua kumpulan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri sebelumnya telah diterbitkan oleh berbagai media massa, baik daerah maupun nasional.
c.Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi diterbitkan oleh penerbit Kompas.
d.Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam cerpen K.H.A. Mustofa Bisri sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama.
e.Kumpulan cerpen K.H.A. Mustofa Bisri semuanya berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam.


38. Presentasi hasil penelitian yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah …
a.
Beberapa nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri adalah tentang akhlak kepada Tuhan (takwa, rida atas ketentuan Tuhan, dan berdoa hanya kepada Tuhan), akhlak terhadap sesama manusia (cara memberi nasihat dan menerimanya, lapang dada, ikhlas, dan saling menolong). Akhlak kepada diri sendiri di antaranya introspeksi diri, berbaik sangka, ikhtiar, dan selalu berbuat yang terbaik.
b.
Karya sastra dapat diartikan sebagai suatu tulisan atau karangan yang unsur estetiknya dominan dan dapat dijadikan sebagai alat pengajaran. Meskipun tidak memiliki definisi yang jelas, cerpen dapat diartikan sebagai bagian dari sastra tulis yang selesai dibaca dalam sekali duduk dan tidak menghabiskan waktu. Dari hubungan antara sastra dan cerpen di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa cerpen juga dapat digunakan sebagai media pendidikan akhlak.
c.
Cerpen dapat digunakan sebagai media pendidikan akhlak. Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema keagamaan. Beberapa nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari kumpulan cerpen tersebut adalah tentang akhlak kepada Tuhan, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak kepada diri sendiri. Nilai-nilai pendidikan di atas sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen. Semua cerpen tersebut sebelumnya telah diterbitkan oleh berbagai media massa, baik daerah maupun nasional. Namun untuk kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafisendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam.
e.
Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema keagamaan.
Ilustrasi tajuk rencana berikut untuk soal nomor 39 dan 40.
Banyak tayangan televisi mempertontonkan gaya hidup masyarakat kelas atas, baik dalam film maupun berita. Tayangan-tayangan tersebut dapat memengaruhi perubahan gaya hidup anak. Anak akan mencoba gaya hidup tersebut meskipun tidak sesuai dengan kemampuan keluarganya di dunia nyata. Akibatnya, anak akan memiliki obsesi tinggi terhadap isi tayangan-tayangan tersebut. Contohnya, anak akan malu menggunakan benda-benda tidak bermerek terkenal. Jika orang tua tidak dapat memenuhi obsesi tersebut, anak cenderung menunjukkan sikap membangkang.



39. Gagasan utama ilustrasi tajuk rencana tersebut adalah …
a.Anak memiliki obsesi tinggi terhadap berbagai tayangan.
b.Tayangan televisi mempertontonkan berbagai gaya hidup.
c.Anak malu menggunakan barang tidak bermerek terkenal.
d.Tayangan televisi memengaruhi gaya hidup anak.
e.Gaya hidup anak sering berubah-ubah.



40. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah …
a.Obsesi berlebihan pada anak dapat muncul akibat menonton tayangan televisi.
b.Tayangan film dan berita merupakan tontonan yang sangat disukai oleh anak.
c.Anak tidak segan-segan meminta sesuatu kepada orang tuanya.
d.Gaya hidup anak dipengaruhi oleh gaya hidup orang tua dan lingkungan sekitar.
e.Televisi memberikan pengaruh negatif terhadap kemampuan berbahasa anak.



Kutipan biografi berikut untuk soal nomor 41–42.
Muhammad Fudoli adalah tokoh muslim yang lebih dikenal sebagai cerpenis beraliran sufisme. Sebagian besar karyanya mendapat penghargaan dari berbagai instansi, antara lain penerbit majalah Horison. Selain itu, dia berani melemparkan kritik tajam dengan kemasan bahasa yang halus dan memikat sehingga kritik tajam itu tidak terasa lagi bagi pembaca. Dia dikenal sebagai penulis yang sangat teliti, sabar, dan halus dalam mengungkapkan permasalahan yang terkesan singkat, tetapi tiba-tiba pada akhir-akhir cerita mengejutkan pembaca karena menampilkan adegan tragis sehingga cerita tersebut mengesankan pembaca. Kekuatan cerita Fudoli terlihat dalam kesederhanaan tokoh yang mengajak pembaca untuk bertobat dan meningkatkan keyakinannya kepada Tuhan YME.



41. Sikap positif hidup Muhammad Fudoli yang sesuai dengan kutipan biografi tersebut adalah …
a.Muhammad Fudoli membuat karya besar bernapaskan Islam.
b.Hasil karya Muhammad Fudoli sering diterbitkan di majalah Horison.
c.Muhammad Fudoli berani menampilkan adegan tragis.
d.Muhammad Fudoli memiliki semangat pantang menyerah.
e.Dalam karyanya, Muhammad Fudoli mengajak pembaca untuk bertobat dan meningkatkan keyakinan kepada Tuhan YME.



42. Perilaku-perilaku yang dapat diteladani dari tokoh berdasarkan kutipan tersebut …
a.Cerpen Muhammad Fudoli mendapatkan penghargaan dari berbagai instansi.
b.Muhammad Fudoli berani melemparkan kritik tajam dengan kemasan bahasa yang halus dan memikat.
c.Muhammad Fudoli adalah penulis yang dikenal teliti, tetapi tidak sabar.
d.Muhammad Fudoli sering mengejutkan pembaca dengan menampilkan adegan tragis.
e.Muhammad Fudoli tidak malu melakukan pekerjaan apa pun.



Kutipan hikayat dan novel terjemahan berikut untuk soal nomor 43 dan 44.
Kutipan Hikayat
Hari menjelang sore. Gadis Cik Inam berdiri di pagar anjungan. Ia memandang ke kejauhan, menanti kepulangan Muda Cik Leman dan Anggung Selamat dari medan perang. Ia selalu berharap Muda Cik Leman dan Anggung Selamat duduk di atas kuda masing-masing diiringi hulubalang-hulubalang dan prajurit Muar pulang menuju istana. Mulutnya tiada henti-hentinya berdoa, mengharap mukjizat dari Yang Maha Kuasa, mengharap Muda Cik Leman dan Anggung Selamat pulang dengan semat. Gadis Cik Inam menjadi resah, suaminya belum juga pulang.
Kutipan Novel Terjemahan
Makan bersama di pondok setelah pemakaman itu sangat mengesankan. Namun menceritakan ini terasa memilukan. Tentu saja kami sangat berduka. Papa paling ditangisi dan Mama kasihan sekali. Sebagian besar pelayat menangis ketika Papa dibawa ke lokasi pemakaman dan dimakamkan dalam liang lahat yang baru digali.



43. Latar tempat yang tergambar dari kedua kutipan tersebut adalah …

Kutipan Hikayat
Kutipan Novel Terjemahan
a.pagar anjungan istanapondok dan lokasi pemakaman
b.istanarumah Papa
c.istana Anggung Selamatpemakaman
d.rumah Muda Cik Lemanrumah Papa
e.pagar anjungan istanarumah Papa



44. Nilai kehidupan yang tergambar dalam kedua kutipan adalah …
Kutipan Hikayat
Kutipan Novel Terjemahan
a.religikesopanan
b.budayasosial
c.moralekonomi
d.kesopananmoral
e.kesetiaanbudaya



45. Dialog drama dengan tema kesedihan seorang anak putus sekolah adalah …
a.
Ibu:Bantulah saja Ibu di pasar.
Putri:Tapi Putri ingin melanjutkan sekolah, Bu!
Ibu:Untuk makan saja kita kesusahan, Nak. Ibu harap kamu mengerti.
Putri:Baiklah, Bu. (Mengusap air mata)
b.
Ibu:Putri, kerjakan dulu tugas-tugasmu!
Putri:Sebentar lagi, Bu.
Ibu:Ini sudah larut malam. Nanti tidak selesai.
Putri:Iya, Bu.
c.
Putri:Kenapa aku tidak sekolah, Bu?
Ibu:Besok, Nak, kalo kita sudah punya cukup uang.
Putri:(Mendekat ke ibunya) Janji ya, Bu.
Ibu:(Menyeka air matanya) Iya, Nak.
d.
Putri:Terima kasih, Ibu. (Memeluk ibunya)
Ibu:Belajar yang rajin ya, Nak.
Putri:Putri janji, Bu. (Melihat seragam barunya)
Ibu:Ibu akan selalu mendoakanmu agar naik kelas.
e.
Ibu:Putri, nilaimu bagus sekali.
Putri:Ah, Ibu. (Merajuk)
Ibu:Sampai-sampai ditulis dengan tinta merah semua.
Putri:(Diam sambil menundukkan kepala)



46. Novel yang lebih mementingkan unsur khayalannya daripada fakta merupakan pengertian dari …
a.biografi ilmiah
b.novel biografi
c.biografi populer
d.biografi berat
e.cerpen biografi



47. Karya tulis ilmiah mempunyai sifat-sifat berikut, kecuali …
a.Karya ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b.Karya ilmiah disusun secara sistematis, dengan tata urutan yang jelas.
c.Karya ilmiah dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat diterima akal sehat.
d.Fakta yang digunakan dalam karya ilmiah harus dapat dipercaya.
e.Karya ilmiah dilengkapi dengan imajinasi agar lebih menggugah perasaan.



48. Berikut ini merupakan etika dalam berdiskusi, kecuali …
a.niat
b.situasi yang kondusif
c.mendominasi pembicaraan
d.mendengarkan dengan baik
e.kejelasan



49. Cermatilah penggalan drama berikut.
Hendra:“Terima kasih, Dik.”
Didik:
“Sebenarnya sudah lama aku ingin mengajakmu ke luar kota, tetapi mengingat ibumu sakit, ya kutunda sampai hari ini.”
Hendra:
“Ya, itulah Dik, maka aku belum mau melangkah ke luar kota. Tapi, sekarang ibuku sudah sehat dan sudah mulai bekerja lagi. Kalau begitu, kapan kita berangkat?”
Didik:“Bagaimana kalau minggu depan?”
Hendra:“Baiklah, aku akan minta izin kepada ibuku dulu.”
Penggalan drama tersebut menceritakan …
a.Ibu Hendra sakit dan Hendra harus menungguinya
b.Didik ingin mengajak Hendra ke luar kota
c.Hendra merasa kecewa karena ibunya sakit.
d.Didik menengok Hendra yang sedang sakit.
e.Hendra harus minta izin kepada ibunya.



50. Berikut ini tugas moderator adalah …
a.mengatur peserta diskusi
b.menampung kritik dan saran
c.mencatat kronologis kegiatan diskusi
d.memaparkan materi diskusi
e.membuka acara diskusi


soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013
  1. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 8 Kelas 12 Semester 2
  2. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 87 Kelas 12 Semester 2
  3. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 88 Kelas 12 Semester 2
  4. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 9 Kelas 12 Semester 2
  5. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 94
  6. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 97-102
  7. Kunci Jawaban Bahasa Indonesial Halaman 16 Kelas 12 Semester 2
  8. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 10 Kelas 12
  9. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 102
  10. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 103
  11. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 12 Kelas 12 Semester 2
  12. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 14-16
  13. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 21
  14. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 29
  15. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 29 Kelas 12 Semester 2
SOAL KELAS XI KURIKULUM 2013

SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
I. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!
1 Cerpen adalah salah satu karya sastra yang berbentuk …
A. bait
B. baris
C. dialog
D. prosa
E. nonfiksi
2 Salah satu hal yang membedakan cerpen dan puisi adalah …
A. Adanya alur
B. Adanya tema
C. Adanya amanat
D. Adanya imajinasi
E. Adanya gaya bahasa
3 Pernyataa di bawah ini yang menunjukkan perbedaan cerpen dan novel adalah ….
A. Novel tidak ada konflik sedangkan cerpen ada konflik
B. Novel tidak berbentuk prosa sedangkan cerpen berbentuk prosa
C. Novel bercerita tentang seorang tokoh sedang cerpen bercerita tentang pengalaman hidup
D. Cerpen bercerita tidak sampai menimbulkan perubahan nasib, sementara novel sebaliknya
E. Cerpen dan novel masing-masing mempunyai tema
4 Salah satu unsur Instrinsik cerpen adalah …
A. Klimaks
B. Latar/Setting
C. Sajak
D. Typografi
E. Suspens
5 Salah satu unsur Ekstrinsik cerpen adalah
A. Gaya penyampaian cerita
B. Penokohan
C. Latar Budaya Pengarang
D. Tanggapan pembaca
E. Tampilan ilustrasi cerpen
6 Yang bukan termasuk puisi lama adalah …
A. Karmina
B. Gurindam
C. Pantun
D. Myte
E. Syair
7 Sudan gaharu
cendana pula
sudah tahu
bertanya pula
Bait di atas adalah
A. pantun teka-teki
B. pantun berkait
C. syair
D. pantun kilat
E. peribahasa
8 Karya sastra lama yang berbentuk bait adalah …
A. Pantun
B. Fabel
C. Myte
D. Hikayat
E. Dongeng
9 Sajak pantun adalah …
A. aaaa
B. abcd-abcd
C. abab-bcbc
D. abc-abc
E. abab
“Hanya itu alasan Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko?” Bibir Anisa menyinggung sinis. “Oh, alangkah piciknya pikiran Mama! Lalu apa artinya kemuliaan hati Mama selama ini yang Anisa kagumi? Padahal dulu Mama tidak pernah mempermasalahkan status Handoko yang ternyata belum mempunyai pekerjaan tetap. Demikian kakakku yang selama ini mendukungku sekarang berbalik arah.
10 Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Anisa dan Handoko tidak jadi menikah.
B. Anisa dilarang menikah oleh Mama dan kakaknya.
C. Mama yang berpikiran picik terhadap Handoko.
D. Keinginan Mama agar Anisa hidup bahagia.
E. Kakak tidak mendukung pernikahan Anisa dengan Handoko.
11 Penyebab konflik pada kutipan cerpen di atas adalah …
A. Status Handoko yang sudah mempunyai istri.
B. Mama yang menginginkan menantu orang kaya.
C. Handoko yang belum mempunyai pekerjaan tetap.
D. Mama yang mempersalahkan masa lalu Handoko.
E. Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko.
Dua kegagalan yang lalu berakhir ketika aku diterima di jurusan bahasa Inggris. Kutekuni masa pendidikan tinggi dengan sepenuh hati. Kendala finansial mendorong ku untuk merambah dunia kerja disamping kuliah. Pucuk dicinta ulam tiba. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku, datang kepadaku.
“Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios yang dijual. Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu. Lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica.
Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami mulai berbisnis pakaian. Tidak kusangka, usaha itu menuai hasil yang gemilang.
12 Tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah …
A. Ica
B. Bunda
C. Nanda
D. Seorang Siswa
E. Seorang penjual kios
13 Kata sepenuh hati dalam cerpen di atas bermakna …
A. Semangat
B. Percaya diri
C. Sungguh-sungguh
D. Ikhlas
E. Tabah
14 Kata finansial dalam cerpen di atas bermakna…
A. Modal
B. Sarana
C. Ilmu
D. Biaya
E. Buku
15 Amanat yang tidak sesuai dengan penggalan cerpen di atas adalah …
A. Janganlah takut pada kegagalan
B. Tekunlah dalam setiap pekerjaan, niscaya menuai hasilnya
C. Uang bukanlah penentu keberhasilan seseorang
D. Bekerjasamalah dengan baik dan jujur dalam melakukan sebuah pekerjaan
E. Berdoa adalah penentu kesuksesan seseorang
16 Elok rupanya pohon belimbing
Tumbuh dekat pohon mangga
Elok rupanya berbini sumbing
Biar marah tertawa juga
Berdasarkan jenisnya, pantun di atas termasuk pantun …
A. Anak-anak
B. Jenaka
C. Orang tua
D. Teka-teki
E. Nasihat
17 Menyapa tamu duduk dibangku,
hujan deras membuat badan sakit.
Apakah kamu bisa membantuku,
mengerjakan tugas yang sangat sulit.
Menyapa tamu duduk dibangku,
itu sangat baik sekali.
Kamu tidak perlu malu-malu,
aku akan bantu dengan senang hati.
Pantun berbalas tersebut berisi ….
A. Seorang siswa yang bodoh dan meminta bantuan temannya untuk mengerjakan PR.
B. Dua orang siswa yang bekerja sama saat mengerjakan ulangan.
C. Seorang pemalu yang suka membantu temannya
D. Seorang siswa yang dengan senang hati memberikan contekan kepada temannya.
E. Seseorang yang dengan senang hati membantu temannya yang mengalami kesulitan.
18 Tema pantun berbalas tersebut adalah ….
A. Saling menghargai sesama teman
B. Memanfaatkan kepintaran
C. Menjaga kekompakan
D. Melimpahkan tugas kepada teman
E. Saling menolong sesama teman
19 Ke pasar membeli buah manggis,
membeli manggis dengan mertua
Ibu ingin mempunyai anak gadis,
agar dapat membantu orang tua
Maksud dari pantun tersebut adalah ….
A. Seorang ibu ingin membeli manggis bersama mertuanya.
B. Ibu ingin sekali membeli manggis dengan anak gadisnya.
C. Ibu yang ingin memiliki anak gadis agar dapat membantu pekerjaannya.
D. Seorang ibu yang ingin dibelikan manggis oleh anak gadisnya.
E. Seorang gadis kelak akan menjadi seorang ibu
20 Ketika tubuhnya digerogoti penyakit dengan enteng orang miskin itu melenggang ke rumah sakit. Ia menyerahkan Kartu Tanda Miskim pada suster jaga. Karena banyak bangsal kosong, suster itu menyuruhnya menunggu di lorong.”begitulah enaknya jadi orang miskin,” batinnya,”dapat fasilitas gratis tidur di lantai.” Dan orang miskin itu dibiarkan menunggu berhari-hari.
Permasalahan pada kutipan cerpen di atas adalah …
A. Tubuhnya digerogoti penyakit
B. Buruknya pelayanan rumah sakit
C. Susahnya menjadi orang miskin
D. Banyak bangsal yang kosong
E. Tidak mendapat fasilitas gratis
21 Penggalan cerpen berikut untuk tiga butir soal di bawah ini!
Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda. “Kenang-kenangan” oleh Abdul Gani A.K.
Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah …
A. orang pertama pelaku utama
B. orang ketiga pelaku sampingan
C. orang ketiga pelaku utama
D. orang pertama dan ketiga
E. orang ketiga serbatahu
22 Watak tokoh “aku” dalam penggalan cerita tersebut adalah …
A. percaya diri
B. mudah menyesuaikan diri
C. sombong
D. rajin berusaha
E. mudah dipengaruhi
23 Amanat dalam penggalan cerpen tersebut adalah …
A. Jangan cepat menyerah pada keadaan bagaimanapun juga.
B. Jangan membuang waktu selagi masih ada waktu.
C. Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan.
D. Jangan lupa diri bila menguasai bahasa orang.
E. Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain.
24 1. Kompilkasi 4. Evaluasi
2. Orientasi 5. Koda
3. Abstrak 6. Resolusi
Urut-urutan struktur teks cerpen yang benar adalah…
A. 1,2,3,4,5,6
B. 2,6,5,4,3,1
C. 3,2,1,4,6,5
D. 4,5,6,3,2,1
E. 5,6,1,3,4,2
25 Bila ada yang bertanya , siapa makhluk paling kikir di kampung itu, tidak akan ada yang menyanggah bahwa perempuan ringkih yang punggungnya telah melengkung serupa sabut kelapa itulah jawabannya. Semula ia hanya dipanggil Banun. Namun, lantaran sifat kikirnya dari tahun ke tahun semakin mengakar; pada sebuah pergunjingan yang penuh kedengkian, seseorang menambahkan kata kikir di belakang nama ringkas itu, hingga ia ternobat sebagai Banun Kikir. Konon, hingga riwayat ini disiarkan, belum ada yang sanggup menumbangkan rekor kekikiran Banun. (buku paket hal 58)
Bagian struktur teks cerpen di atas adalah …
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Koda
D. Abstraks
E. Evaluasi
26 Pernyataan yang sesuai dengan teks cerpen di atas adalah …
A. Banun menobatkan diri sebagai orang kikir
B. Predikat Banun Kikir didasari kedengkian
C. Banun tidak pernah tahu rekor kikir itu
D. Banun tidaklah kikir tetapi hemat
E. Tidak ada yang pernah bertanya tentang Banun
27 Berdasar penggalan teks cerpen di atas, Banun adalah …
A. Gadis muda belia
B. Nenek tua
C. Lelaki Muda
D. Kakek tua
E. Remaja
28 Jika gelap orang berteman
Bukalah tingkap lebar lebar
Jikalau lenyap tukang pantun
sunyi senyap bandar yang besar
Pencitraan dalam pantun, imaji visual (melihat) terletak pada…
A. Isi
B. sampiran
C. baris 1
D. baris 3
E. bait
29 Imaji takti (merasakan) pada pantun di atas adalah …
A. Melihat orang datang
B. Melihat ke luar jendela
C. Merasakan sunyi senyap
D. Mendengar orang berpantun
E. Mendendangkan pantun
30 Pilihlah pernyataan di bawah ini yang kurang tepat
A. Diksi adalah pilihan kata
B. Rima adalah persamaan bunyi
C. Persajakan syair dan pantun adalah sama
D. Karmina adalah pantun kilat
E. Raja Ali Haji adalah tokoh Gurindam Dua Belas
31 (1) Khalil Gibran dilahirkan dalam lingkungan sebuah keluarga miskin pada 6 Desember 1883 di Bisharri, sebuah kota kecil di Libanon Utara yang terletak di kaki gunung yang dianggap suci, Pegunungan Cedar (Jabal al-arr). (2) Keluarga Gibran adalah penganut agama kristen Maronit, suatu mazhab yang bernaung dalam lingkungan gereja katolik Roma. (3) Ayahnya seorang yang gagah dan tegar, tetapi pencandu arak dan judi sehingga membuat keluarganya hidup dalam kesempitan. (4) Ibunya, Kamila Rahmi, anak seorang pendeta gereja Maronit, Istifan Rahmi. (5) Dari suaminya terdahulu, Ibu Gibran memperoleh satu anak, yaitu Boutros, sementara dari ayah Gibran ia memperoleh tiga anak, yaitu Gibran, Mariana, dan Sultana.
Penggalan Biografi di atas termasuk bagian …
A. Orientasi
B. Urutan peristiwa kehidupan tokoh
C. Reorientasi
D. Komplikasi
E. Pandangan penulis
32 Berdasarkan teks di atas, Biodata Gibran yang tidak tercantum adalah…
A. Nama
B. Tempat lahir
C. Pendidikan
D. Tanggal lahir
E. Identitas Orang tua
33 Nama saudara tiri Gibran adalah …
A. Boutros
B. Mariana
C. Sultana
D. Istifan
E. Kamila Rahmi
34 Kalimat yang terdapat pronomina (kata ganti) adalah kalimat …
A. 1,2
B. 1,3,4
C. 3,4,5
D. 4,5
E. 2,3,4
35 Khalil Gibran adalah salah satu tokoh dunia dalam bidang …
A. Politik
B. Teknologi
C. Sastra
D. Olah raga
E. Kesehatan
36 Selama enam bulan Lie di Semarang kemudian ke RS Rajawali, Bandung. Tahun 1988, Lie berkarir di RS Husada, Jakarta hingga saat ini. Kegiatan sosial pertama Lie sebagai seorang dokter bedah di Indonesia dilakukan saat mengoperasi secara cuma-cuma seorang pembantu rumah tangga tahun 1988. Selanjutnya, Lie juga terus mengupayakan bedah jantung terbuka (bedah di mana jantung dihentikan dari pekerjaannya untuk dibuka untuk diperbaiki). Bedah semacam ini melawan arus karena butuh peralatan yang lebih canggih dan mahal, namun harus dilakukan dalam operasi skala besar. Tahun 1992, Lie akhirnya sukses melangsungkan bedah jantung terbuka untuk pertama kalinya di rumah sakit swasta di Jakarta. http://kolom-biografi.blogspot.com/2014/09/biografi-dr-lie-darmawan-dokter-gila.html
Keteladanan yang dapat kita ambil dari penggalan teks biografi di atas adalah …
A. Tidak boleh gegabah dalam menangani orang sakit
B. Berani menanggung resiko
C. Berhati-hati dalam bekerja
D. Jagalah kesehatan
E. Peduli pada sesama
37 Verba yang ada pada teks di atas adalah …
A. kegiatan
B. terbuka
C. peralatan
D. mengoperasi
E. pekerjaan
38 Berdasarkan data sejarah, R.A. Kartini ikut dengan suaminya ke Rembang setelah menikah. ………………, api cita-citanya tidak padam. Beruntung Kartini memiliki suami yang mendukung cita-citanya. Berkat kegigihan serta dukungan sang suami, Kartini mendirikan Sekolah Wanita di berbagai daerah. Seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan sebagainya. Sekolah Wanita itu dikenal dengan nama Sekolah Kartini.http://www.dbiografi.com/2013/12/biografi-ra-kartini-pelopor-emansipasi-wanita-indonesia.
Konjungsi yang tepat untuk bagian yang rumpang di atas adalah …
A. Walaupun begitu
B. Selanjutnya
C. Selain itu
D. Meskipun itu
E. Oleh karena itu
39 Kartini pernah merasakan bangku sekolah hingga tamat pendidikan dasar. Karakternya yang haus akan ilmu pengetahuan membuatnya ingin terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. ………………., ayahnya tidak memberikan izin Kartini melanjutkan sekolah
Konjungsi yang tepat untuk bagian yang rumpang di atas adalah …
A. Karena
B. Sayangnya
C. Kalau
D. Dan
E. Bahkan
40 Bedah semacam ini melawan arus karena butuh peralatan yang lebih canggih dan mahal, namun harus dilakukan dalam operasi skala besar
Kalimat di atas adalah kalimap kompleks (majemuk). Salah satu cirri kalimat majemuk berdasar kalimat di atas adalah …
A. Kalimatnya panjang
B. Bermacam-macam jenis katanya
C. Ada pronominanya
D. Ada verbanya
E. Predikatnya lebih dari satu
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1 Dilihat dari segi struktur, pantun dibangun atas unsur bait, larik (baris), rima, sampiran dan isi. Jelaskan ke 5 hal tersebut!
2 Buatlah 2 buah pantun dengan menggunakan istilah matematika!
3 Sebutkan persamaan cerpen dan pantun, minimal 3 persamaan!
4 Sebutkan 5 tokoh dunia dan sebutkan bidang keahliannya!
5 Sebutkan salah satu tokoh dalam cerpen yang pernah Anda baca, dan tentukan karakternya!

UKK SMA/K Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 TA 2014/2015

  1. Berikut yang bukanmerupakan kegiatan promosi dan tidak memerlukan negosiasi adalah…
    1. Advertensi
    2. Personal selling
    3. Sampling
    4. Promosi penjualan
    5. publisitas
  2. Berikut yang tidak termasuk contoh ungkapan memulai cakapan dalam situasi formal adalah…
    1. Assalamu’alaikum
    2. Salam sejahtera bagi kita semua
    3. Selamat siang, semuanya
    4. Selamat malam, pemirsa dimana saja berada
    5. Sampai nanti malam di acara yang sama
  3. Ucapan penutup acara dalam situasi formal adalah…
    1. Udah dulu ya, daa…
    2. Demikianlah sambutan bapak kepala  sekolah….
    3. Oke, pemirsa sekian dulu….
    4. Akhirnya kita tutup acara ini dengan doa…
    5. Demikianlah acara hari ini…..
  4. Berikut adalah ucapan penutup percakapan lewar telepon dalam situasi non formal, kecuali….
    1. Sayonara…..see  you, good bye….!
    2. Dah dulu, yaa….daa….
    3. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan
    4. Udah dulu, ya, assalamu’alaikum …
    5. Daa….bye…bye…
  5. Ungkapan yang tepat  untuk memberikan mintra bicara kesempatan mengajukan pendapat ialah…
    1. Ada yang ingin ditanyakan?
    2. saya setuju dengan pendapat anda
    3. saya sependapat dengan usulan saudara
    4. Ada pertanyaan lainnya?
    5. bagaimana pandangan anda tentang hal ini?
  6. Membuka dan menutup diskusi adalah tugas ….
    1. Pemasaran
    2. Tamu
    3. Penyaji
    4. Peserta
    5. Moderator
  7. Berikut yang tidak tercatat pada notula rapat / diskusi adalah…
    1. Tempat diskusi
    2. Daftar nama peserta diskusi
    3. Tema diskusi
    4. Kesimpulan
    5. Acara diskusi
  8. Brikut adalah kata-kata yang dapat digunakan untuk menyanggah pendapat yang baik, kecuali…
    1. Kurang sependapat
    2. Sama sekali tidak tepat
    3. Kurang setuju
    4. Belum bisa diterima
    5. Perlu ditinjau kembali
  9. Beriku merupakan hal yang dapat ditanyakan pada saat negosiasi, yaitu….
    1. Penilaian seseorang
    2. Persoalan sanak keluarga
    3. Tentang kecemasan hidup
    4. Tentang pengalaman
    5. Tentang kesepakatan kerja
10. “Saya berterima kasih karena anda mau membantu kelancaran tugas-tugas ini”. Kalimat tersebut biasa digunakan dalam negosiasi, khususnya taktik….
  1. Mengagetkan
  2. Menunda
  3. Mengulang
  4. Membiarkan
  5. Berterimakasih

11. Proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak yang lain disebut…
  1. Tanya jawab
  2. Bercakap-cakap
  3. Diskusi
  4. Debat
  5. Negosiasi
12. Untuk mengambil langkah yang tepat dalam mencari kesepakatan, diperlukan taktik…
  1. Kompromi
  2. Consensus
  3. Menguraikan
  4. Ya…tetapi
  5. Sugesti
13. Pernyataan yang tidak tepat dalam menyampaikan pendapat dalam negosiasi adalah…
  1. Menyampaikan pendapat yang dapat meyakinkan mitra bicara
  2. Menyampaikan pendapat dengan kalimat menarik
  3. Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang santun
  4. Menyampaikan pendapat dengan ucapan-ucapan licik
  5. Menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang benar
14. Penyampaian negosiasi harus memenuhi criteria berikut, kecuali…
  1. Logis
  2. Sistematis
  3. Mendalam
  4. Lugas
  5. Subyektif
15. Laporan yang dapat dimulai dari deskripsi data, analisis data, kemudian kesimpulan menggunkan pola…
  1. Urutan klimaks
  2. Urutan anti klimaks
  3. Urutan umum-khusus
  4. Urutan khusus-umum
  5. Urutan penyelesaian masalah
16. Berikut termasuk hal yang perlu diperhatikan dalam penyajian laporan lisan adalah…
  1. Gerakan bibir
  2. Atikulator
  3. Sikap
  4. kata-kata
  5. Penggunaan EYD
17. Jenis tuturan juga dapat disampaikan dalam bentuk berikut…
  1. Narasi
  2. Deskripsi
  3. Eksposisi
  4. Persuasi
  5. Argumentasi
18. Lapran deskripsi terdapat pada laporan….
  1. Perjalanan
  2. Pengamatan
  3. Audit
  4. kegiatan
  5. proses
19. perbedaan laporan bentuk tulisan dan lisam adalah sebagai berikut, kecuali….
  1. Tulisan lengkap dan lisan pokoknya saja
  2. Tulisan struktur dan lisan sederhana
  3. Tulisan dapat berbentuk surat dan lisan reportase
  4. Tulisan menunjukan fakta non ferbal dan lisan verbal
  5. Tulisan memuat rincian dan lisan berupa rangkuman
20. Berikut yang tergolong laporan berupa fakta ialah…
  1. Di Aceh telah terjadi bencana alam tsunami
  2. Kapan Bapak keluar negeri
  3. Tahun 2009, akan dilaksanakan pemilihan umum
  4. Kita diharapkan berperan aktif memberantas penyebaran virus flu burung
  5. dalam menghadapi ujian nasional , siswa di ajak mengikuti acara istigosah
21. berikut adalah hal-hal yang disampaikan pada laporan tentang banjir,kecuali…
  1. lokasi
  2. pelaku
  3. korban
  4. gambaran suasana
  5. proses evakuasi korban
22. keterangan yang berisi penggambaran atau suatu subyek disebut…
  1. narasi
  2. deskripsi
  3. argumentasi
  4. persuasi
  5. eksposisi
23. karangan yang sisinya menjelaskan dengan tujuan member tambahan, informasi atau pengetahuan bagi pembacanya disebut…
  1. narasi
  2. deskripsi
  3. argumentasi
  4. eksposisi
  5. persuasi
24. berikut judul karangan persuatif yang sesuai adalah…
  1. dari Ave Maria ke Jalan Latin ke Roma
  2. dian tak kunjung padam
  3. layar terkembang
  4. langkah-langkah membina hubungan bisinis
  5. lemak yang berlebihan mengakibatkan jantung koroner
25. berikut adalah kerangka karangan untuk sebuah karangan eksposisi, bertema “peningkatan mutu lulusan SMK”. Kecuali…
  1. perkembangan dunia usaha sejalan dengan arus globalisasi
  2. kompetensi lulusan SMK pada sat ini
  3. kompetensi yang dituntut oleh dunia usaha
  4. langkah-langkah dalam peningkatan mutu lulusan SMK
  5. kendala yang muncul dalam peningkatan mutu lulusan SMK
26. lukisan kartini yang tidak mirip foto dirinya yang berdiri dipojok pringgitan. Kusam dan berdebu, puluhan kelelawar bertebaran, di bawah atap yang tinggi di bagian dalam. suaranya bercericit membelah siang. (ironi warisan Kartini)
paragraph di atas tegolong wacana….
  1. Narasi
  2. Deskripsi
  3. Argumentasi
  4. Eksposisi
  5. Persuasi
27. Ringkasan dibuat dengan tujuan …
  1. Untuk memahami dan mengetahui isi sebuah karangan/buku
  2. Untuk mendapat informasi sederhana
  3. Untuk menyampaikan sebagian informasi
  4. Untuk memahami secara keseluruhan isi sebuah karangan
  5. Untuk menyampaikan pokok persoalan
28. Berikut yang bukan merupakan langkah-lanhgkah membuat ringkasan adalah….
  1. Membaca naskah asli
  2. Mencatat gagasan utama
  3. Membuat reproduksi
  4. Membuang berbagai keterangan tambahan
  5. Menggunakan kalimat tunggal
29. Jika kita membuat sebuah ringkasan, sebaiknya dimulai dari…
  1. Dari hal-hal yang kecil
  2. Dari hal-hal yang mudah
  3. Dari hal-hal yang sederhana
  4. Dari hal-hal yang rumit
  5. Dari hal-hal yang kompleks
30. Berkembangnya bisnis property menandakan…
  1. Orang Indonesia banyak yang tidak punya rumah
  2. Orang Indonesia banyak yang membeli rumah
  3. Orang Indonesia banyak yang hutang
  4. Orang Indonesia memperhatikan perumahan
  5. Orang indonesisa harus punya rumah
31. Tahun 2004, sejalan dengan makin membaiknya perekonomian nasional, Bank permata memprediksi mengucurkan kredit sebesar Rp 500 Milyar.
Kata memprediksi pada pernuyataan tersebut bermakna….
  1. Memperhitungkan
  2. Merencanakan
  3. Memperkirakan
  4. Mempercayai
  5. Menghendaki
32. Berikut peernyataan yang berkaitan dengan ringkasan, kecuali…
  1. Ringkasan berasal dari kata précis yang artinya memotong
  2. Ringkasan berisi hal-hal pokok dari karangan panjang
  3. Ringkasan berbeda dengan ikstisar
  4. Ringkasan tidak perlu mengikuti urutan isi sumber aslinya
  5. Ringkasan merupakan suatu penyajian singkat dan suatu karangan aslinya
33. Hal yang perlu dilakukan pembuat ringkasan ialah membaca naskah asli secara keseluruhan, maksud pernyataan tersebut adalah sebagai berikut,kecuali….
  1. Mendapatkan kesan umum
  2. Menangkap maksud pengarang
  3. Memahami sudut pandang
  4. Menghafal beberapa kalimatnya
  5. Menangkap gagasan pokoknya
34. Penulis ringkasan, setelah mencatat gagasan pokok, akan melakukan reproduksi, maksudnya….
  1. Menulis kembali naskah drama
  2. Menyusun kembali karangan singkat berdasarkan gagasan yang diperoleh
  3. Menyusun karangan dari kerangka yang dibuat
  4. Mencatat ide-ide pokok naskah asli
  5.  Membuat kerangka karangan
35. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan dalam membuat ringkasan, kecuali…
  1. Kalimat diringkas dalam frase
  2. Frase diringkas menjadi kata
  3. Gagasan panjang menjadi gagasan sentral saja
  4. Bila perlu, kata ketrangan atau kata sifat dibuang
  5. Mengubah kata menjadi imbuhan
36. Seandainya dalam sebuah diskusi, alokasi waktu dan biaya sangat terbatas, moderator dapat diganti oleh….
  1. Notulis
  2. Pengamat
  3. Peserta
  4. Penanya
  5. Penyaji
37. Berikut yang bukan termasuk unsur-unsur diskusi adalah…
  1. Ketua diskusi
  2. Sekretaris/notulis
  3. Jurnalis
  4. Anggota/peserta
  5. Pembicara/penelis
38. Berikut yang merupakan cirri gagasan yang kreatif, kecuali…
  1. Memiliki kualitas
  2. Merupakan hal yang baru
  3. Masuk akal
  4. Dapat menginspirasikan gagasan yang lain
  5. Berbobot
39. Ucapan pembuka pada situasi formal, yaitu…
  1. Baiklah, acara selanjutnya adalah…
  2. Para hadirin kami mohon agar berdiri…
  3. Halo. Semuanya, apa kabar, nih?
  4. Para hadirin yang kami muliakan, selamat malam….
  5. Selamat menempuh hidup baru!
40. Berikut yang bukan merupakan ucapan atau salam perpisahan adalah….
  1. Selamat tinggal, sampai berjumpa lagi.
  2. Selamat jalan, good luck
  3. Sampai jumpa lagi
  4. Salam kompak selalu
  5. Sampai bertemu lagi, semoga sukses.

B.  ESSAY…
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Negosiasi menurut Anda !
  2. Apakah yang dimaksud dengan diskusi menurut Anda?
  3. Apa yang dimaksud dengan laporan menurut Anda?
  4. Jelaskan pengertian wacana argumentasi menurut Anda!
  5. Jelaskan pengertian ringkasan menurut Anda !

soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013

PREDIKSI UAS BAHASA INDONESIA SMA TAHUN 2015

UJIAN SEKOLAH SMA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA 
Program Studi : IPA/IPS
Hari/Tanggal :
Pukul : 08.00–10.00

PETUNJUK UMUM
1.  Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN.
2.  Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN.
3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya, pastikan setiap lembar soal memiliki nomor paket yang sama dengan nomor paket yang tertera pada cover.
4.  Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
5.  Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
6.  Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
7.  Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian, bila diperlukan.
8.  Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung  lainnya.
9. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

Cermatilah paragraf berikut!
1)                  Peran seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralism. 2) Melalui latihan teater, orang diajarkan untuk mengenal karakter orang lain dan memahami orang lain dari tokoh-tokoh yang yang ditampilkan. 3) Hal ini juga disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. 4) Pemahaman terhadap orang lain ini terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang social seseorang. 5) Karakter seseorang juga dapat terbentuk dari latar budaya seseorang.
1.             Ide pokok paragraph tersebut adalah . . .
A.       Manfaat peran seni teater.
B.          Pengajaran dalam teater.
C.          Pengenalan karakter orang.
D.         Runtuhnya karakter bangsa.
E.          Terbentuknya karakter seseorang.
Paragraf berikut untuk soal nomor 2 dan 3!
(1) Salah satu faktor penghambat perkembangan jumlah pemakai internet di komunitas sekolah dan kampus adalah infrastruktur (perangkat dan jaringan) dan tariff yang dirasakan masih cukup tinggi. (2) Dana untuk pengadaan infrastruktur dan berlangganan terkadang tidak dapat ditanggulangi sekolah termasuk orang tua murid sehingga perlu ada insentif khusus dari Telkom. (3) Program insentif khusus akses komunitas sekolah diberi nama TelkomNet sekolah. (4) Internet sebagai media penyebaran informasi global dirasakan manfaatnya sejak pertengahan dasawarsa 90-an. (5) Ragam yang sejalan dengan program sosialisasi penggunaan internet ini memberikan diskon sebesar 40 persen dari pemakaian normal akses TelkomNet Instant.
2. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)



3. Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)


 Cermatilah paragraf berikut ini!

Anak-anak Bandung boleh bangga. Di kotanya berdiri objek wisata baru yang diresmikan dua tahun lalu. Namanya “Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda”. Taman yang bukan sembarang taman ini berdiri indah di perbukitan Bandung Utara. Tepatnya diperbukitan Dago Utara. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, membuat taman ini banyak dikunjungi orang. Apalagi kalau hari libur. Yo! Kita ke sana yooo!
4.  Fakta yang terdapat dalam paragraf di atas adalah . . . .
A. Taman Hutan Raya Ir. Djuanda terletak di Bandung Utara.
B. Kebanggaan anak Bandung dengan adanya objek wisata.
C. Taman ini banyak dikunjungi wisatawan.
D. Salah satu fungsi taman ini adalah untuk berkemah.
E. Tumbuhnya rasa bangga bagi pengunjung yang datang ke sana.

 Cermatilah paragraf berikut ini!
(1) Setiap makhluk hidup memerlukan energi. (2) Energi ada bermacam-macam (3) minyak bumi yang digunakan terus menerus akan terancam habis (4) hendaknya dilakukan penghematan energi (5)energi listrik digunakan untuk penerangan dan pemakaian alat-alat elektronik

5. Opini yang terdapat dalam paragaf di atas yaitu ….

A.    nomor 1
B.     nomor 2
C.     nomor 3
D.    nomor 4
E.     nomor 5


Teks berikut untuk soal nomor 6 dan 7

            Komodo berangsur menjadi terkenal sejak ditemukan peneliti asing pada tahun 1910. Seiring dengan popularitasnya yang mendunia, semakin banyak orang yang menyambangi keempat pulau itu, terutama Pulau Komodo dan Pulau Rinca, dua pulau dengan populasi komodo terbanyak. Tidak hanya wisatawan , banyak juga yang datang untuk meneliti keunikan binatang purba yang masih bertahan sampai sekarang itu.

6. Kalimat Tanya yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah . . .
A.    Mengapa komodo menjadi terkenal di dunia internasional?
B.     Bagaimana cara melestarikan dan mengembangkan populasi komodo?
C.     Kapan komodo berangsur menjadi terkenal?
D.    Di mana para peneliti komodo memusatkan penelitiannya?
E.     Siapa yang berinisiatif untuk meneliti populasi komodo?

7. Arti kata populasi pada teks tersebut adalah . . .
A.    terkenal
B.     lingkungan
C.     kelas
D.    sekelompok
E.     jenis

Cermati paragraf berikut!
Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan atau hanya dinikmati keindahannya. Keanekaragaman hayati tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman seperti kunyit, jahe dan jeruk limau dapat kita temui sehari-hari. Ketiga tanaman tersebut biasanya kita tanam di pekarangan rumah. Ketiga tanaman tersebut dapat digunakan untuk mengobati penyakit ringan, seperti batuk, masuk angin, dan panas dalam. Tanaman obat tersebut dapat dijadikan alternatif  berobat yang lebih aman dan alami.

8. Tujuan artikel tersebut untuk pembaca adalah . . .
A.    Member pengetahuan baru  bahwa tanaman di Indonesia ternyata dapat digunakan sebagai obat penyakit.
B.     Memberitahukan bahwa kunyit, jahe, dan jeruk limau termasuk tanaman obat yang dapat menyembuhkan penyakit ringan.
C.     Memperoleh cara mengatasi penyakit yang diderita oleh seseorang dengan memberikan obat-obatan tradisional.
D.    Membedakan khasiat obat yang dibeli dengan khasiat obat yang diperoleh dari tanaman, seperti kunyit, jahe, dan jeruk limau.
E.     Membendingkan dampak-dampak positif obat dari tanaman bagi pengguna obat tradisional tersebut.

Cermatilah paragraph berikut!
            Taufik Ismail dilahirkan di Bukit Tinggi pada tanggal 25 Juni 1935. Taufik dibesarkan di Pekalongan. Taufik  tumbuh  dalam  keluarga guru dan wartawan yang suka membaca. Ia bercita-cita menjadi sastrawan sejak SMA. Dengan pilihannya sendiri, ia menjadi dokterhewan dan ahli peternakan . Ia ingin memiliki bisnis peternakan guna menafkahi cita-cita kesastraannya. Ia tamat FKHP-UI Bogor pada tahun 1963. Akan tetapi, ia gagal memiliki usaha ternak yang dahulu ia rencanakan di sebuah pulau di selat Malaka.
            Semasa kuliah Taufik Ismail aktif sebagai ketua senat Mahasiswa FKHP-UI (1960-1961) dan Waka Dewan Mahasiswa UI (1961-1962). Di Bogor ia pernah menjadi guru di SKP Pamekar dan SMA Regina Pacis. Ia juga mengajar di Institut Pertanian Bogor. Karena menanda tangani Manifesto Kebudayaan dan gagal melanjutkan studi manajemen peternakan di Florida (1964), ia diberhentikan sebgai dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB)
            Taufik Ismail aktif menulis di berbagai media, menjadi wartawan, dan salah seorang pendiri Horison (1966). Selain itu, ia ikut mendirikan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan menjadi pimpinannya, Pj. Direktur TIM. Rektor LPKJ, dan Manager Hubungan Luar Unilever. Taufik Ismail merupakan penerima beasiswa AFS International Scholarship sejak 1958 dan aktif di AFS Indonesia. Di AFS Taufik Ismail menjabat sebagai ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Antarbudaya. AFS merupakan penyelenggara pertukaran pelajar antarbangsa yang selama 41 tahun (sejak 1957) telah mengirim 1.700 siswa ke 15 negara.

9. Hal yang dapat diteladani dari tokoh Taufik Ismail berdasarkan kutipan tersebut adalah . . .
A.    Taufik Ismail tumbuh dalam keluarga guru dan wartawan yang suka membaca.
B.     Taufik Ismail bercita-cita menjadi sastrawan, tetapi kuliah dipeternakan atau dokter hewan.
C.     Taufik Ismail aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, kebudayaan, penulisan, dan pendidikan.
D.    Taufik Ismail menjadi anggota Dewan Pembina Yayasan Bina Antarbudaya selama 41 tahun.
E.     Taufik Ismail terpilih sebagai anggota Board of Trustees AFFIS di New York dari tahun 1974-1976.

Cermati tajuk berikut untuk menjawab soal no. 10 dan 11!

            DPR dan Pemerintah akan mendapat pujian dari rakyat seandainya revisi RUU KPK bertujuan memperkuat kewenangan KPK. Apalagi revisi RUU KPK tersebut diharapkan melahirkan UU yang dapat memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh, seperti kemiskinan dan hukuman mati bagi koruptor, bukannya member peluang kepada mereka untuk bebas menikmati hasil jarahan.
            Jangan biarkan rakyat terus-menerus menjadi pelengkap penderita, hanya dibuai janji pejabat. Sekarang program-program Pemerintah harus menyejahterakan rakyat. Jangan sampai program-program tersebut diselengkan para koruptor, baik yang ada di eksekutif, legislative, maupun yudikatif. Jangan biarkan hukum hanya tajam kepada rakyat, tetapi tumpul kepada penguasa dan pengusaha.

            Sepantasnya rencana DPR merevisi RUU KPK dibatalkan jika bukan untuk menguatkan KPK. Penghentian rencana itu harus tuntas agar tidak melanggar aturan main. Hal tersebut dikarenakan revisi RUU KPK sudah merupakan Progran Legislatif Nasional (Prolegnas). Jadi, penghentiannya harus dilakukan melalui rapat paripurna DPR. Dalam rapat tersebut seluruh fraksi mengemukakan pendapat mereka. Pemerintah selayaknya segera membuat kesepakatan dengan DPR guna mencabut RUU KPK itu. Jangan biarkan urusan revisi RUU KPK berlarut tanpa ujung.

10. Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah . . .
A.    DPR dan Pemerintah akan merevisi RUU KPK yang dapat memperkuat kedudukan KPK.
B.     RUU KPK memperlihatkan keseriusan Pemerintah memberantas korupsi secara sungguh-sungguh.
C.     Revisi RUU KPK merupakan program tahuna dari pemerintah dalam Program Legislasi Nasional.
D.    Revisi RUU KPK harus menguatkan KPK dan rakyat kecil yang selalu menjadi korban dari pejabat
E.     Rakyat miskin selalu terkena sangsi dari perilaku yang melanggar hokum, sedangkan pejabat tideak

11. Opini penulis tajuk rencana ditujukan kepada . . .
A.    Pemerintah Indonesia
B.     Dewan Perwakilan Rakyat
C.     Rakyat yeng melanggar okum
D.    Komisi Pemberantasan Korupsi
E.      DPR dan Pemerintah



12. Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ....
A. Jumlah balita penderita gizi buruk di Provinsi DIY sejak tahun 2003 hingga tahun 2006 meningkat.
B. Jumlah balita penderita gizi buruk di Provinsi DIY sejak tahun 2004 hingga tahun 2006 menurun.
C. Jumlah balita penderita gizi buruk di Kota Yogyakarta dari tahun 2003 hingga tahun 2006 meningkat.
D. Jumlah balita penderita gizi buruk di Kota Yogyakarta dari tahun 2003 hingga tahun 2006 menurun.
E. Jumlah balita penderita gizi buruk di Kota Yogyakarta sejak tahun 2003 hingga tahun 2004 menurun.

13. Simpulan grafik tersebut adalah ....
A. Balita kekurangan gizi di Daerah Istimewa Yogyakarta berkurang.
B. Balita gizi buruk di Daerah Istimewa Yogyakarta meningkat.
C. Balita gizi buruk di kota Yogyakarta meningkat dari tahun 2004-2006.
D. Jumlah balita gizi buruk di Yogyakarta lebih besar dibandingkan yang di DIY 2003-2006.
E. Balita gizi buruk di kota dan DIY seimbang.

Bacalah penggalan hikayat berikut!
Syahdan, maka adalah raja di dalam negeri itu telah kembali ke rahmatullah. Maka ia pun tiada beranak seorang jua pun. Maka segala menteri dan hulubalangnya dan orang-orang besar dan
orang-orang membicarakan, siapa juga yang patut dijadikan raja menggantikan raja yang telah kembali ke rahmatullah itu. Maka di dalam antara menteri yang banyak itu ada seorang menteri
yang tua daripada tuan hamba sekalian itu. Maka ia pun berkata, katanya: “Adapun hamba ini tua daripada tuan hamba sekalian itu. Jikalau ada gerangan bicara, mengapa segala saudaraku ini
tiada hendak berkata?”

14. Amanat cerita dalam kutipan tersebut adalah ...
A. Setiap manusia pasti akan meninggal dunia, sekalipun seorang raja.
B. Sebaiknya seorang raja memiliki keturunan agar ada yang meneruskan kekuasaannya.
C. Segala sesuatu harus diputuskan secara musyawarah mufakat.
D. Dalam sebuah musyawarah hendaknya meminta pendapat semua anggota yang hadir.
E. Orang yang muda diberi kesempatan menyampaikan gagasannya.

Bacalah kutipan berikut dengan saksama!
(1) Sepeninggal kedua orang tuanya anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah riak air. (2) Benar saja seperti yang dikatakan oleh orang tuanya. (3) Pada suatu hari yang panas, hujan turun rintik-rintik dan ada pelangi. (4) Terlihat air di sungai berubah menjadi putih seperti air susu. (5) Itulah tanda bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam perkelahian maut dengan naga putih. (6) Namun, anak itu tak dapat hidup sendiri tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena itu ia tetap duduk termenung sampai akhir hayatnya.
(Legenda Lok si Naga: Cerita Rakyat dari Kalimantan, oleh James Danandjaja)

15. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah ....
A. Seorang anak yang merasa bahagia atas kemenangan kedua orang tuanya.
B. Seorang anak yang sering duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah air sungai.
C. Seorang anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
D. Seorang anak yang selalu patuh dan menurut nasihat orang tua.
E. Seorang anak yang senang melihat air sungai berwarna putih seperti susu.

Kutipan novel berikut untuk soal nomor 16 dan 17.
            Kepala sekolahnya adalah seorang pejabat penting, Ibu Frischa namanya. Caranya ber-make up jelas memperlihatkan dirinya sedang bertempur mati-matian melawan usia dan tampak jelas pula, dalam pertempuran itu, beliau telah kalah. Ia seorang wanita keras yang terpelajar, progresif, ambisius, dan sering habis-habisan menghina sekolah kampong. Gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegas kelas sosialnya. Di dekatnya siapa pun akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan beliau, ia seperti orang Melayu yang baru belajar memasak, bumbunya cukup tiga macam: pembicaraan tentang fasilitas-fasilitas sekolah PN, anggaran ekstrakurikuler jutaan rupiah, dan tentang murid-muridnya yang telah menjadi dokter, insinyur , ahli ekonomi, pengusaha, dan orang-orang sukses di kota atau bahkan di luar negeri.
16. Tokoh Ibu Frisca yang angkuh dan sombong dideskripsikan melalui . . .

A.    dialog antar tokoh
B.     lingkungan tokoh
C.     pikiran tokoh
D.    tindakan tokoh
E.     uraian langsung  

17. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan novel tersebut adalah . . .
A.    Jadilah wanita yang terpelajar, tetapi tidak angkuh dan sombong.
B.     Jangan angkuh dan sombong kalau menjadi wanita terpelajar.
C.     Bersikaplah keras dalam memimpin, tetapi tetap santu kepada orang lain.
D.    Bersikaplah rendah hati, santu, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat tinggi.
E.     Jangalah mengingkari kodrat atau yang diberika  kepada kita.

Kutipan drama berikut untuk soal nomor 18 dan 19!
Bapak              : Nak, pertimbangkan bukanlah karena masa depan adikmu seorang. Juga bukan
  karena masa depan sisa hidupku.
Sulung             : Hem, lalu? Karena rumah dan tanah pusaka ini barangkali ya, Pak?
Bapak              : Sesungguhnyalah, Nak, lebih karena itu.
Sulung             : Oo, ya! Apa itu, Bapak?
Bapak              : Kemerdekaan.
Sulung             : Kemerdekaan? Kemerdekaan siapa?
Bapak              : Bangsa dan bumi pusaka.

18. Masalah utama yang diungkapkan dalam kutipan drama tersebut adalah . . .

A.    harta pusaka
B.     kemerdekaan bangsa
C.     masa depan
D.    sisa hidup
E.     pertimbangan hidup

19. Amanat yang terdapat dalam kutipan drama tersebut adalah . . .
A.    Nasihat orang tua lebih berharga daripada apa pun.
B.     Selain memikirkan keluarga, kita juga memikirkan bangsa dan Negara.
C.     Kita harus merebut kemerdekaan Negara dan bangsa ini.
D.    Dalam hidup ini kita harus memiliki pertimbangan hidup yang berarti.
E.     Keluarga lebih penting daripada kemerdekaan bangsa.

Cermatilah puisi berikut!
Salju
Ke manakah pergi
Mencari matahari
Ketika salju turun
Pepohonan kehilangan daun

Ke manakah jalan
Mencari lindungan
Ketika tubuh kuyup
Dan pintu tertutup

Ke manakah lagi
Mencari api
Ketika bara hati
Padam tak berarti
20. Amanat yang terkandung dalam puisi adalah . . .
A.    Orang tetap berusaha mencari tujuan hidupnya meskipun banyak halangan.
B.     Mencari tujuan hidup lebih penting daripada kebahagiaan dan kepuasan batin
C.     Kebahagiaan yang abadi akan kita dapat jika kita dapat menyucikan diri.
D.    Tujuan hidup akan tercapai jika kita mau menyucikan diri kita dari dosa.
E.     Dekatkan diri kepada Tuhan saat belum menemukan tujuan hidup.

 Cermati gurindam berikut!
Jika orang muda kuat berguru
Dengan syaitan jadi berseteru

21. Maksud baris-baris gurindam tersebut adalah . . .
A.    Anak muda yang berpendidikan tidak akan mudah tergoda berbuat jahat.
B.     Anak muda harus rajin dan jangan mudah tergoda.
C.     Jangan suka menggoda anak muda yang sedang berguru.
D.    Perbuatan jahat di manapun harus dihindari.
E.     Anak muda hendaknya memanfaatkan waktu muda dengan berguru.

22. Perhatikan pantun berikut!
Apa guna berkain batik,
kalau tidak berbaju kasa
Apa guna berwajah cantik,
kalau tidak berbudi bahasa.

Pantun tersebut berisi . . .
A.    Budi bahasa harus dijunjung dalam setiap pergaulan
B.     Wajah cantik sangan memengaruhi budi bahasa seseorang.
C.     Perilaku seseorang tidak ditentukan dari wajhnya.
D.    Seseorang berwajah cantik sudah tentu budi bahasanya juga baik.
E.     Wajah cantik tidak berguna jika budi bahasanya tidak baik.

23. Cermatilah pantun berikut!
Pergi berlibur ke pantai,
pulangnya naik odong-odong.
Jadilah anak yang pandai.
. . . .

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . . .

A.    janganlah selalu tolong-menolong.
B.     perangai baik dan tidak sombong.
C.     punya teman suka menolong.
D.    jangan bicara omong mkosong.
E.     punya otak janganlah bolong


24. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Hal menarik dan penting tersebut di antaranya mengungkapkan berbagai ide b isnis tanpa modal dilengkapi dengan teknik aplikasinya.
2) Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kecintaan terhadap sesame sekaligus membantu program Pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran.
3) Komunitas Pengusaha Muda Lampu Hijau bersama Yayasan Lentera HatiYogyakarta akan mengadakan tour workshop entrepreneur gratis.
4) Selain itu, setiap peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan langsung dari beberapa unit usaha bisnis Lampu Hijau dan Lentera Hati Yogyakarta.
5) Dalam acara tersebut, setiap peserta akan mendapatkan hal-hal yang menarik dan penting.

Susunan kalimat tersebut agar menjadi paragraph yang padu adalah . . .

A.    3)- 1)- 5)- 4)- 2)
B.     3)- 2)- 1)- 4)- 5)
C.     3)- 2)- 5)- 1)- 4)
D.    3)- 4)- 2)- 1)- 5)
E.     3)- 5)- 1)- 4)- 2)


25. Objek wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. . . . tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenan (sunset). Turis-tiris biasanya berkunjung pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di Tanah Lot.
Kalimat deskripsi yang sesuai untuk melengkapi paragraph di atas adalah . . .
A.    Selain di Tanah Lot, pura pemujaan juga terdapat di wilayah lain.
B.     Di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing dan menjorok ke laut.
C.     Pantai ini merupakan objek wisata yang memiliki keindahan sunset memesona.
D.    Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini adalah pada pukul 17.00 WITA.
E.     Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata terkenal di Bali, selain Bedugul
26. Mobil yang terawat  akan jauh dari kerusakan. Begitu pula dengan tubuh manusia. Tubuh manusia yang dirawat dan dijaga dengan baik akan tetap sehat dan bugar. Jika mobil dirawat dengan pemeriksaan rutin dan ganti oli, tubuh manusia dapat dirawat dengan olahraga dan menerapkan pola makan yang baik.
Kesimpulan yang tepat untuk untuk melengkapi analogi di atas adalah . . .
A.    Agar tetap sehat dan bugar, tubuh manusia harus dirawat dengan baik, seperti mobil yang perlu perawatan agar tetap baik.
B.     Tubuh manusia membutuhkan nutrisi lebih agar tetap sehat dan bugar.
C.     Untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari manusia memerlukan nutrisi tambahan.
D.    Tubuh manusia bisa mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.
E.     Manusia yang mudah lelah membuktikan bahwa tubuhnya kurang perawatan.
27. Perhatikan paragraph berikut!
     Selain air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah ini adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. Keistimewaan lain buah ini yaitu mengandung lemak sangat sedikit, hanya 0,3 g/100g. buah sirsak juga mengandung banyak serat pangan (dietary fiber) mencapai 3,3 g/100 g daging buah. Jadi . . . nutrisi tubuh manusia.

Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraph generalisasi adalah . . .
A.    Buah sirsak sangan baik digunakan untuk obat kanker.
B.     Buah sirsak sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia.
C.     Tidak hanya buahnya, daun sirsak sangat bermanfaat untuk membunuh sel kanker.
D.    Menanam pohon sirsak dapat mendatangkan keuntungan berlipat.
E.     Buah sirsak sangat dicari masyarakat.
28.    Cermati silogisme berikut!
Premis umum       : semua siswa yang ingin ikut kegiatan bakti sosial harus mendaftar  terlebih dahulu
Premis khusus      : ....
Simpulan         : jadi, Rino harus mendaftar terlebih dahulu

Kalimat premis khusus yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah....
A.   Rino ingin ikut  kegiatan bakti sosial
B.    Rino adalah penggerak aksi sosial
C.    Rino memiliki sifat peduli sosial
D.   Rino sangat aktif pada kegiatan sosial
E.    Rino salah satu siswa yang ingin medaftar

29.  Cermati topik pidato dan kalimat persuasif berikut!
Topik pidato:
Bahaya merokok bagi kesehatan
1.     Merokok berarti membahayakan diri perokok sendiri
2.     Banyak merokok bararti menambah devisa negara
3.     Banyak merokok berarti menambah devisa lapangan kerja
4.     Hentikan merokok karena membahayakan kesehatan
5.     Kurangi merokok demi kesehatan jantung.
            Kalimat persuasif yang sesuai dengan pidato tersebut adalah kalimat ....
A.   1 dan 2                               C. 2 dan 3                               E. 4 dan 5
B.    1 dan 3                               D. 3 dan 4

30.  Perhatikan paragraph berikut
Indian Institut Of Technology (IIT) Rajasthan siap membantu Indonesia … kopmuter tablet murah seharga 35 Dolar AS. IIT Rajasthan bersedia menyediakan bantuan … hingga pengembangan produksi. Siaran pers KBRI New Delhi yang diterima ANTARA di Jakarta, bahwa ketua tim pengembang tablet “Aakhaas”, Prof. S. Yadav menyampaikan kesediaan itu kepada Dubes RI untuk India Letjen TNI (purn) Andi M. Ghalib. Andi yang didampingi atase pendidikan KBRI New Delhi, Dr. Son Kuswadi menyambut baik tawaran tersebut dan akan mengajak beberapa universitas di Indonesia untuk melaksanakan … tersebut
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut di atas adalah ….
A.    memroduksi, tekhnis, projek
B.    memroduksi, tehnis, proyek
C.    memproduksi, tehnis, projek
D.   memproduksi, teknis, proyek
E.    memproduksi, teknis, projek


31.  Cermati paragraf rumpang berikut!
Direktur ... lembaga pers Dr. Sutomo (LPDS), Bop Priyambodo, kerap merasakan “lonely”  dalam perjuangan memebela kebebasan pers. Ia merasakan hal tersebut karena yang .... berjuan untuk itu ternyata mereka-mereka itu juga yang “nongkrong” di LPDS, alias turun dari sekretariat Dewan Pers di lantai 7 ke lantai 3 Gedung Dewan Pers. Pakar komunikasi FISIp UI, prof. Dr. Bachtiar Aly, merasa bahagia pada peringatan HUT LPDS kali ini karena peringatan HUT LPDS digelar di hotel dan bukan di gedung tua di jalan Kebun sirih no. 32 itu.

Kata serapan yang baku untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.   Ecekutive, aktif
B.    Exekutif, aktip
C.    Eksekutif, aktif
D.   Eksekutif, actif
E.    Exekutif, aktif

32.  Cermatilah paragraf berikut!
Akibat pembabatan hutan terus berlangsung, usaha .... orang utan Kalimantan (pongopygmaeus) .... ancaman serius. Sejumlah penyelamat satwa liar dan pemerintah kini sulit mendapatkan hutan untuk orang utan usai dirawat di pusat rehabilitasi. Beberapa waktu yang lalu sebanyak seribu orang utan lebih .... ke hutan.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang adalah....
A.   Menyelamatkan, berhadapan, kembalinya
B.    Penyelamatan, menghadapi, dikembalikan
C.    Diselamatkan, dihadapkan, mengembalikan
D.   Keselamatan, menghadapkan, pengembalian
E.    Menyelamatkan, menghadapi, kembalikan.

33.  Cermati penggunaan kata ulang dalam kutipan berikut!
Masalah yang dihadapi Dora....susah untuk diselesaikan....berusaha membantu menyelesaikan. Namun.... malah menjauh ketika mengetahui Dora terlibat obat-obatan terlarang. Masalah utama pada awalnya adalah kurangnya kasih sayang. Kemudian, Dora terlibat bisnis online yang merugikan banyak orang. Setelah itu, Dora tertangkap karena mabuk membawa mobil selesai pesta ulang tahun temannya. Pada waktu itu, diketahui pula bahwa Dora adalah pemakai obat-obattan terlarang.

Penggunaan kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.   Saling kait-mengait , para guru-guru semua temannya
B.    Saling kait-mengait, para guru-guru, teman-temannya
C.    Saling mengait satu sama lain, guru- guru, teman-temannya
D.   Kait-mengait, para guru-guru, semua teman-temannya.
E.    Kait-mengait, guru-guru, teman-temannya

34.  Cermati paragraf narasi berikut
Aku dan keluarga pergi ke Pontianak saat liburan sekolah beberapa tahun lalu. Banyak tempat menarik yang dapat kami kunjungi selama di Pontianak. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah Sintawang. Kam mengunjungi Sintawang dengan mobil. Waktu yang kami perlukan lebih dari 9 jam. Sintawang merupakan daerah penghasil tenun ikat. Motif tenun ikatnya sangat unik. Corak dari kain tenun tersebut merupakan khas Kalimantan Barat. Ibu hanya membeli beberapa kain saja sebagai .... harga tenun ikat tergolong mahal, tergantung motif dan bahannya. Harganya bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

A.   Banting tulang
B.    Gulung tikar
C.    Angkat kaki
D.   Naik pitam
E.    Buah tangan
35.  Cermati kutipan cerpen berikut!
“Sudah lama benar ibu ingin berandai-andai dengan kamu anakku, tapi kamu dalam kesempitan saja. Saat ini air mukamu jernih, keningmu licin, boleh ibu menuturkan se niat ibu itu, supaya jangan .... nantinya “.” Apa yang terasa di hati ibu, yang terkalang di mata ibu? Ceritakanlah!”.” Ingatlah anakku hanya engkau seorang saja. Ayahmu sudah sampai ajalnya. Tidak lain hidupku hanya untuk engkau sendiri saja. Jangan tinggalkan ibu. Undurkan niatmu untuk pergi merantau.”

Peribahasa yang sesuai untuk melengkapi penggalan cerpen tersebut adalah....
A.   menjadi duri dalam daging
B.    seperti telur di ujung tanduk
C.    seperti pungguk merindukan bulan
D.   seperti rusa masuk kampung
E.    seperti api dalam sekam

36.  Cermati paragraf berikut
Udara pagi di persawahan terlalu cerah dan terlalu panas. Daun-daun padi ditup angin terlihat bergoyang pelan. Cuaca di langit biru kelabu tidak tertutup awan. Kuhirup udara dan terscium wangi dedaunan padi. Hatiku semakin terasa damai.

Frasa yang sesuai untuk mengganti frasa yang dicetak miring dalam paragraf adalah tersebut adalah....
A.   Hampir cerah, segar sekali, biru bersih
B.    Sangat cerah, cerah sekali, biru bersih
C.    Sangat cerah, agak dingin, sangat kelabu
D.   Hampir cerah, agak panas, biru kelabu
E.    Begitu cerah, cukup segar, sangat putih

37.  Cermati paragraf berikut!
Berbagai cara akan ditempuh oleh siswa yang baru lulus SMA untuk dapat berebut kursi di perguruan tinggi favoritnya. Ada siswa yang belajar keras sampai begadang atau ada yang mengikuti berbagai bimbingan tes. Di samping itu, ada yang melalui jalur khusus, yaitu pemberian kesempatan kepada siswa yang mampu secara finansial untuk duduk di Universitas pilihannya. Ada juga yang masuk Universitas tanpa tes maka dia memiliki prestasi gemilang dan memiliki nilai akademis yang ditargetkan suatu perguaruan dengan jalur PMDK (penelusuran minat dan kemampuan)dan ada juga melalui jalur pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi.

Kata penghubung yang tepat untuk mengganti kata yang dicetak miring dalam paragraf tersbeut adalah.....
A.   Dan, karena, atau
B.    Dan, tetapi, atau
C.    Hingga, karena, tetapi
D.   Hingga, jika, atau
E.    Dan, jika, tetapi

38.  Cermati paragraph berikut!
1)     Ancaman di negeri kita sekarang adalah hadirnya orang-orang oportunis dan orang-orang picik. 2) Sikap gotongroyong dan rasa solidaritas masyarakat semakin hilang pamornya. 3) Kehidupan modern tampaknya lebih mengedepankan individualisme daripada gotong royong. 4)  Orang-orangkapitalis juga jangan sampai mendobrak kehidupan kita. 5) Mungkin kita harus melakukan reformis secara besar-besaran untuk membangun kembali kehidupan kita yang terkenal dengan kegotongroyongan ini.
Penggunaan istilah yang tidak tepat terdapat dalam paragraph tersebut terdapat pada nomor …
A.    1),
B.     2)
C.     3)
D.    4)
E.     5)

39.  Cermati surat undangan berikut!
Sehubungan dengan persiapan pelepasan kelas XII SMA Sentosa, kami panitia mengundang Bapak/Ibu pengurus komite SMA Sentosa untuk menghadiri rapat yang diadakan pada
....

Penulisan pemerian yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah....
A.   hari, tanggal           : Sabtu, 12 Mei 2012;
waktu                    : 10.00 – 12.00 WIB;
tempat                   : aula SMA Sentosa;
acara                      : penetapan acara dan dana.

B.    Hari, tanggal          : Sabtu, 12 Mei 2012,
Waktu                   : 10.00 – 12.00 WIB,
Tempat                  : aula SMA Sentosa,
Acara                     : penetapan acara dan dana.

C.    hari, tanggal           : Sabtu, 12 Mei 2012,
waktu                    : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat                   : aula SMA Sentosa,
acara                      : penetapan acara dan dana.

D.   HARI, TANGGAL           : SABTU, 12 MEI 2012,
waktu                    : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat                   : aula SMA SENTOSA,
acara                      : penetapan acara dan dana.   

E.    hari, tanggal           : sabtu, 12 Mei 2012,
waktu                    : 10.00 – 12.00 WIB,
tempat                   : aula SMA SENTOSA,
acara                      : penetapan acara dan dana.   

40.  Perhatikan iklan lowongan berikut!
Lowongan
Dibutuhkan wanita lulusan S1, bisa komputer u/bagian Adm. Pembukuan & tinggal di Mess di jalan Hayam Wuruk 4 ruko Glodok Jaya.
Telepon 8373665
                                    Sumber: Jaya Kompas, 28 Maret 2011

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah....
A.   Berdasarkan iklan lowongan di harian kompas kami mengajukan lamaran pekerjaan supaya saya dapat mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan anda.
B.    Setelah membaca iklan di harian kompas 28 Maret 2011, dengan ini sayamengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga administrasi pembukuan yang dimaksud
C.    Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Vine, 23 tahun, sarjana Akuntansi, mengajukan lamaran menjadi tenaga komputer dari administrasi yang bapak/ibu cari melalui iklan.
D.   Sehubungan dengan iklan lowongan pada harian kompas, 28 Maret 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pembukuan pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.
E.    Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan pada harian kompas, 28 Maret 2011 tentang bagian asministrasi pembukuan, dengan ini saya mengajukan pekerjaan di perusahaan ini.

41.  Cermati kalimat penutup surat berikut!
Atas perhatiannya, tak lupa diucapkan terimakasih banyak.

Perbaikan yang tepat untuk penutup surat tersbeut adalah....
A.   Atas perhatiannya, saya berterima kasih banyak
B.    Atas perhatian ibu/bapak saya ucapkan terima kasih
C.    Atas perhatian Ibu /Bapak, saya mengucapkan terima kasih
D.   Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih
E.    Atas perhatia ibu/bapak, kami haturkan terima kasih.

42.  Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah....
A.   Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
B.    Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
C.    Menggali potensi Diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
D.   Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
E.    Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri

43.  Tema karya tulis: Kirab budaya sebagai terapi mental untuk pemulihan kepercayaan                              masyarakat Yogyakarta

Latar belakang yang tepat untuk tema tersebut adalah....
A.   Kitab budaya adalah pawali untuk memberi persembahan ke gunung Merapi dan laut Selatan agar terhindar dari bencana besar dan mengerikan.
B.    Kitab budaya merupakan acara yang dipercaya masyarakat Yogyakarta dapat membebaskan mereka dari bencana gunung merapi, gempa bumi, dan tsunami Indonesia
C.    Masyarakat Indinesia ingin memulihkan kepercayaan pemerintah kepada mereka dengan mengadakan kitab budaya sehingga wisatawan datang kembali
D.   Aktifitas gunung merapi dan terjadinya gempa bumi akhir-akhir ini telah mengganggu masyarakat Yogyakarta sehingga pemerintah perlu mengadakan kitab budaya untuk memohon keselamatan.
E.    Sampai saat ini masyarakat Jogyakarta yang terkena bencana alam masih traumasehingga perlu kirap budaya untuk menerapi jiwa mereka

44.  Tema karya tulis: Pencegahan bahaya narkoba bagi generasi muda
Rumusan masalah yang tepat berdasarkan topik tersebut adalah....
A.   Bagaimana cara pencegahan narkoba bagi generasi muda?
B.    Bagaimana bahaya narkoba bagi generasi muda?
C.    Apakah narkoba berbaha bagi generasi muda?
D.   Apakah ada pengaruh narkoba bagi generasi muda?
E.    Apakah dampak narkoba bagi generasi muda?

45.  Cermati penggalan puisi berikut!
....
Rambutnya indah sepanjang khatulistiwa membujur
Rambutnya hita terbantun ombak
Gelung-bergelung berkilauan mandi sinar matahari

Kalimat bermajas  yang tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah....
A.   Anak kecil sedang tidur
B.    Bunga kampung telah tidur
C.    Seorang putri cantik tertidur
D.   Perepuan muda terlelap tidur
E.    Perempuan manis tertidur.

46.  Cermati kutipan drama berikut!
Anton: (berjalan sambil tertawa) ya akhirnya aku menyadari ternyata aku memang                bodoh
Reta : (tersenyum sinis) baik kalau kau menyadari kekuranganmu, mulai hari ini,               pergilah kau dari hadapanku dan kamu aturlah keuanganmu dengan baik
Anton: (dengan wajah sinis) kau kira aku takut, aku akan pergi dari kehidupanmu,               apalagi aku sudah sukses sekarang, aku bisa berdikari
Reta   : (....)
Anton: (suara merendah) tidak salah, bukannya kau yang telah memanfaatkan                kekayaanku. Sekarang kau suru aku pergi.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah ....
A.   Janganlah kamu menghambur-hamburkan kekayaanmu, ingat itu ya!
B.    Ya, silahkan, masih ada orang lain yang membantuku
C.    Lha, nanti aku akan seperti anak ayam kehilangan induknya
D.   Ya bolehlah, semoga kau bisa lebih sukses di tempat lain
E.    Saya doakan semoga kau bisa berhasil

47.  Judul novel: Sisi cinta Sissy
Pengarang : Wulan Lusi

Novel ini ditujukan sebagai bacaan remaja, dimulai dari awal sampai akhir cerita disajikan berurutan dan menyatu dengan masalah remaja. Pengarang mengajak untuk memikirkan akhir dari cerita novel ini. Bahasa yang digunakan adalah bahasa remaja. Hanya saja dalam novel ini pengarang tidak menyelesaikan akhir cerita. Trik penceritaan pengarang dengan membiarkan pembaca mengira-ngira apa yang terjadi pada tokoh dan bagaimana akhir cerita tersebut. Namun, inilah yang menggantung si pembaca terhadap kelanjutan cerita tersbut. Inilah seni apresiasi si pengarang untuk pembaca.

Kalimat resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan novel tersebut adalah....
A.   Tema cerita sangat sesuai dan akrab dengan dunia seumur hidup
B.    Dari awal sampai akhir cerita sangat menarik bagi pembaca
C.    Akhir cerita mengajak pembaca untuk mengapresiasi kelanjutan cerita
D.   Pengarang tidak menyelesaikan akhir cerita
E.    Menggunakan bahasa remaja sehari-hari

48.  Cermati kutipan cerpen berikut!
Anak saya bercita-cita menjadi guru. Tentu saja, saya dan istri saya syok. Kami berdua tahu, macam apa masa depan seorang guru. Oleh karena itu, sebelum terlalu jauh, kami cepat-cepat mengajak dia ngomong” kami dengar selentingan kamu mau jadi guru, Taksu? Betul?” Taksu mengangguk. “betul” “kami kaget,” gila, masak kamu mau jadi guru? “ ya “ saya dan istri saya pandang-pandangan. Itulah malapetaka. Kami sama sekali tidak percaya apa yang kami dengar. Apalagi ketika kami tatap taja-tajam, mata Tiksu tampak tenang tak bersalah ia pasti sama sekali tidak percaya dengan barusan diucapkannya. Jelas ia tidak tahu permasalahannya.

Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan sastra tersebut adalah....
A.   Kehidupan guru tidak menjamin kesuksesan hidup seseorang
B.    Profesi guru tidak dapat menjadi sebuah cita-cita
C.    Sebaiknya jangan ada yang bercita-cita menjadi guru
D.   Siapa saja boleh bercita-cita menjadi guru yang kaya
E.    Benarkah penilaian terhadap guru sebegitu buruknya di mata orang tua?

49.  Cermati paragraf esai berikut!
Pada periode awal kepenyairannya, Taufiq Iamail cenderung menekankan citraan visual dalam menggambarkan pengalaman estetik yang dibentuk dalam pengamatannya yang tajam terhadap momen-momen penting peristiwa sejarah. Ia mendata gunakan kekuatan bahasa figuratif (majas) , puisi yang efektif untuk membangun imajinasi pembaca. Sejak tahun 1970-1n hingga perode mutakhir kepenyairannya, sajak-sajak Taufiq cenderung “prosaik naratif” ia menggunakan bahasa diskursif yang diselingi permainan kata yang indah dan memikat....

Kalimat simpuln esai sastra yang tepat adalah,....
A.   Jelaslah bahwa pada awal kepenyairanyya Taufiq terlibat langsung dengan periatiwa sejarah, pada periode berikutnya ia terlibat melalui perasaan dan pikirannya
B.    Jadi, Taufiq menggunakan metode penciptaan puisi yang sama pada dua periode kepenyairannya
C.    Jadi, secara garis besar perkembangannya kepenyairannya Taufiq Ismail di bagi dalam tiga periode
D.   Jelaslah bahwa tTaufiq sangat memperhatikan pemakaian bahasa dalam karyanya
E.    Dengan demikian, jelaslah bahwa bahasa yang digunakan Taufiq Ismail sangat membantu pembaca memahami puisinya sehingga karyanya tergolong komunikatif.

Bacalah kutipan hikayat berikut dengan cermat!
“Sekarang cobalah Guru ceritakan pula,” titah raja Dabsyalim kepada Baidaba. “Yang manakah diantara sifat-sifat ini, berani, pemurah, pengasih, penyantun yang harus dipilih raja untuk jadi sendi kekerasan dan kekuasaannya. Belumkah tuanku mendengar cerita raja Balad dengan permaisuri Irah. “ Guru, ceritakanlah supaya kita dengar sekali adalah peristiwa seorang raja brnama Balad dengan wazirnya bernama Ilad.” Wazir itu seorang yang taat beribadah dan saleh. Pada suatu malam raja bermimpi yang sangat menakutkan delapan macam banyaknya tujuh hari siang baginda suruh panggil pendeta Brahmana hendak meminta keterangan tabirnya.
50.  Amanat yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah…
A.    Seorang raja harus memiliki sifat pengasih dan penyayang dalam menjalankan tugas kepemimpinannya
B.     Seorang raja harus mempunyai sikap berani dalam menjalankan roda pemerintahannya
C.     Seorang raja hendaklah melindungi rakyat dari segala gangguan dan memperhatikan kesejahteraanya
D.    Seorang sebaiknya mendengarkan semua yang dikatakan rakyatnya dengan baik
E.     Seorang raja tidak seharusnya berbicara dengan rakyat biasa untuk menceritakan pribadinya


soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013
  1. Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 30-31
  2. Materi UTS Bahasa Indonesia Part 1
  3. Materi UTS Bahasa Indonesia Part 2
  4. Materi UTS Bahasa Indonesia Part 3
  5. Materi UTS Bahasa Indonesia Part 4
  6. Rangkuman Materi UAS Semester Ganjil Bab 1
  7. Rangkuman Materi UAS Semester Ganjil Bab 3
  8. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 12 halaman 8 - New !!
  9. kunci jawaban bahasa indonesia berbagai halaman - New !!
  10. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 - New !!
  11. kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18 - New !!
  12. kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 - New !!
  13. soal bahasa indonesia kelas 12 semester 1 dan kunci jawaban - New !!


Soal UKK / UAS Bahasa Indonesia Kelas X XI Semester 2

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1.    Bacalah teks berikut dengan saksama!Pemadaman listrik secara bergilir yang dilakukan PLN membawa dampak bagi para pengusaha. Dampak tersebut mulai dari penurunan omzet hingga kerugian yang harus ditanggung karena berhentinya produksi. Apalagi, pemadaman yang dilakukan sering tidak disosialisasikan terlebih dahulu. Pemilik Google.net dan paparon’z Pizza, Setya Budi, mengatakan, akibat pemadaman listrik, omzet di warnet miliknya berkurang 20%.
Gagasan utama paragraf tersebut yang tepat adalah ...
a.    Dampak pemadaman listrik.
b.    Keluhan pemilik Google.net dan Paparonz’z
c.    Kerugian warnet karena pemadaman
d.    Perlunya sosialisasi sebelum pemadaman.
e.    Pemadaman listrik dan pengaruhnya terhadap bisnis.

2.    Pernyataan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah...
a.    Pemadaman listrik perlu disosialisasikan.
b.    Google.net dan Paparon’z merasa dirugikan.
c.    Pengusaha mengalami penurunan omzet.
d.    Pemadaman listrik tidak diinginkan pengusaha.
e.    Banyak warnet dan Paparonz’z mengalami penurunan omzet 20%.

3.    Bacalah teks berikut dengan saksama!
Seperti diketahui, kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, kaya akan nutrisi nabati yang diperlukan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain protein, lemak, serat, zat besi, dan vitamin E. Semua nutrisi ini akan mengoptimalkan kerja sitem tubuh.
Hasil penelitian Gary Faser, Ph.D., di Loma Linda University, Amerika Serikat, membuktikan, dengan mengonsumsi kacang seminggu sekali, seseorang memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 25 persen lebih rendah dibanding dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang. Terbukti pula, mereka yang mengonsumi kacang sedikitnya lima kali dalam seminggu memiliki kemungkinan setengah kali lebih rendah terkena hipertensi.
Gagasan utama paragraf pertama adalah …
a.    Kacang-kacangan kaya akan nutrisi.
b.    Semua nutrisi dalam kacang-kacangan akan mengoptimalkan kerja sitem tubuh.
c.    Kekayaan nutrisi kacang.
d.    Macam-macam nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan.
e.    Nutrisi yang dapat mengoptimalkan kerja sitem tubuh.

4.    Bagaimana perbandingan antara orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali dengan yang tidak mengonsumsi kacang?
a.    Orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali kemungkinan kecil terkena penyakit jantung sebanyak 25 persen.
b.    Orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali memiliki kemungkinan
setengah kali lebih rendah terkena hipertensi.
c.    Orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali dapat dipastikan terkena penyakit jantung lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang.
d.    Kemungkinan terkena penyakit jantung bagi orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali adalah 25 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang.
e.    Kemungkinan akan terkena penyakit jantung bagi orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali adalah sebanyak 25 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang.


5.    Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Banyak orang menggantungkan hidupnya dari laut. (2) Sebut saja nelayan. (3) Tanpa harus bersusah payah memelihara dan membesarkannya, nelayan menangkap jutaan ton ikan setiap hari. (4) Tidak mengherankan bila banyak investor berminat di sini. (5) Di antara mereka ada yang berjaya, tetapi tidak sedikit yang merana.
Gagasan utama paragraf tersebut terletak pada kalimat ...
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
e.    5

6.    Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks di atas adalah...
a.    Banyak orang menggantungkan hidupnya dari laut.
b.    Jutaan ton ikan ditangkap nelayan setiap hari.
c.    Kebanyakan investor berminat di bidang kelautan.
d.    Ada investor yang berhasil, ada pula yang tidak.
e.    Nelayan menggantungkan hidupnya dari laut.

7.    Rangkuman yang sesuai untuk teks di atas adalah...
a.    Banyak orang menggantungkan hidupnya dari laut seperti nelayan dan investor yang berminat di sini. Ada yang jaya, ada pula yang merana.
b.    Orang yang menggantungkan hidupnya dari laut adalah para nelayan dan investor yang berjaya. Sayang ada yang tidak.
c.    Banyak orang bergantung hidupnya di laut misalnya nelayan dan investor yang tidak mengherankan akan hasil laut.
d.    Nelayan dan investor yang menggantungkan hidupnya di laut tidak sedikit yang menuai keberhasilan.
e.    Tanpa harus bersusah payah orang-orang menggantungkan hidupnya di laut. Tentu saja ada yang berhasil dan tidak.
 


Cuplikan Soal UKK / UAS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 / Genap :

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1.Bacalah wacana berikut dengan saksama!

Bendungan di Desa Jatirogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut dari bantalan karet berisi air. Karena terbuat dari karet, tinggi permukaannya bisa diatur secara fleksibel. Bila terjadi banjir, bantalan karet itu dikempiskan. Dan air bah lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai mengecil, tubuh bendungan diisi penuh, sehingga tingginya mencapai 3 m. Sungai terbendung dan airnya dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada saat yang sama, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat di sekitar sungai.

Simpulan isi wacana di atas adalah…

a.Bendungan dari bantalan karet dapat membendung sungai.

b.Bendungan dari bantalan karet sangat bermanfaat.

c.Bendungan dari bantalan karet dapat mengalirkan air.

d.Pemanfaatan air melalui bendungan bantalan karet.

e.Bendungan bantalan karet dapat diisi dengan air.

JAWABAN : B


2.Bacalah teks berikut ini dengan saksama!

Soetomo lahir di Desa Ngepeh, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada tanggal 30 Juli 1888. Pada waktu kecil pemuda itu oleh ayahnya diberi nama Soebroto. Nama itu kemudian diganti menjadi Soetomo ketika dia mengikuti sekolah rendah Belanda (ELS) di Bangil.

Setelah tamat dari ELS di Bangil, Soetomo melanjutkan studinya ke Jakarta. Ia masuk sekolah kedokteran Jawa yang bernama STOVIA pada tanggal 10 Januari 1903. Pada masa kemahasiswaannya inilah, ia tampil sebagai penggerak utama berdirinya Boedi Oetomo pada bulan Mei 1908.

Pernyataan-pernyataan berikut yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah…..

A. Soetomo lahir di Desa Ngepeh, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Setamat dari ELS di Bangil, ia melanjutkan studinya ke STOVIA di Jakarta. Pada masa kemahasiswaannya itulah ia tampil sebagai penggerak berdirinya Boedi Oetomo.

B. Pada waktu kecil, Soetomo diberi nama Soebroto. Nama itu kemudian diganti menjadi Soetomo untuk melanjutkan sekolah ke STOVIA Jakarta.

C. Soetomo lahir di Desa Ngepah, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Setelah besar ia pindah ke Jakarta untuk menggapai cita-citanya menjadi dokter. Ia mendaftarkan diri sebagai mahasiswa STOVIA dan lulus pada tanggal 10 Januari 1903.

D. Dari sejak sekolah ELS di Bangil, Soetomo sudah bercita-cita menjadi dokter. Ia ingin mengabdikan dirinya sebagai dokter dari satu tempat ke tempat lain di Indonesia.

E. Soetomo lahir pada tanggal 30 Juli 1888. Setamat ELS, ia pindah ke Jakarta dan bersekolah di STOVIA. Ia sangat bangga menjadi pemimpin organisasi modern pertama di Indonesia.

JAWABAN : A


3. Bacalah surat undangan berikut ini!

Yth. Saudara Bambang Sukadi

Jalan Sidobali 25

Kota Gede, Yogyakarta

hari : Senin

tanggal : 20 Agustus 2004

waktu : pukul 08.30 sampai selesai

tempat : ruang sidang SMA Pertiwi

Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat di atas adalah …

a. Bersama surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada

b. Dengan surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada

c. Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada

d. Kami mengundang Saudara hadir untuk rapat

e. Saya mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada

JAWABAN : B


4. Bacalah penggalan pidato di bawah ini dengan saksama!

Dalam proses komunikasi saya dengan seluruh rakyat Indonesia, baik melalui surat, telepon, maupun SMS, masih sering dirasakan adanya pelayanan yang kurang baik kepada rakyat. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kualitas pelayanan dengan penuh ketulusan, kasih sayang, dan rasa tanggung jawab.

(Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada acara HUT ke-59 Bhayangkara)

Penggalan pidato tersebut bertujuan…

a.Mengecam kinerja POLRI yang kurang baik.

b.Memberitahukan kepada rakyat agar menggunakan SMS, surat, maupun telepon dalam berkomunikasi dengan presiden.

c.Mengimbau agar POLRI meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab.

d.Menenangkan hati rakyat dengan cara mengadakan komunikasi melalui surat, telepon, maupun SMS.

e.Mendorong masyarakat agar membantu POLRI dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

JAWABAN : C


5. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Produksi padi tahun 2005 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering giling atau turun dua persen dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya penurunan luas panen padi sawah akibat bencana banjir dan kekeringan, serta pergeseran waktu tanam pada empat bulan pertama di tahun 2005.

Gagasan utama paragraf di atas adalah…

a. Produksi padi tahun 2005 diperkirakan menurun.

b. Produksi padi tahun 2005 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering atau turun dua persen dari sebelumnya.

c. Adanya penyebab turunnya produksi padi, yaitu banjir dan kekeringan.

d. Produksi padi tahun 2005 lebih jelek dibandingkan tahun sebelumnya.

e. Produksi padi tahun 2005 turun akibat banjir, kekeringan, dan pergeseran waktu tanam.

JAWABAN : A


6. Mereka selalu saja bermusuhan tidak pernah rukun. Sekarang mereka harus

menanggung segala akibat dari perbuatannya.

Gurindam yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….

a. Kurang pikir kurang siasat, tentu kelak dirimu tersesat.

b. Siapa menggemari silang-sengketa, kelaknya pasti berdukacita.

c. Membuat perkara amatlah mudah, jika terjadi timbullah gundah.

d. Fikir dahulu sebelum berkata, supaya terelak silang-sengketa.

e. Kalau diri kena perkara, turut susah sanak saudara.

JAWABAN : B


7. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Menurut hasil penelitian mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), daging ayam yang dijual pasaran di Jakarta, sebanyak 43% mengandung formalin, yaitu senyawa kimia yang mengandung zat karsiogenik. Zat ini ternyata dapat memicu penyakit kanker di dalam tubuh. Karena itu, para konsumen yang setiap hari belanja daging ayam, baik di pasar tradisional maupun modern agar waspada.

Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah…

a. Kapan para mahasiswa IPB mengadakan penelitian daging ayam yang mengandung zat karsiogenik?

b. Berapa orang mahasiswa yang melakukan penelitian terhadap daging ayam?

c. Apa tindak lanjut hasil penelitian mahasiswa IPB terhadap daging ayam?

d. Apa hasil penelitian mahasiswa IPB terhadap daging ayam yang dijual di pasar tersebut?

e. Mengapa para mahasiswa IPB melakukan penelitian terhadap daging ayam yang di jual pasar itu?

soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013



Sekian postingan yang dapat gogloogle bagikan tentang soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di go gloogle

sekian dari gogloogle permalink untuk post kali ini adalah https://gogloogle.blogspot.com/2016/07/soal-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester-2-kurikulum-2013.html semoga postingan yang berjudul soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013 bisa bermanfaat, oh iya jangan lupa follow blog ini agar mendapatkan informasi postingan terbaru dari blog ini, ada kotak dibawah.
nah, masukin saja, ketik emailnya dikotak tersebut kemudian klik SUBMIT, nanti ada perberitahuan via email.
like juga ya, share juga dong postingan yang berjudul soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013. terimakasih banyak atas kunjugannya...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 kurikulum 2013

1 komentar:

  1. makasih atas infonya .
    jangan lupa kunjungi link kami di http://www.mastertindo.com

    ReplyDelete