kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013
kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013,kunci jawaban kelas 5 kurikulum 2013,kunci jawaban matematika kelas 7 kurikulum 2013,kunci jawaban matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 1,kunci jawaban matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2,kunci jawaban sejarah kelas xi kurikulum 2013,kunci jawaban matematika kelas 8 kurikulum 2013,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013 bab 5,kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013 bab 4
Di bawah ini ada link dan pembahasan tentang kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013, silahkan dipergunakan dengan bijak, selamat menikmati...
kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013
- Kunci Jawaban PKN Halaman 182 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 204 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 206 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 208 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 209 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 233 kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 234 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 236 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 77 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 83-84
- Kunci Jawaban PKN Halaman 87-88 Kelas 12
- Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 101
- Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 105
- Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 72
- Kunci Jawaban Soal PKN Halaman 98 Kelas 12
- Kunci Jawaban Soal PKN Kelas 12 Halaman 75
- kunci jawaban pkn kelas 12 - New !!
KUNCI JAWABAN PKN KELAS 12 HALAMAN 18 | JAWABAN
Langsung aja Kita mulai
Soal :
1. Bagaimana perasaan kalian setelah membaca wacana tersebut?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.Menurut kalian, apa yang menyebabkan terjadinya kasus tersebut?.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Apa saja nilai-nilai Pancasila yang dilanggar oleh pelaku penganiayaan
tersebut?...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.Bagaimana solusi yang dapat kalian ajukan untuk mencegah terulangnya
kasus tersebut?.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Apa saja yang akan kalian lakukan agar terhindar dari perbuatan yang
melanggar hak asasi manusia?...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jawaban :
1.) Perasaan saya sangat miris/sedih karena Menurut Saya Banyak TKI yang Mendapatkan Perlakuan Tidak Pantas Ini harus diberi perlindunga Hukum yang kuat, dan sebelum TKI ini dilepas untuk bekerja di luar negeri sebaiknya mereka kita bekali dengan pengetahuan akan hukum dan pengetahuan ham yang kuat supaya mereka terhindar ddari kejahatan tersebut
2.)Kasus tetrsebut terjadi karena rendahnya pengetahuan akan HAM oleh majikannya
3.) Nilai Pancasila Yang dilanggra adalah
- Ketuhanan Yang maha esa
- Keadilan Sosial Bagi seluruh rakyat indonesia
- Kemanusiaan Yang Adil Dan beradab
4.) Kasus Tersebut dapat dicegah Dengan Cara :
- Sosialisasi Tentang HAM
- Pembekalan TKI dengan pengetahuan Hukum yang Cukup
- Meningkatkan Kerja Sama Antar Negara
5.) Hargai Ham seseorang, Menjaga Diri Dengan Baik agar tidak melanggar ham,patuh terhadap peraturan,meningkatkan rasa toleransi
kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013
- KUNCI JAWABAN PKN Halaman 134 Kelas 12
- KUNCI JAWABAN PKN Halaman 72 Kelas 12
- KUNCI JAWABAN PKN Halaman 74 Kelas 12
- KUNCI JAWABAN PKN Halaman 83 Kelas 12
- KUNCI JAWABAN PKN KELAS 12 Halaman 114
- KUNCI JAWABAN PKN KELAS 12 Halaman 118
- KUNCI JAWABAN PKN KELAS 12 Halaman 135-136
- KUNCI JAWABAN PKN KELAS 12 Halaman 141
- KUNCI JAWABAN PKN Kelas 12 Halaman 125
- KUNCI JAWABAN PKN Kelas 12 Halaman 126
- Kunci Jawaban PKN Halaman 106
Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 7)
Langsung saja tancap gas ke kunci jawaban uji kompetensi bab 7 di bawah ini..
- Jelaskan karakteristik negara kesatuan?
- Unitarisme sudah merupakan cita-cita gerakan kemerdekaan Indonesia.
- Negara tidak memberikan tempat hidup bagi provinsialisme.
- Tenaga-tenaga terpelajar kebanyakan berada di Pulau Jawa sehingga tidak ada tenaga di daerah untuk membentuk negara federal.
- Wilayah-wilayah di Indonesia tidak sama potensi dan kekayaannya.
- Dari sudut geopolitik, dunia internasional akan melihat Indonesia kuat apabila sebagai negara kesatuan.
- Jelaskan keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia?
- Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar, yaitu menempati urutan keempat di dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat.
- Memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian, dan sebagainya.
- Dalam pengembangan wilayah, kita mempunyai konsep Wawasan Nusantara sehingga sekalipun terdapat berbagai
- keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap satu pandangan, yaitu memandang bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.
- Semangat sumpah pemuda yang selalu merasuki jiwa dan kalbu bangsa Indonesia.
- Memiliki tata krama atau keramahtamahan. Sejak dahulu bangsa Indonesia sangat terkenal akan keramahan dan kesopanannya sehingga sangat menarik bangsa-bangsa lain di dunia untuk datang ke Indonesia
- Letak wilayahnya yang amat strategis, yaitu di posisi silang dunia sehingga membuat Indonesia menjadi wilayah yang
- amat ramai dan mudah untuk dikunjungi dan disinggahi oleh bangsa-bangsa lain.
- Keindahan alam Indonesia tidak disangsikan lagi.
- Salah satu keajaiban di dunia juga ada di Indonesia, yaitu Candi Borobudur yang tidak sedikit menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia.
- Wilayahnya sangat luas, yaitu 5.193.250 km2 yang meliputi daratan seluas 2.027.087 Km2 dan lautan seluas 3.166.163 km2.
- Tanahnya amat subur dan kaya akan sumber alam.
- Jelaskan perbedaan antara negara kesatuan dengan negara federal?
Negara Kesatuan
- Negara kesatuan bersusunan tunggal, yakni kekuasaan untuk mengatur seluruh daerahnya ada di tangan pemerintah pusat.
- Hanya ada satu konstitusi, satu kepala negara, satu dewan menteri (kabinet), dan satu parlemen. Demikian pula dengan pemerintahan, yaitu pemerintah pusatlah yang memegang wewenang tertinggi dalam segala aspek pemerintahan.
- Pemerintah pusat memegang kedaulatan sepenuhnya, baik ke dalam maupun ke luar.
- Hubungan antara pemerintah pusat dengan rakyat dan daerahnya dapat dijalankan secara langsung.
Negara serikat atau negara federasi
- Negara bersusunan jamak, terdiri atas beberapa negara bagian yang masing-masing tidak berdaulat.
- Negara-negara bagian boleh memiliki konstitusi sendiri, kepala negara sendiri, parlemen sendiri, dan kabinet sendiri,
- Kedaulatan kedalam dipegang oleh pemerintah negara bagian sedangkan kedaulatan ke luar dipegang oleh pemerintah federal.
- Pemerintah federal jika berhubungan dengan rakyat di negara bagian harus melalui pemerintah negara bagian.
- Federalisme di Indonesia tidak bertahan lama. Menurut pendapat kalian apa yang menyebabkannya?
a. Federalisme tidak sesuai dengan jiwa dan semangat bangsa Indonesia.
b. Indonesia adalah negara yang heterogen sedang dalam Negara federal mensyaratkan adanya kesamaan antarwilayah.
c. Rakyat Indonesia menyadari bahwa bentuk negara serikat yang diterapkan pada saat itu adalah taktik dan upaya Belanda untuk memecah belah Negara Indonesia
- Bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai warga Negara Indonesia?
Ini pertanyaan yang mudah saya pikir anda bisa menjawab sendiri sesuai dengan apa yang anda pikirkan.
b. Indonesia adalah negara yang heterogen sedang dalam Negara federal mensyaratkan adanya kesamaan antarwilayah.
c. Rakyat Indonesia menyadari bahwa bentuk negara serikat yang diterapkan pada saat itu adalah taktik dan upaya Belanda untuk memecah belah Negara Indonesia
kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013
- Kunci Jawaban PKN Halaman 108
- Kunci Jawaban PKN Halaman 109
- Kunci Jawaban PKN Halaman 112
- Kunci Jawaban PKN Halaman 141 No 3-5
- Kunci Jawaban PKN Halaman 141 no 1-2
- Kunci Jawaban PKN Halaman 145 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 149 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 155 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 159-160 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 163 - 164 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 174 - 175
- Kunci Jawaban PKN Halaman 175-176 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 177 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 179-180 Kelas 12
- Kunci Jawaban PKN Halaman 181 Kelas 12
KUNCI JAWABAN PKN Kelas 12 Halaman 126
No.
|
Pelaksanaan Kewajiban Warga Negara
|
Contoh Perwujudannya
|
1.
|
Pasal 27 ayat 1, “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.”
|
Seluruh warga negara sama drajatnya di mata hukum dan warga negara harus mematuhi hukum yang brsifat terikat dgn tidak memandang drajat warga negara tsb
|
2.
|
Pasal 27 ayat 3, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”
|
Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh.
|
3.
|
Pasal 29 ayat 2, “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”
|
Saling menghargai antar umat beragama, Toleransi yang tinggi terhadap agama lain, tidak saling mencemooh.
|
4.
|
Pasal 30 ayat 1, “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”
|
ikut menjaga ketertiban di masyarakat, membangkitkan kecintaan terhadap indonesia, mencintai produk dalam negeri, tidak melakukan perusakan atas fasilitas umum
|
5.
|
Pasal 31 ayat 2, “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.”
|
Pemerintah Melakukan Program Wajib Belajar 9 Tahun tanpa dipungut biaya atau gratis
|
6.
|
Pasal 33 ayat 2, “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.”
|
Pengelolaan lingkungan alam, baik bumi, air dan kekayaan alam adalah milik Negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk memakmurkan rakyat, tidak pandang bulu perbedaan suku, bahasa dan agamanya. Uang hasil bumi dipergunakan untuk kemakmuran rakyat, tidak disalah gunakan
|
Kunci Jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013
Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji Kompetensi Bab 3)
kunci jawabanUji Kompetensi Bab 3
1. Dari berbagai macam teori tujuan negara yang sudah kalian pelajari, teori dari
siapa yang paling relevan dengan kondisi Negara Republik Indonesia? Berikan
alasannya?
siapa yang paling relevan dengan kondisi Negara Republik Indonesia? Berikan
alasannya?
- Teori yang paling relevan dengan kondisi negara kita adalah teori
welfare state/negara kesejahteraan. Tujuan negara menurut teori
ini adalah untuk mewujudkan kesejahteraan umum. Dalam hal
ini negara dipandang sebagai sebagai alat untuk mencapai tujuan
bersama, yaitu suatu tatanan masyarakat yang di dalamnya terdapat
kebahagian, kemakmuran dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat
negara tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari cita-cita dan tujuan
negara yang termaktub dalam alinea ke-2 dan ke-4 Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Selain teori welfare state, teori lain yang sesuai adalah teori
negara hukum. Dalam pandangan teori ini negara bertujuan
menyelenggarakan ketertiban hukum, dengan berdasarkan dan
berpedoman pada hukum. Dalam negara hukum segala kekuasaan
alat-alat pemerintahannya didasarkan atas hukum. Semua orang
tanpa kecuali harus tunduk dan taat pada hukum, hanya hukumlah
yang berkuasa dalam negara itu. Hal tersebut sesuai dengan
ketentuan Pasal 1 Ayat (3) UUD NRI 1945 yang menegaskan
Negara Indonesia adalah negara hukum
2. Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam
mewujudkan cita-cita dan tujuan Negara Republik Indonesia?
mewujudkan cita-cita dan tujuan Negara Republik Indonesia?
Jawaban akan beragam, paling tidak jawaban mencakup
contoh-contoh berikut:
a. belajar yang giat
b. patuh pada aturan yang berlaku
c. aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler
contoh-contoh berikut:
a. belajar yang giat
b. patuh pada aturan yang berlaku
c. aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler
3. Jelaskan dinamika penyelenggaran kekuasaan negara di tingkat pusat?
Dinamika penyelenggaraan kekuasaan negara ditingkat pusat dapat
dilihat dari proses pengelolaan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan
yudikatif yang tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945 sebelum
dan sesudah perubahan, seperti yang terlihat dalam tabel di bawah
ini.
dilihat dari proses pengelolaan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan
yudikatif yang tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945 sebelum
dan sesudah perubahan, seperti yang terlihat dalam tabel di bawah
ini.
4. Jelaskan pentingnya keberadaan pemerintahan daerah dalam proses
penyelenggaraan pemerintahan di Republik Indonesia?
penyelenggaraan pemerintahan di Republik Indonesia?
- Pemerintahan daerah merupakan wujud dari proses pembagian
kekuasaan secara vertikal, yaitu pembagian kekuasaan dari
pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Posisi pemerintahan
daerah sangat penting dalam proses penyelenggraan pemerintahan
Republik Indonesia. Pemerintahan daerah merupakan alat negara
untuk melaksanakan program pembangunan di daerah. Dengan kata
lain, pemerintahan daerah merupakan sarana untuk mewujudkan
cita-cita dan tujuan negara di wilayah administrasinya.
5. Jelaskan pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah pusat dengan
pemerintah daerah di Negara Republik Indonesia?
pemerintah daerah di Negara Republik Indonesia?
- Pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah pusat dengan
pemerintah daerah diatur dalam Pasal 10 Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah�
Pemerintahan daerah diberi kewenangan untuk menjalankan seluruh
urusan pemerintahan di daerah, kecuali beberapa kewenangan yang
menjadi ranah pemerintah pusat yaitu kewenangan dalam:
1. Politik luar negeri
2 Pertahanan
3. Keamanan
4. Peradilan/yustisi,
5. Moneter dan fikal nasional
6. Agama
Kunci Jawaban PKN Halaman 149 Kelas 12
No.
|
Bidang
|
Manfaat Hubungan Internasional
|
1.
|
Ideologi
|
Membentukk satu Negara RI yang berbentuk Negara kesatuan dan Negara kebangsaan yang demokratis.
|
2.
|
Politik
|
Meningkatkan persahabatan dan kerja sama bilateral, regional dan multilateral.
|
3.
|
Ekonomi
|
Memperbesar kemakmuran rakyat Indonesia.
|
4.
|
Sosial Budaya
|
Terbentuknya suatu masyarakat yang adil dan makmur secara material dan spriritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
|
5.
|
Pertahanan dan Keamanan
|
Membentuk suatu persahabatan yang baik antara Republik Indonesia dan semua Negara di dunia.
|
Kunci Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji kompetensi Bab 2)
Pada bagian ini. saya akan membagi Jawaban Buku PKN Kelas 12 Kurikulum 2013 (Uji kompetensi Bab 2). langsung simak di bawah ini gaes…
Uji kompetensi Bab 2
1. Coba kalian klasifiasikan sumber keuangan Negara Republik Indonesia baik
yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri?
yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri?
Klasifiasi sumber Keuangan Negara
a. Pajak
b. Retribusi
c. Keuntungan BUMN/BUMD
d. Denda/sita
e. Pencetakan uang
f. Pinjaman
g. Sumbangan, hadiah dan hibah
h. Penyelenggaraan undian berhadiah
a. Pajak
b. Retribusi
c. Keuntungan BUMN/BUMD
d. Denda/sita
e. Pencetakan uang
f. Pinjaman
g. Sumbangan, hadiah dan hibah
h. Penyelenggaraan undian berhadiah
2. Jelaskan kewenangan Bank Indonesia selaku pemegang kekuasaan moneter di
Indonesia?
Indonesia?
Kewenangan Bank Indonesia
a. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter;
b. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran;
c. Mengatur dan mengawasi Bank
a. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter;
b. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran;
c. Mengatur dan mengawasi Bank
3. Siapa saja yang menjadi obyek pemeriksaan BPK? Apa saja yang diperiksa
oleh BPK?
oleh BPK?
• Obyek Pemeriksaan BPK adalah orang, unit organisasi
Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara
lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara,
Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah,
dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan
Negara.
• BPK memeriksa proses penggunaan uang negara dan barang
milik negara di tempat pelaksanaan kegiatan, pembukuan
dan tata usaha keuangan negara, serta pemeriksaan terhadap
perhitungan-perhitungan, surat-surat, bukti-bukti, rekening
koran, pertanggungjawaban, dan daftar lainnya yang
berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara.
Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara
lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara,
Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah,
dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan
Negara.
• BPK memeriksa proses penggunaan uang negara dan barang
milik negara di tempat pelaksanaan kegiatan, pembukuan
dan tata usaha keuangan negara, serta pemeriksaan terhadap
perhitungan-perhitungan, surat-surat, bukti-bukti, rekening
koran, pertanggungjawaban, dan daftar lainnya yang
berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara.
4. Pada saat ini terdapat berbagai lembaga penegak hokum seperti Mahkamah
Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, Kepolisian, Kejaksaan, dan
Komisi Pemberantasan Korupsi. Akan tetapi kasus-kasus pelanggaran hukum
masih saja terjadi, bahkan cederung meningkat. Berkaitan dengan hal tersebut,
lakukanlah kegiatan berikut.
a. Coba kalian identifiasi faktor penyebab masih maraknya kasus pelanggaran
hukum!
b. Rumuskan solusi untuk mengatasi hal tersebut menurut pendapat kalian!
Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, Kepolisian, Kejaksaan, dan
Komisi Pemberantasan Korupsi. Akan tetapi kasus-kasus pelanggaran hukum
masih saja terjadi, bahkan cederung meningkat. Berkaitan dengan hal tersebut,
lakukanlah kegiatan berikut.
a. Coba kalian identifiasi faktor penyebab masih maraknya kasus pelanggaran
hukum!
b. Rumuskan solusi untuk mengatasi hal tersebut menurut pendapat kalian!
Jawaban akan sangat beragam antara sesuai pemahaman kalian gaes, contoh sebagai berikut:
a) Faktor Penyebab
1. Rendahnya kesadaran hukum masyarakat
2. Kurang tegasnya penegak hukum
3. Disiplin masyarakat rendah
4. Kurangnya contoh dan keteladan dari para pemimpin
atau tokoh masyarakat
b) Solusi
1. meningkatkan kesadaran hukum masyarakat melalui
pendidikan dan penyuluhan hukum
2. Penegakan hukum yang lebih optimal
3. Meningkatkan disiplin masyarakat
4. Pemeberian contoh dan keteladanan dari para pemimpin/
tokoh masyarakat.
a) Faktor Penyebab
1. Rendahnya kesadaran hukum masyarakat
2. Kurang tegasnya penegak hukum
3. Disiplin masyarakat rendah
4. Kurangnya contoh dan keteladan dari para pemimpin
atau tokoh masyarakat
b) Solusi
1. meningkatkan kesadaran hukum masyarakat melalui
pendidikan dan penyuluhan hukum
2. Penegakan hukum yang lebih optimal
3. Meningkatkan disiplin masyarakat
4. Pemeberian contoh dan keteladanan dari para pemimpin/
tokoh masyarakat.
Oke gaes sekian post kali ini. jangan lupa disebarkan yoooowww…
Kalo ada yang nanya suruh liat di http://www.sivuun.wordpress.com.
kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013
Sekian postingan yang dapat gogloogle bagikan tentang kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013. biar tetap update blognya silahkan berkomentar Di go gloogle
sekian dari gogloogle permalink untuk post kali ini adalah https://gogloogle.blogspot.com/2016/07/kunci-jawaban-pkn-kelas-12-kurikulum-2013.html semoga postingan yang berjudul kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013 bisa bermanfaat, oh iya jangan lupa follow blog ini agar mendapatkan informasi postingan terbaru dari blog ini, ada kotak dibawah.nah, masukin saja, ketik emailnya dikotak tersebut kemudian klik SUBMIT, nanti ada perberitahuan via email.
like juga ya, share juga dong postingan yang berjudul kunci jawaban pkn kelas 12 kurikulum 2013. terimakasih banyak atas kunjugannya...
0 komentar:
Post a Comment