kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18,tugas 3 bahasa indonesia kelas 11 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 16,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 22,tugas 2 bahasa indonesia kelas 11 semester 2,kunci jawaban bahasa indonesia kelas 11 kurikulum 2013 halaman 22,kunci jawaban bahasa indonesia halaman 18 kelas 12,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 32,kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 28
Dibawah ini ada beberapa link dan pembahasan tentang kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18, lansung saja tidak usah malu malu download gan...
- 20 Soal UTS Bahasa Indonesia Part 1
- 20 Soal UTS Bahasa Indonesia Part 2
- KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA KELAS 12 HALAMAN 164
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 102 II
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 103 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 11 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 13 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 14 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 17 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 18 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 23 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 24 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 28 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 31 - 32
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 8 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 87 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 88 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 9 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 94
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 97-102
- Kunci Jawaban Bahasa Indonesial Halaman 16 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 10 Kelas 12
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 102
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 103
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 12 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 14-16
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 21
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 29
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 29 Kelas 12 Semester 2
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 30-31
- Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Halaman 90-92
- Materi UTS Bahasa Indonesia Part 1
- Materi UTS Bahasa Indonesia Part 2
- Materi UTS Bahasa Indonesia Part 3
- Materi UTS Bahasa Indonesia Part 4
- Rangkuman Materi UAS Semester Ganjil Bab 1
- Rangkuman Materi UAS Semester Ganjil Bab 3
- kunci jawaban bahasa indonesia berbagai halaman - New !!
- kunci jawaban bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 - New !!
- kunci jawaban buku bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013 - New !!
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Halaman 18 (a-e)(5-7)Hal. 18 (a-e)(5-7) TUGAS 2
Tugas kalian adalah mengurai kalimat berikut seperti contoh.
a) Temperatur yang berada di bawah titik beku mengakibatkan kristal es terbentuk.
Temperatur yang berada di bawah titik beku
mengakibatkan
Kristal es terbentuk
subjek
predikator
objek
b) Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara.
Struktur 1
Butir-butir air
terjadi
Karena
Subjek
predikator
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
Struktur 2
Tetesan air kecil (tiny droplet)
Yang timbul
akibat
kondensasi
subjek
predikator
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
subjek
Struktur 3
Berbenturan dengan
Tetesan air lainnya
predikator
keterangan
Struktur 4
dan
Terbawa oleh
Gerakan udara
Kata perangkai: konjungsi penambahan
predikator
keterangan
c) Bila temperatur udara turun sampai di bawah 0° Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
Struktur 1
Bila
temperatur
turun
Sampai di bawah 0° Celsius
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
subjek
predikator
keterangan
Struktur 2
Butiran air
Akan berubah menjadi
salju
Subjek
predikator
keterangan
d) Curah hujan yang sangat lebat mempunyai tetes hujan besar.
Curah hujan yang sangat lebat
mempunyai
Tetes hujan besar.
subjek
predikator
objek
(e) Karena tetes hujan berukuran besar, pori-pori permukaan tanah akan tertutup sehingga infiltrasi air hujan sangat kecil, sebaliknya limpasan air hujan menjadi sangat besar.
Struktur 1
karena
Tetes hujan
berukuran
Besar
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
subjek
predikator
keterangan
Struktur 2
Pori-pori permukaan tanah
Akan tertutup
subjek
predikator
Struktur 3
sehingga
Infiltrasi air hujan
Sangat kecil
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
subjek
keterangan
Struktur 4
Sebaliknya
Limpasan air hujan
menjadi
Sangat besar
Kata perangkai: konjungsi perbandingan
subjek
predikator
keterangan
(5) Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal eksplanasi ditandai oleh pernyataan umum dan diakhiri oleh urutan sebab-akibat. Apa yang kalian temukan dari struktur teks “Banjir”? Apakah kalian menemukan perbedaan antara struktur teks “Siklus Hidrologi” dengan struktur teks “Banjir”? Di mana letak perbedaannya?
No.
Hidrologi
Banjir
1.
Struktur
Peryataan Umum:
· Jumlah air di alam ini tetap dan menikuti suatu aliran yang dinamakan siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
Sebab-akibat:
· Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/uap dalam proses evaporasi.
· Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air.
· Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.
Pernyataan Umum:
· Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS).
Sebab-akibat:
· Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan dan pengaruh air pasang.
Sebab-akibat II:
· Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi berkurang yang mengakibatkan penyebab alami dari banjir.
Sebab-akibat III:
· Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir di bandingkan dengan yang lainnya.
2.
Penyajian
Terdiri dari paragraf-paragraf
Dibuat berdasarkan sub-sub
3.
Isi
Proses sirkulasi air yang terus menerus berputar dari atmosfer ke bumi melalui hujan dan kembali ke atmosfer melalui penguapan.
Bajir merupakan fenomena alam yang dapat terjadi akibat ulah manusia maupun alam itu sendiri.
(6) Ketika membaca sebuah teks, kita sering menemukan kata-kata yang kadang tidak kita mengerti karena bermakna khusus. Kata-kata tersebut dinamai istilah. Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah yang digunakan untuk bidang tertentu dan pemakaiannya hanya dapat dipahami oleh orang yang berkecimpung dalam bidang tersebut dinamai istilah khusus. Bacalah kembali teks “Banjir”, kemudian carilah istilah khusus yang kalian temukan dalam teks itu.
No.
Istilah
Makna
1.
Fisiologi
Uraian atau deskripsi tentang genesis dan evolusi bentuk lahan.
2.
Drainase
Lengkungan atau saluran air di permukaan atau di bawah tanah, baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia.
3.
Erosi
Peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya). Akibat angin, air atau es.
4.
Geofisik
Ilmu tentang sifat alam bumi
5.
Sedimentasi
Suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es, atau gletser di suatu cengkungan.
6.
Geometri Hidrolik
Ilmu yang menerangkan Bentuk penampang atau kedalaman sifat-sifat garis, sudut, bidang,dan ruang. Dengan alat ukur
7.
Infiltrasi
Aliran air ke dalam tanah melalui permukaan tanah.
8
Vegetasi
Kehidupan (dunia) tumbuh-tumbuhan atau (dunia) tanam-tanaman.
9.
Deforestasi
Kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon sehingga lahannya dapat dialihkan untuk penggunaan hutan.
10.
Degradasi Lingkungan
Penurunan kualitas lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan pembangunan yang dicirikan oleh tidak berfungsi secara baik komponen-komponen lingkungan sebagaimana mestinya.
(7) Setelah membaca teks “Banjir”, kalian tentu menemukan bagian-bagian yang berupa pernyataan umum dan urutan sebab-akibat. Coba perhatikan baik-baik teks berikut ini. Bandingkanlah struktur teks “Banjir” dengan struktur teks “Kekeringan”.
No.
Persamaan
Perbedaan
1.
Struktur
Kedua teks memiliki struktur yang sama dimulai dari pernyataan umum dan sebab akibat
-
2.
Isi
Keduanya bertemakan sama yaitu air
Teks pertama berisi tentang siklus hidrologi. Teks kedua berisi tentang bencana yang disebabkan air.
3.
Penyajian
-
Teks pertama disajikan bentuk paragraf. Sedangkan teks kedua berbentuk sub judul dan paragraf.
4.
Kaidah
Kedua teks menggunakan konjungsi inernal dan konjungsi sebab akibat
Pembahasan Bahasa Indonesia Halaman 18 Kelas 11
No 1 -->
Struktur Teks : Abstrak
Fungsi Setiap Struktur Teks -->
Pada tahapan ini pengarang memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan di kembangkan menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya. Damhuri Muhammad menggambarkan seorang juru masak bernama Makaji yang terkenal di kampungnya. Tanpa campu tangannya dalam meracik bumbu masak, sebuah perhelatan akan dinilai tidak sukses karena tidak berhasil menyuguhkan pra tamunya makanan yang lezat. Begitulah pentingnya kehairan Makaji dalam dunia masak - memasak di kampung itu , sehingga tidak ada yang bisa menggantikannya.
NO 4 -->
Struktur Teks : Orieantasi
Fungsi Setiap Struktur Teks -->
Pada tahapan ini pengarang memberikan tinjauan untuk menimbulkan atau menumbuhkan atau juga menentukan arah cerita yang di kembangkan. Damhuri Muhammad menjelaskan bahwa beberapa tahun lalu , pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga belas ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari itu tidak berjalan mulus bahkan hapir saja batal.
No 3 -->
Struktur Teks : Komplikasi
Fungsi Setiap Struktur Teks -->
Pada tahapan ini , pengarang memberikan permasalahan atau kerumitan cerita yang dia buat . Seperti yang telah di jabarkan pada paragraf " Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini... "
NO 4 -->
Struktur Teks : Evaluasi
Fungsi Setiap Struktur Teks -->
Pada tahapan ini pengarang memberikan penilaian pada cerita seperti yang telah di jelaskan pada paragraf 4 halaman 9 "Derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu , seperti sawah tak berpembatang , tak ada yang bisa diandalkan. " Pada tahapan ini mulai tampak penyelesaiannya
NO 5 -->
Struktur Teks : Resolusi
Fungsi Setiap Struktur Teks -->
Pada tahapan ini pengarang membuat keputusan atau kebulatan pendapat serta telah digambarkan dengan jelas pada paragraf " Awalnya ia hanya tukang cuci piring di rumah milik seorang perantau dari Lareh Panjang yang lebih dulu mengadu untung di Jakarta "
NO 6 -->
Struktur Teks : kode -->
Fungsi Setiap Struktur Teks -->
Pada tahapan ini pengarang memberikan bagian akhir atau bagian penutup dari cerita Juru Masak ini dengan paragraf "Dua hari sebelum kenduri berlangsung , Azrial anak laki-laki Makaji datang dari Jakarta ". Pada koda ini bersifat opsional sama dengan tahapan abstrak.
KUNCI JAWABAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMK SEMESTER 2 2014/2015 | TENTANG STRUKTUR TEKS ULASAN - HALAMAN 60 - 62
Soal !!!
(1) Setelah kalian mengetahui struktur teks ulasan, carilah
berbagai informasi yang terdapat dalam tiap paragraf! Galilah informasi sebanyak-banyaknya yang terdapat dalam teks tersebut.
a)Informasi dalam orientasi tahap1:
Di Hollywood terdapat sebuah tradisi dimana mereka mengembangkan tradisi film musikal sejak tahun 1930 - 1960 an. berpaku pada hal oposisi biner , dan hal ini ada dalam film Rumah Tanpa Jendela.
b)Informasi dalam orientasi tahap 2:
Dalam film tersebut terdapat tokoh Aldo yang terinspirasi dari model biner dalam dongen yang berjudul " The prince and The pauper " Karya Mark Twain. Disini Aldo mewakili tokoh yang kaya namun memiliki kekurangan dan si Rara ada tokoh yang miskin dan memiliki impian yang kemudian hari harus ia bayar mahal.
c)Informasi dalam tafsiran isi tahapan 1 :
Sesuai dengan tradisi opposite attracks , dalam cerita tersebut terdapat Aldo dan Rara yang memiliki status sosial ekonomi yang jauh berbeda. Dimulai karena suatu kecelakaan kecil dan kemudian mereka menjadi bersahabat. Namun karena kehadiran Rara membuat keluarga dari pihak Aldo terganggu sedangkan dari pihak teman - teman Rara justru membuat mereka semakin terobsesi untuk memiliki rumah berjendela karena melihat rumah Aldo yang memiliki jendela.
d)Informasi dalam tafsiran isi tahap 2 :
Kesulitan dalam sebuah film musikal adalah penyampaiannya pada penonton , tertama film musikal anak-anak.Namun dalam film ini tampak jelas dari dua pihak narasi yaitu Aldo dan Rara yang di wakilkan dengan gambaran yang jelas bahwa Aldo adalah tokoh yang kaya dan Rara adalah tokoh yang miskin dengan apa yang mereka miliki dan kenakan.Dan dalam film ini pun tersampaikan dengan jelas pesan moralnya yaitu saling menghargai meski kita berbeda status sosial ekonomi atau fisik.
e)Informasi dalam tafsiran isi tahap 3 :
Pada film Rumah Tanpa Jendela ini terdapat pesan moral yang disampaikan adalah bersyukur, Seperti yang tampak pada tokoh Rara yang menginginkan rumah yang berjendela atau kemewahan dan kemudian Aldo memberikan akses untuk semua itu, namun di sisi lain Rara di anggap tidak bersyukur atas takdirnya sehingga ia harus membayar mahal dengan orang tuanya yang meninggal , neneknya masuk rumah sakit dan rumahnya yang kebakaran.
f)Informasi dalam tafsiran isi tahap 4 :
Namun disisi lain dari film ini si kaya pun mendapatkan sebuah pelajaran yang berharga juga bahwa mereka ( keluarga Aldo ) patutnya bersyukur karena mereka masih memiliki keluarga yang utuh dan harta yang berlimpah. Oleh karena itu mereka membalas budi dengan memberikan tempat tinggal bagi Rara dan mboknya di vila mereka yang jauh dari Jakarta dan membayar semua biaya rumah sakit , jadi mereka dapat membalas budi serta tidak terganggu kenyaman mereka dirumah.
g)Informasi dalam tafsiran isi tahap 5 :
Dalam film ini menggambarkan sebuah kemiskinan adalah bagian dari takdir manusia.
h)Informasi dalam tafsiran isi tahap 6 :
Jendela dalam film ini merupakan metafora yang mengena dimana jendela merupakan sebuah alat untuk mengakses baik dari luar atau dalam dan juga melihat. Jadi intinya baik miskin atau kaya diminta untuk sama-sama bersyukur atas apa yang telah mereka miliki.
i)Informasi dalam tafsiran isi tahap 7 :
Dalam kondisi yang di sajikan oleh film Rumah Tanpa Jendela ini lebih di tujukan pada anak-anak kelas menengah keatas yang memungkinkan mereka mengakses bioskop, jadi oleh karena itu diharapkan kelak mereka akan menjadi pribadi yang baik saat dewasa dan bila mereka kaya mereka akan semakin meperkaya diri tanpa perlu mempertanyakan mengapa ada kemiskinan dan yang miskin tidak terlalu kentara.
j)Informasi dalam tafsiran evaluasi tahap 1 :
Dalam film ini disayangkan hanya banyak penekanan adegan dramatis saja dibanding dengan lagu-lagu atau tarian yang merupakan karakteristik dari film musikal.
k)Informasi dalam tafsiran evaluasi tahap 2 :
Bila di perhatikan lebih, maka penggambaran dalam film ini tidak berlebihan.
l)Informasi dalam tafsiran rangkuman:
Dapat disimpulkan bahwa film Rumah Tanpa Jendela itu menginginkan kita untuk belajar bersyukur dan bagaimana kita merespon keadaan sosial ekonomi.
(1) Setelah kalian mengetahui struktur teks ulasan, carilah
berbagai informasi yang terdapat dalam tiap paragraf! Galilah informasi sebanyak-banyaknya yang terdapat dalam teks tersebut.
a)Informasi dalam orientasi tahap1:
Di Hollywood terdapat sebuah tradisi dimana mereka mengembangkan tradisi film musikal sejak tahun 1930 - 1960 an. berpaku pada hal oposisi biner , dan hal ini ada dalam film Rumah Tanpa Jendela.
b)Informasi dalam orientasi tahap 2:
Dalam film tersebut terdapat tokoh Aldo yang terinspirasi dari model biner dalam dongen yang berjudul " The prince and The pauper " Karya Mark Twain. Disini Aldo mewakili tokoh yang kaya namun memiliki kekurangan dan si Rara ada tokoh yang miskin dan memiliki impian yang kemudian hari harus ia bayar mahal.
c)Informasi dalam tafsiran isi tahapan 1 :
Sesuai dengan tradisi opposite attracks , dalam cerita tersebut terdapat Aldo dan Rara yang memiliki status sosial ekonomi yang jauh berbeda. Dimulai karena suatu kecelakaan kecil dan kemudian mereka menjadi bersahabat. Namun karena kehadiran Rara membuat keluarga dari pihak Aldo terganggu sedangkan dari pihak teman - teman Rara justru membuat mereka semakin terobsesi untuk memiliki rumah berjendela karena melihat rumah Aldo yang memiliki jendela.
d)Informasi dalam tafsiran isi tahap 2 :
Kesulitan dalam sebuah film musikal adalah penyampaiannya pada penonton , tertama film musikal anak-anak.Namun dalam film ini tampak jelas dari dua pihak narasi yaitu Aldo dan Rara yang di wakilkan dengan gambaran yang jelas bahwa Aldo adalah tokoh yang kaya dan Rara adalah tokoh yang miskin dengan apa yang mereka miliki dan kenakan.Dan dalam film ini pun tersampaikan dengan jelas pesan moralnya yaitu saling menghargai meski kita berbeda status sosial ekonomi atau fisik.
e)Informasi dalam tafsiran isi tahap 3 :
Pada film Rumah Tanpa Jendela ini terdapat pesan moral yang disampaikan adalah bersyukur, Seperti yang tampak pada tokoh Rara yang menginginkan rumah yang berjendela atau kemewahan dan kemudian Aldo memberikan akses untuk semua itu, namun di sisi lain Rara di anggap tidak bersyukur atas takdirnya sehingga ia harus membayar mahal dengan orang tuanya yang meninggal , neneknya masuk rumah sakit dan rumahnya yang kebakaran.
f)Informasi dalam tafsiran isi tahap 4 :
Namun disisi lain dari film ini si kaya pun mendapatkan sebuah pelajaran yang berharga juga bahwa mereka ( keluarga Aldo ) patutnya bersyukur karena mereka masih memiliki keluarga yang utuh dan harta yang berlimpah. Oleh karena itu mereka membalas budi dengan memberikan tempat tinggal bagi Rara dan mboknya di vila mereka yang jauh dari Jakarta dan membayar semua biaya rumah sakit , jadi mereka dapat membalas budi serta tidak terganggu kenyaman mereka dirumah.
g)Informasi dalam tafsiran isi tahap 5 :
Dalam film ini menggambarkan sebuah kemiskinan adalah bagian dari takdir manusia.
h)Informasi dalam tafsiran isi tahap 6 :
Jendela dalam film ini merupakan metafora yang mengena dimana jendela merupakan sebuah alat untuk mengakses baik dari luar atau dalam dan juga melihat. Jadi intinya baik miskin atau kaya diminta untuk sama-sama bersyukur atas apa yang telah mereka miliki.
i)Informasi dalam tafsiran isi tahap 7 :
Dalam kondisi yang di sajikan oleh film Rumah Tanpa Jendela ini lebih di tujukan pada anak-anak kelas menengah keatas yang memungkinkan mereka mengakses bioskop, jadi oleh karena itu diharapkan kelak mereka akan menjadi pribadi yang baik saat dewasa dan bila mereka kaya mereka akan semakin meperkaya diri tanpa perlu mempertanyakan mengapa ada kemiskinan dan yang miskin tidak terlalu kentara.
j)Informasi dalam tafsiran evaluasi tahap 1 :
Dalam film ini disayangkan hanya banyak penekanan adegan dramatis saja dibanding dengan lagu-lagu atau tarian yang merupakan karakteristik dari film musikal.
k)Informasi dalam tafsiran evaluasi tahap 2 :
Bila di perhatikan lebih, maka penggambaran dalam film ini tidak berlebihan.
l)Informasi dalam tafsiran rangkuman:
Dapat disimpulkan bahwa film Rumah Tanpa Jendela itu menginginkan kita untuk belajar bersyukur dan bagaimana kita merespon keadaan sosial ekonomi.
Hal. 22 (a-d) TUGAS
2
a. Setelah membaca teks “Kekeringan”, coba sebutkan apa saja
yang menyebabkan terjadinya bencana kekeringan!
·
Penyimpangan iklim,
menyebabkan produksi uap air dan awan di sebagian Indonesia bervariasi dari kondisi
sangat tinggi ke rendah atau sebaliknya. Ini semua menyebabkan penyimpangan
iklim terhadap kondisi normalnya. Jumlah uap air dan awan yang rendah akan
berpengaruh terhadap curah hujan, apabila curah hujan dan intensitas hujan
rendah akan menyebabkan kekeringan.
·
Gangguan keseimbangan hidrologis, kekeringan juga dipengaruhi oleh adanya gangguan
hidrologis seperti: 1) terjadinya degradasi Daerah Aliran Sungai (DAS) terutama
bagian hulu mengalami alih fungsi lahan dari bervegetasi menjadi non vegetasi yang
menyebabkan terganggunya sistem peresapan air tanah; 2) kerusakan hidrologis
daerah tangkapan air bagian hulu menyebabkan waduk dan saluran irigasi terisi
sedimen, sehingga kapasitas tampung air menurun tajam; 3) rendahnya cadangan
air waduk yang disimpan pada musim penghujan akibat pendangkalan menyebabkan
cadangan air musim kemarau sangat rendah sehingga memicu terjadinya kekeringan.
·
Kekeringan agronomis,
terjadi sebagai akibat kebiasaan petani memaksakan menanam padi pada musim
kemarau dengan ketersediaan air yang tidak mencukupi.
b. Masyarakat yang mengandalkan mata pencaharian dari bidang
pertanian akan sangat terpengaruh oleh adanya bencana kekeringan. Mengapa bisa
demikian?
·
Jika lahan pertanian
mengalami kekeringan, para petani akan mengalami kerugian karena tanaman yang
mereka tanam akan mati dan sulit mengalami pertumbuhan. Selain itu, tanah akan
menjadi kering dan sulit ditanami.
c.
Isilah Kolom Berikut
No.
|
Penyebab
terjadinya
|
|
Banjir
|
Kekeringan
|
|
1.
|
Tidak adanya lagi tanah resapan
untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun.
tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya,
ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus
meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. dan
masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya.
|
Terjadinya pergeseran daerah aliran
sungai atau DAS utamanya di wilayah hulu. Hal ini membuat lahan beralih
fungsi, dari vegetasi menjadi non-vegetasi. Efek dari perubahan ini aldalah
sistem resapan air di atan yang menjadi kacau dan akhirnya menyebabkan
kekeringan.
|
2.
|
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk
melakukan penanaman kembali pada daerah / hutan hutan yang baru di tebangi.
|
Terjadinya kerusakan hidrologis wilayah
hulu sehingga waduk dan juga saluran irigasi diisi oleh sedimen. Hal ini
kemudian menjadikan kapasitas dan daya tamping menjadi drop. Cadangan air
yang kurang akan memicu kekeringan parah saat musim kemarau tiba.
|
3.
|
Bertumpuknya sampah pada saluran
air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air.
|
persoalan agronomis atau dikenal
juga dengan nama kekeringan agronomis. Hal ini diakibatkan pola tanam petani
di Indonesia yang memaksakan penanaman padi pada musim kemarau dan
mengakibatkan cadangan air semakin tidak mencukupi.
|
4.
|
Ilegal Loging (Penebangan Hutan
Liar)
|
No.
|
Akibat
yang ditimbulkan oleh
|
|
Banjir
|
Kekeringan
|
|
1.
|
Menimbulkan korban jiwa, Menimbulkan bibit penyakit dan
Hilangnya harta benda.
|
makhluk hidup akan kekurangan air sehingga dapat
menyebabkan dehidrasi bahkan kematian
|
2.
|
Rusaknya sarana dan prasarana
|
Banyaknya Tanaman yang mati.
|
d. Setelah menjawab peryataan (c), rangkaian jawaban kalian
tersebut menjadi sebuah teks eksplanasi.
Kekeringan adalah
keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang berkepanjangan
(beberapa bulan hingga bertahun-tahun).Kekeringan
umumnya diperparah penyebab lainnya antara lain: Terjadinya pergeseran daerah aliran sungai atau DAS
utamanya di wilayah hulu. Hal ini membuat lahan beralih fungsi, dari vegetasi
menjadi non-vegetasi. Efek dari perubahan ini aldalah sistem resapan air di
atan yang menjadi kacau dan akhirnya menyebabkan kekeringan, Terjadinya
kerusakan hidrologis wilayah hulu sehingga waduk dan juga saluran irigasi diisi
oleh sedimen. Hal ini kemudian menjadikan kapasitas dan daya tamping menjadi
drop. Cadangan air yang kurang akan memicu kekeringan parah saat musim kemarau
tiba,dan Penyebab kekeringan di Indonesia lainnya adalah persoalan agronomis
atau dikenal juga dengan nama kekeringan agronomis. Hal ini diakibatkan pola
tanam petani di Indonesia yang memaksakan penanaman padi pada musim kemarau dan
mengakibatkan cadangan air semakin tidak mencukupi.
Banjir adalah
dimana suatu daerah dalam keadaan tergenang oleh air dalam jumlah yang begitu
besar. peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam
daratan.
Banjir
umumnya diperparah penyebab lainnya antara lain: Curah hujan tinggi, Permukaan tanah lebih rendah dibandingkan
muka air laut, Terletak pada suatu cekungan yang dikelilingi perbukitan dengan
pengaliran air keiuar sempit, Banyak pemukiman yang dibangun pada dataran
sepanjang sungai, Aliran sungai tidak lancar akibat banyaknya sampah serta
bangunan di pinggir sungai, Kurangnya tutupan lahan di daerah hulu sungai,
Hutan gundul akibat penebangan hutan secara liar.
Dampak atau akibat banjir antara lain sebagai berikut: Rusaknya sarana dan prasarana. Air yang menggenang memasuki partikel pada dinding bangunan, apabila dinding tidak mampu menahan kandungan air maka dinding akan mengalami retak dan akhirnya jebol, Hilangnya harta benda. Banjir dalam aliran skala besar mampu menyeret apapun yang dilaluinya termasuk harta benda. Seperti kursi, kasur, meja, pakaian, dan lain sebagainya, Menimbulkan korban jiwa. Hal ini disebabkan karena arus air terlalu deras sehingga banyak penduduk yang hanyut terbawa arus, Menimbulkan bibit penyakit. Penyakit yang dapat ditimbulkan misalnya gatal-gatal. Air banjir banyak membawa kuman sehingga penyebaran penyakit sangat besar, dan Rusaknya areal pertanian. Banjir mampu menenggelamkan areal sawah. Tentu saja hal ini sangat merugikan para petani dan kondisi perekonomian negara menjadi terganggu.
Tugas kalian adalah mengurai kalimat berikut seperti contoh.
a) Temperatur yang berada di bawah titik beku mengakibatkan kristal es terbentuk.
Temperatur yang berada di bawah titik beku
|
mengakibatkan
|
Kristal es terbentuk
|
subjek
|
predikator
|
objek
|
b) Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara.
Struktur 1
| ||||||
Butir-butir air
|
terjadi
|
Karena
| ||||
Subjek
|
predikator
|
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
| ||||
Struktur 2
| ||||||
Tetesan air kecil (tiny droplet)
|
Yang timbul
|
akibat
|
kondensasi
| |||
subjek
|
predikator
|
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
|
subjek
| |||
Struktur 3
| ||||||
Berbenturan dengan
|
Tetesan air lainnya
| |||||
predikator
|
keterangan
| |||||
Struktur 4
| ||||||
dan
|
Terbawa oleh
|
Gerakan udara
| ||||
Kata perangkai: konjungsi penambahan
|
predikator
|
keterangan
| ||||
c) Bila temperatur udara turun sampai di bawah 0° Celcius, butiran air akan berubah menjadi salju.
Struktur 1
| |||||
Bila
|
temperatur
|
turun
|
Sampai di bawah 0° Celsius
| ||
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
|
subjek
|
predikator
|
keterangan
| ||
Struktur 2
| |||||
Butiran air
|
Akan berubah menjadi
|
salju
| |||
Subjek
|
predikator
|
keterangan
| |||
d) Curah hujan yang sangat lebat mempunyai tetes hujan besar.
Curah hujan yang sangat lebat
|
mempunyai
|
Tetes hujan besar.
|
subjek
|
predikator
|
objek
|
(e) Karena tetes hujan berukuran besar, pori-pori permukaan tanah akan tertutup sehingga infiltrasi air hujan sangat kecil, sebaliknya limpasan air hujan menjadi sangat besar.
Struktur 1
| |||
karena
|
Tetes hujan
|
berukuran
|
Besar
|
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
|
subjek
|
predikator
|
keterangan
|
Struktur 2
| |||
Pori-pori permukaan tanah
|
Akan tertutup
| ||
subjek
|
predikator
| ||
Struktur 3
| |||
sehingga
|
Infiltrasi air hujan
|
Sangat kecil
| |
Kata perangkai: konjungsi sebab-akibat
|
subjek
|
keterangan
| |
Struktur 4
| |||
Sebaliknya
|
Limpasan air hujan
|
menjadi
|
Sangat besar
|
Kata perangkai: konjungsi perbandingan
|
subjek
|
predikator
|
keterangan
|
(5) Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal eksplanasi ditandai oleh pernyataan umum dan diakhiri oleh urutan sebab-akibat. Apa yang kalian temukan dari struktur teks “Banjir”? Apakah kalian menemukan perbedaan antara struktur teks “Siklus Hidrologi” dengan struktur teks “Banjir”? Di mana letak perbedaannya?
No.
|
Hidrologi
|
Banjir
| |
1.
|
Struktur
|
Peryataan Umum:
· Jumlah air di alam ini tetap dan menikuti suatu aliran yang dinamakan siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
Sebab-akibat:
· Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/uap dalam proses evaporasi.
· Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air.
· Ketika sampai ke bumi, air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.
|
Pernyataan Umum:
· Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS).
Sebab-akibat:
· Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan dan pengaruh air pasang.
Sebab-akibat II:
· Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi berkurang yang mengakibatkan penyebab alami dari banjir.
Sebab-akibat III:
· Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir di bandingkan dengan yang lainnya.
|
2.
|
Penyajian
|
Terdiri dari paragraf-paragraf
|
Dibuat berdasarkan sub-sub
|
3.
|
Isi
|
Proses sirkulasi air yang terus menerus berputar dari atmosfer ke bumi melalui hujan dan kembali ke atmosfer melalui penguapan.
|
Bajir merupakan fenomena alam yang dapat terjadi akibat ulah manusia maupun alam itu sendiri.
|
(6) Ketika membaca sebuah teks, kita sering menemukan kata-kata yang kadang tidak kita mengerti karena bermakna khusus. Kata-kata tersebut dinamai istilah. Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah yang digunakan untuk bidang tertentu dan pemakaiannya hanya dapat dipahami oleh orang yang berkecimpung dalam bidang tersebut dinamai istilah khusus. Bacalah kembali teks “Banjir”, kemudian carilah istilah khusus yang kalian temukan dalam teks itu.
No.
|
Istilah
|
Makna
|
1.
|
Fisiologi
|
Uraian atau deskripsi tentang genesis dan evolusi bentuk lahan.
|
2.
|
Drainase
|
Lengkungan atau saluran air di permukaan atau di bawah tanah, baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia.
|
3.
|
Erosi
|
Peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya). Akibat angin, air atau es.
|
4.
|
Geofisik
|
Ilmu tentang sifat alam bumi
|
5.
|
Sedimentasi
|
Suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es, atau gletser di suatu cengkungan.
|
6.
|
Geometri Hidrolik
|
Ilmu yang menerangkan Bentuk penampang atau kedalaman sifat-sifat garis, sudut, bidang,dan ruang. Dengan alat ukur
|
7.
|
Infiltrasi
|
Aliran air ke dalam tanah melalui permukaan tanah.
|
8
|
Vegetasi
|
Kehidupan (dunia) tumbuh-tumbuhan atau (dunia) tanam-tanaman.
|
9.
|
Deforestasi
|
Kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon sehingga lahannya dapat dialihkan untuk penggunaan hutan.
|
10.
|
Degradasi Lingkungan
|
Penurunan kualitas lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan pembangunan yang dicirikan oleh tidak berfungsi secara baik komponen-komponen lingkungan sebagaimana mestinya.
|
(7) Setelah membaca teks “Banjir”, kalian tentu menemukan bagian-bagian yang berupa pernyataan umum dan urutan sebab-akibat. Coba perhatikan baik-baik teks berikut ini. Bandingkanlah struktur teks “Banjir” dengan struktur teks “Kekeringan”.
No.
|
Persamaan
|
Perbedaan
| |
1.
|
Struktur
|
Kedua teks memiliki struktur yang sama dimulai dari pernyataan umum dan sebab akibat
|
-
|
2.
|
Isi
|
Keduanya bertemakan sama yaitu air
|
Teks pertama berisi tentang siklus hidrologi. Teks kedua berisi tentang bencana yang disebabkan air.
|
3.
|
Penyajian
|
-
|
Teks pertama disajikan bentuk paragraf. Sedangkan teks kedua berbentuk sub judul dan paragraf.
|
4.
|
Kaidah
|
Kedua teks menggunakan konjungsi inernal dan konjungsi sebab akibat
|
-
|
kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18
Sekian postingan yang dapat gogloogle bagikan tentang kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di go gloogle
sekian dari gogloogle permalink untuk post kali ini adalah https://gogloogle.blogspot.com/2016/07/kunci-jawaban-bahasa-indonesia-kelas-xi.html semoga postingan yang berjudul kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18 bisa bermanfaat, oh iya jangan lupa follow blog ini agar mendapatkan informasi postingan terbaru dari blog ini, ada kotak dibawah.nah, masukin saja, ketik emailnya dikotak tersebut kemudian klik SUBMIT, nanti ada perberitahuan via email.
like juga ya, share juga dong postingan yang berjudul kunci jawaban bahasa indonesia kelas xi halaman 18. terimakasih banyak atas kunjugannya...
0 komentar:
Post a Comment